Pengertian Bluetooth

3 min read

Kebutuhan transfer data antar perangkat sudah berlangsung ketika komputer dan ponsel genggam mulai berkembang. Banyak media digunakan agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Mulai dari kabel data, teknologi infra merah, WLAN dan bluetooth. Khusus untuk bluetooth, kali ini  pembahasannya mulai dari pengertian bluetooth, fungsi dan cara kerjanya.

Saat Ponsel genggam masih dirajai oleh Nokia dan Sony Erickson beberapa waktu lalu, fitur bluetooth menjadi syarat wajib bagi pengguna ponsel di Indonesia.

Hal ini mengingat teknologi transfer data tanpa kabel merupakan hal yang baru secara umum. Kini, bluetooth telah berkembang dan dimanfaatkan juga untuk peralatan lain seperti earphone, router dan juga printer.

Pengertian Bluetooth
pengertian bluetooth, design with canva.com

Pengertian Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi komunikasi wireless atau nirkabel yang beroperasi pada frekuensi antara 2.402 GHz hingga 2.480 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping transceiver yang dapat menyediakan layanan komunikasi secara real time antara host-host bluetooth pada jarak tertentu.

Jaringan bluetooth cukup kecil, biasanya hanya mampu mencapai 10 m saja.

Perangkat Bluetooth juga bisa berupa card yang bentuk dan fungsinya sama dengan WLAN Card dengan menggunakan frekuensi radio berstandar IEEE 802.11.

Namun, jangkauan bluetooth lebih pendek dengan kemampuan transfer data yang lebih rendah. Sehingga, pemanfaatannya pun hanya pada perangkat-perangkat tertentu saja, seperti ponsel, earphone, printer dan sebagainya.

Penggunaan bluetooth sendiri dapat menghemat daya karena kebutuhannya tidak sebesar jaringan wifi atau WLAN.

Selain itu, perangkat ini lebih murah dan lebih praktis karna memang cakupan areanya yang tidak terlalu luas. Interoperabilitas bluetooth juga sangat menjanjikan dan dapat digunakan di berbagai kebutuhan.

Cara Kerja Bluetooth

Agar sebuah bluetooth dapat bekerja dengan baik, maka dibutuhkan komponen-komponen pendukung di dalamnya .

  1. Radio Transceiver, berfungsi utama sebagai pengirim dan penerima sinyal dalam wujud gelombang radio.
  2. Baseband Link Controller, berfungsi sebagai penghubung antara radio hardware dengan baseband processing dan layer protokol fisik.
  3. Link Manager, berfungsi sebagai autentifikator dan konfigurator pada perangkat bluetooth yang terhubung.
  4. Flash
  5. Voice Codec

Secara garis besar, bluetooth bekerja dengan mengirim atau menerima gelombang radio pada suatu band dengan 79 saluran (frekuensi) yang berbeda antara 2.402 GHz hingga 2.480 GHz.

Oleh karena daya pemancar sinyal bluetooth cukup kecil, maka perangkat lain tidak akan terganggu kinerjanya. Secara teoritis, bluetooth lebih aman dibanding jaringan nirkabel lain seperti wifi.

Perangkat bluetooth akan otomatis mendeteksi dan saling terhubung satu dengan lainnya hingga mencapai delapan perangkat dalam waktu bersamaan.

Kedelapan perangkat ini saling berinteraksi menggunakan saluran yang berbeda-beda, sehingga tidak akan terjadi gangguan satu dengan yang lainnya.

Ketika dua perangkat ingin terhubung, mereka akan memilih saluran secara acak dan menggantinya dengan saluran yang lain secara terus menerus.

Teknik ini disebut dengan spread-spectrum frequency hopping. Untuk menghindari gangguan dari peralatan listrik lain, dua perangkat yang saling terhubung akan mengubah frekuensi mereka hingga ribuan kali setiap detiknya.

Komunikasi antar peralatan bluetooth akan menghasilkan jaringan yang diberi nama piconet. Perangkat-perangkat di sini dapat bergabung atau keluar dari jaringan kapan saja.

Dalam jaringan ini akan ada satu perangkat yang berperan sebagai master (pengontrol) keseluruhan jaringan. Sementara yang lain disebut slaves.

Fungsi Bluetooth

Jika dulu bluetooth hanya bisa digunakan untuk transfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya, kini fungsinya makin berkembang.

Berbagai device dapat memanfaatkan teknologinya untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna. Fungsi-fungsi bluetooth di era sekarang ini adalah sebagai berikut.:

1. Melakukan Print Tanpa Kabel

Salah satu perangkat sudah mendukung teknologi bluetooth saat ini adalah printer. Jika printer dan perangkat seperti komputer saling terhubung, perintah untuk melakukan print dapat dilakukan tanpa memerlukan kabel.

Area perkantoran yang terbagi menjadi beberapa ruangan dapat memanfaatkan perangkat ini, karena jaringan bluetooth dapat mengabaikan halangan seperti dinding ruangan.

2. Transfer File Antara Kamera dengan Komputer/Smartphone

Kamera modern saat ini juga sudah mendukung teknologi bluetooth, sehingga memudahkan kita untuk memindahkan file saat memori kamera sudah penuh.

Akan sangat merepotkan jika Anda masih melepas memori dan memasangkan pada laptop atau menggunakan kabel data hanya untuk memindahkan data ke perangkat lain.

3. Mendengarkan Earphone

Teknologi bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti earphone saat ingin mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon.

Perangkat ini sering digunakan sebagai pelengkap saat berolahraga atau berkomunikasi tanpa harus dipusingkan dengan kabel yang yang melintang di sekitar leher.

4. Penghubung ke Proyektor

Proyektor model lama memerlukan kabel yang harus disambungkan ke laptop/komputer agar gambar bisa dibaca.

Namun, proyektor jenis baru sudah mulai menggunakan teknologi bluetooth agar penggunaan kabel tidak diperlukan lagi. Hal ini membuat proyektor bisa bekerja secara praktis.

5. Mouse dan Keyboard Nirkabel

Sama halnya dengan wifi, bluetooth juga bisa dijadikan alternatif untuk menghubungkan mouse/keyboard portabel ke komputer atau laptop.

Sekarang kehadiran mouse dan keyboard yang mendukung teknologi bluetooth juga sudah semakin banyak. Anda bisa memanfaatkannya jika mulai bosan dengan keyboard portabel yang menggunakan kabel USB.

6. Berbagi Koneksi Internet

Jika Anda mengira bahwa koneksi internet hanya bisa dibagikan melalui jaringan WLAN atau wifi, itu artinya Anda belum mengenal bluetooth lebih jauh.

Koneksi bluetooth sejatinya bisa digunakan untuk tethering koneksi wifi. Namun, kecepatannya tidak sebesar jaringan wifi.

Fungsi ini bisa dijadikan alternatif jika perangkat yang ingin dibagikan koneksi internet hanya mendukung koneksi bluetooth.

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan Bluetooth

  1. Meskipun secara jangkauan cukup kecil (sekitar 10 m), sinyal bluetooth tidak terpengaruh oleh penghalang yang ada di sekitarnya. Ini merupakan salah satu kelebihan bluetooth dibanding jaringan wifi.
  2. Bluetooth merupakan jaringan komunikasi yang cukup praktis karena mudah dilakukan tanpa memerlukan kabel penghubung.
  3. Bluetooth dapat melakukan sinkronisasi data dari PC ke smartphone atau sebaliknya. Bluetooth juga dapat dihubungkan ke berbagai gawai lain seperti earphone, printer dan juga controller pada video game.
  4. Bluetooth juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk terhubung ke internet jika tidak ada jaringan wifi yang bisa digunakan.

Kekurangan Bluetooth

  1. Menggunakan frekuensi yang sama dengan jaringan wifi.
  2. Akan sulit menemukan penerima yang dituju jika terlalu banyak pihak yang menggunakan bluetooth dalam satu ruangan.
  3. Virus-virus banyak beredar melalui jaringan bluetooth. Terlebih pada perangkat seluler.
  4. Kecepatan transfer data tidak tetap. Cepat lambatnya tergantung pada perangkat yang digunakan serta data yang dikirim.
  5. Mekanisme keamanan cukup banyak yang perlu diperhatikan agar kegagalan pengiriman tidak terjadi.

Berdasarkan pengertian bluetooth, fungsi dan cara kerjanya di atas, dapat disimpulkan bahwa bluetooth bisa menjadi pilihan yang efektif untuk melakukan sambungan antar perangkat dalam area yang kecil.

Terlebih karena jaringan bluetooth tidak terpengaruh pada halangan yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Pengertian NFC

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *