Pengertian Radio

3 min read

Untuk lebih memahami pengertian radio dan gelombang radio dengan tepat, Anda harus mengetahui perbedaan keduanya terlebih dahulu. Banyak sekali orang yang mendengarkan radio sebagai sarana hiburan dan juga informasi.

Saat ini banyak sekali saluran radio yang bisa Anda akses untuk bisa mendapatkan informasi seputar berita terkini termasuk lagu-lagu terbaru.

Radio mampu memberikan informasi kepada para pengguna dengan cara memancarkan gelombang dari stasiun pusat ke alat penerima gelombang.

Pengertian Radio
pengertian radio, via canva.com

Pengertian Radio

Radio adalah teknologi yang dipakai untuk mengirim sinyal dengan menggunakan radiasi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Gelombang bisa merambat melalui bagai media seperti udara, tanah dan lain sebagainya.

Pengertian Gelombang Radio

Gelombang radio adalah aliran gelombang yang memiliki frekuensi yang cukup luas yang dihasilkan dari rangkaian osilator yang terdapat pada alat elektronika. Selain itu gelombang radio juga bisa diartikan sebagai radiasi elektromagnetik yang tidak bisa terlihat.

Media yang digunakan untuk mengirim gelombang radio disebut dengan antena. Nantinya gelombang radio tersebut akan diubah oleh pesawat radio menjadi sarana yang mampu membawa informasi atau siaran.

Jenis-Jenis Gelombang Radio

Gelombang radio merambat pada frekuensi yang berbeda-beda, sehingga membuatnya dikategorikan atas beberapa jenis.

Gelombang radio memiliki sifat yang mudah dipantulkan sehingga mampu merambat dengan lebih cepat meskipun jaraknya jauh.

Namun akibat frekuensinya yang berbeda membuat wilayah jangkauan dari setiap jenis gelombang bisa berbeda. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis gelombang radio.

1. Gelombang pendek

Jenis gelombang radio pendek memanfaatkan kemampuan udara untuk dijadikan sebagai sarana mediatornya. Salah satu keunggulan dari jenis gelombang radio pendek adalah mampu menjangkau wilayah yang cukup luas.

Gelombang ini banyak dimanfaatkan untuk pemancar internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar benua. Kelemahan dari gelombang ini adalah sering mengalami noise karena beberapa faktor seperti cuaca, matahari, petir dan lain sebagainya.

2. Gelombang medium

Gelombang medium menggunakan bumi sebagai sarana mediatornya, dimana sinyal yang dipancarkan akan dipantulkan oleh bagian permukaan bumi. Biasanya jenis gelombang pendek sering digunakan pada stasiun radio.

Jenis frekuensi yang digunakan oleh gelombang medium adalah frequency modulation dan amplitudo modulation.

Keunggulan dari gelombang medium adalah tidak mudah terpengaruh terhadap noise, sehingga sinyal yang diberikan bisa semakin bagus dan berkualitas.

3. Gelombang panjang

Sinyal yang dihasilkan oleh jenis gelombang ini akan berukuran lebih panjang dan mampu memiliki jangkauan wilayah yang lebih luas.

Namun jenis gelombang ini juga memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan daya listrik yang besar sehingga perlu biaya besar.

Selain itu, karena jenis gelombangnya cukup panjang dan lebar, maka jenis gelombang ini rentan terhadap gangguan (noise).

Hal ini akan membuat perangkat elektronik lebih sulit untuk menangkap frekuensi yang jernih dari sebuah gelombang radio.

Manfaat Gelombang Radio untuk Berbagai Bidang

Manfaat utama dari gelombang radio adalah mengirimkan berbagai pesan yang berisi informasi dalam bentuk sinyal.

Manfaatnya yang beragam membuat gelombang radio sering dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja alat elektronik.

Dalam kehidupan sehari-hari alat elektronik memiliki banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan di berbagai bidang. Berikut beberapa manfaat gelombang radio untuk berbagai bidang.

1. Radio

Seperti yang diketahui bahwa radio merupakan media komunikasi yang biasa digunakan untuk mendapatkan informasi terkait berbagai hal. Radio memiliki sistem kerja yang mengandalkan gelombang radio sebagai sumber sinyalnya.

Gelombang radio akan dikirimkan dengan menggunakan cara modulasi atau radiasi. Gelombang radio akan dibagi sesuai dengan pusat stasiun radionya sehingga membuat setiap sinyal radio akan memiliki frekuensi yang berbeda.

2. Ponsel

Ponsel merupakan barang elektronik yang sering dipakai setiap harinya. Bahkan saat ini banyak sekali kebutuhan pengguna yang bisa terpenuhi melalui akses ponsel. Hal ini mengakibatkan peranan ponsel semakin hari semakin penting.

Ponsel digunakan sebagai sarana komunikasi jarak jauh yang mengantarkan informasi dengan baik. Ponsel menggunakan gelombang radio sebagai pemancar sinyal untuk bisa berkomunikasi dengan baik.

3. Kecantikan

Gelombang radio ternyata bisa juga digunakan dalam bidang kecantikan untuk merawat kulit. Gelombang radio digunakan untuk sistem osilasi yang mampu dimanfaatkan untuk mengencangkan bagian kulit.

Dengan menggunakan gelombang radio alat medis bisa dijalankan dengan lebih maksimal dan bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kekencangan kulit yang kendur.

4. Walkie talkie

Walkie talkie merupakan alat komunikasi yang mirip dengan ponsel namun memiliki bentuk fisik yang lebih besar. Walkie talkie memanfaatkan gelombang radio untuk bisa memancarkan sinyal.

Sinyal tersebut akan digunakan sebagai sumber komunikasi. Walkie talkie biasanya digunakan oleh petugas keamanan yang sedang bertugas.

Jangkauan alat komunikasi ini bisa dikatakan cukup sempit karena seluruh alat yang digunakan harus diatur dalam frekuensi yang sama agar bisa terhubung dengan baik.

5. Radar

Radar digunakan untuk melacak sebuah objek tertentu. Radar biasanya digunakan untuk sistem operasional kapal selam dan juga pesawat.

Agar radar bisa bekerja dengan baik dan efektif, dibutuhkan frekuensi gelombang radio yang berkualitas dan jernih.

Radar berfungsi untuk memberikan informasi jika terdapat benda asing yang mendekati sistem kerja kapal selam atau pesawat.

Selain itu alat ini juga bisa dimanfaatkan saat cuaca sedang buruk agar objek bisa tetap beroperasi dan mengetahui arah yang benar.

Baca juga: Pengertian gateway

6. Televisi

Berbeda dengan radio yang hanya menyampaikan informasi berupa suara saja, televisi mampu menyampaikan informasi yang lebih jelas dan kompleks yaitu dalam bentuk gambar dan juga suara.

Kehadiran televisi memang dianggap sebagai sarana komunikasi yang jauh lebih menarik dan efektif dibandingkan dengan radio.

Televisi memanfaatkan gelombang radio untuk mampu memancarkan sinyal agar pengguna bisa menonton tayangan televisi.

7. Teleskop

Gelombang radio ternyata juga dimanfaatkan untuk sistem kerja alat yang digunakan dalam ilmu astronomi. Teleskop menggunakan gelombang radio yang menangkap sinyal agar bisa mengamati benda luar angkasa secara lebih detail.

Alat ini memiliki sistem kerja yang bisa menerima gelombang radio yang ada di luar angkasa sehingga seluruh aktivitas yang ada di luar angkasa bisa diamati secara lebih jelas menggunakan teleskop.

8. Satelit

Satelit merupakan benda yang memiliki sistem perputaran yang mengikuti sistem kerja rotasi bumi. Rotasi yang terjadi mengakibatkan perubahan kondisi yang ada di bumi yaitu adanya siang dan juga malam.

Selain itu satelit memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sistem kerja utama dari satelit adalah menggunakan gelombang radio yang dikirimkan dalam bentuk sinyal.

Terdapat dua jenis satelit yang biasa digunakan yaitu satelit buatan dan juga satelit alami. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Dengan adanya penjelasan di atas Anda bisa lebih memahami secara lebih dalam lagi tentang apa sebenarnya pengertian radio dan gelombang radio beserta manfaatnya. Hal ini memungkinkan Anda bisa memanfaatkan teknologi komunikasi secara lebih tepat dan efektif.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *