Apa itu PHP?

3 min read

Apa itu PHP? – Bagi Anda yang mengenal dunia pemrograman web pasti sudah tidak asing dengan kata PHP. Awalnya Pengertian PHP sendiri adalah kependekan dari kata Personal Home Page.

Dari singkatan tersebut bisa diartikan bahwa PHP digunakan untuk penggunaan website pribadi. Kemudian seiring berkembangnya zaman, PHP dijadikan singkatan dari kata Hypertext Preprocessor.

Dan semakin berkembangnya penggunaan PHP, hingga sampai sekarang tidak saja digunakan untuk website pribadi tapi juga digunakan untuk website terkenal yang digunakan banyak orang.

Kalau dari segi bahasa pemrograman, PHP merupakan server-side scripting (bahasa pemrograman sisi server) untuk pengembangan sebuah web.

Server-side programming sendiri merupakan bahasa pemrograman yang nantinya program tersebut akan dijalankan oleh server.

PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Rudolf pada tahun 1995. Dan saat itu diciptakan menjadi bahasa pemrograman yang berguna untuk membuat web dinamis. Sekarang PHP diambil alih untuk dikembangkan oleh PHP Group.

Fakta lainnya adalah PHP baru benar-benar diluncurkan pada tahun 1998 oleh Zeev Suraski dan Andi Gutmans. Beberapa situs terbesar di dunia menggunakan PHP seperti Facebook, Flickr, Yahoo dan WordPress.

Apa itu PHP
apa itu PHP, via canva.com

Definisi PHP Menurut Para Ahli

Apa itu PHP? Berikut ini beberapa referensi pengertian PHP oleh beberapa ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Nugroho (2006)

Menurut Nugroho, PHP adalah bahasa skrip yang tertanam dalam HTML dan bersifat server-side. PHP sendiri bersifat open source sehingga dapat digunakan oleh banyak komputer secara gratis

2. Menurut Madcoms (2013)

Menurut Madcoms, PHP adalah bahasa server-side yang menjadi satu dengan HMTL dan digunakan untuk membuat web yang dinamis.

Web dinamis merupakan web yang memunculkan konten dan layout yang banyak akan informasi di dalamnya.

Kemudian dikatakan dinamis karena bisa berubah-ubah seiring dengan program yang mengatur pengubahan data yang ditampilkan pada website tersebut.

3. Menurut Sibero (2011)

Menurut Sibero, PHP adalah proses penerjemahan dari bentuk baris kode menjadi kode mesin yang dimengerti oleh komputer.

4. Menurut Betha Sidik (2012)

Menurut Betha Sidik, PHP merupakan bahasa pemrograman beberapa script yang menghasilkan dokumen HTML dengan bahasa pemrograman server side.

5. Menurut Wibowo (2012)

Menurut Wibowo, PHP adalah bahasa pemrograman yang berifat Open Source yang digunakan untuk pengembangan web secara luas lalu dapat disimpan dalam bentuk HTML.

Pengguna PHP mendapatkan beberapa keuntungan salah satunya adalah script PHP tidak terlalu mudah bagi pemula, tetapi menyediakan banyak fitur bagi programmer professional.

6. Menurut Agus Saputra (2012)

Menurut Agus Saputra, PHP difungsikan untuk membangun web yang dinamis. Fungsi dari PHP jelas berbeda dengan HTML.

HTML digunakan untuk pondasi kerangka layout suatu web, sedangkan PHP digunakan untuk prosesnya dalam membangun pondasi tersebut.

Dari beberapa definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa PHP adalah bahasa script yang disisipkan ke dalam HTML dan digunakan untuk membangun sebuah web yang dinamis.

Hampir semua aplikasi yang berbasis web dapat menggunakan PHP, tetapi tergantung juga dengan konektivitas basis data yang dimiliki.

Fungsi PHP

Ada beberapa Fungsi dari PHP yang mungkin belum Anda ketahui seperti berikut:

  1. Untuk menciptakan halaman web. Web yang dimaksud disini adalah web dengan tampilan konten yang bisa disesuaikan dengan situasi atau disebut juga Web Dinamis. Web dinamis dapat menampilkan halaman yang berubah sesuai input dari user.
  2. PHP berfungsi sebagai bahasa pemrograman terbesar di dunia hingga saat ini.
  3. PHP dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah CMS. CMS merupakan sekumpulan script dan database yang dapat dijalankan pada beberapa website yang berbeda tetapi dengan proses yang bersamaan.
  4. PHP dapat membuka, menutup, membuat, menghapus file yang berada di server.
  5. PHP dapat mengatur user perngguna.
  6. PHP dapat menghasilkan output pada halaman web berupa gambar, movie, PDF file dan text seperti XML dan XHTML.
  7. PHP dapat mengamankan suatu data
  8. PHP dapat menginput data ke dalam suatu database

Dari penjelasan fungsi di atas, dapat dibuktikan bahwa PHP sangat bermanfaat bagi tampilan web kita.

Salah satu proses dalam membentuk web yang dinamis adalah dengan PHP menciptakan hubungan dengan berbagai jenis software DBMS (Data Base Management System).

Anda tidak perlu khawatir karena penggunaan PHP ini tidak memerlukan biaya.

Jenis Data PHP

Ada beberapa jenis PHP yang mungkin anda belum tahu seperti:

1. Float

Float juga dapat disebut dengan bilangan koma (,). Dalam penggunaannya, float tidak menggunakan bilangan koma tetapi menggunakan titik (.)

2. Objek

Tipe data dapat berupa variabel, bilangan maupun fungsi.

3. String

Tipe data ini berupa teks atau kata

4. Integer

Tipe data ini berupa bilangan bulat.Tipe ini biasanya digunakan untuk pemerograman yang berkaitan dengan bilangan bulat

Kelebihan PHP

Berikut beberapa kelebihan PHP yang perlu Anda ketahui

  1. Relatif mudah untuk dipelajari. Karena PHP menjadi salah satu bahasa pemerograman yang besar dan banyak digunakan di dunia, sehingga banyak referensi panduan penggunaan PHP yang bisa kita pelajari dengan mudah.
  2. Selain untuk pemrograman dinamis, PHP juga bisa digunakan untuk program komputer lainnya.
  3. Konfigurasinya mudah. Dikarenakan banyak web server yang mendukung pemerograman PHP. Seperti IIS, Apache, Nginx, dan lain lain. Sehingga semakin banyak web server yang mendukung penggunaan PHP, semakin mudah konfigurasinya.
  4. Bersifat open source. PHP dapat digunakan oleh siapa saja di banyak sistem operasi komputer dengan proses yang bersamaan
  5. Pengaturan lebih mudah. Bagi para programmer yang menggunakan PHP akan lebih mudah untuk melakukan upgrade aplikasi web versi PHP.
  6. PHP lebih cepat dibandingkan Java dan ASP
  7. Penggunaan PHP tidak dipungut biaya sedikitpun.

Beberapa kelebihan PHP di atas, menjadi salah satu alasan mengapa PHP menjadi bahasa pemrograman yang sangat besar dan banyak digunakan hingga saat ini.

Jika anda ingin menggunakan pemerograman yang lain seperti html, jangan khawatir karena PHP dapat disisipkan di dalam html. PHP dan html akan berproses untuk membangun web yang dinamis.

Kelemahan PHP

Selain kelebihan, PHP juga memiliki beberapa kelemahan seperti:

  1. Kurang optimal untuk pengembangan sistem komputer dalam skala yang besar.
  2. PHP memiliki kelemahan dalam segi keamanan. Programmer yang menggunakan PHP di harapkan jeli dalam segi konfigurasi dalam melakukan pemerograman.
  3. Karena banyaknya penggunaan PHP hingga sekarang, membuat PHP terkesan mainstream bagi para penggunanya.

Setelah membaca pengertian dari apa itu PHP, fungsi, kelebihan dan kelemahan PHP apakah anda tertarik untuk mempelajarinya? Tentu semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula pemerograman yang muncul.

Tetapi telah dibuktikan bahwa PHP menjadi bahasa pemerograman yang paling banyak digunakan di dunia hingga saat ini..

Dapat disimpulkan bahwa PHP merupakan bahasa pemerograman yang banyak digunakan untuk membangun web dinamis. Penjelasan diatas dapat anda jadikan referensi apakah anda akan menggunakan PHP atau tidak.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *