Apa itu SSD?

3 min read

Apa itu pengertian SSD? – Saat ini media penyimpanan sudah semakin canggih. Munculnya solid state drive atau SSD menjadi pengganti harddisk.

SSD mempunyai sistem yang lebih cepat, konsumsi daya rendah dan kinerja yang lebih tinggi. SSD sudah banyak digunakan sekarang ini.

Bahkan sudah banyak merk SSD terbaik untuk menyimpan data dengan kapasitas besar.

SSD mempunyai fungsi yang sama dengan harddisk yaitu sebagai media penyimpanan. Namun, konstruksi SSD jauh berbeda dengan HDD.

Untuk lebih membantu pengguna dalam memilih penyimpanan laptop atau notebook, simak penjelasan apa itu SSD dan apa saja kelebihan dan kekurangannya dibandingkan penyimpan lain.

Pengertian SSD
apa itu SSD, via canva.com

Apa itu SSD

SSD atau solid state drive merupakan media penyimpanan data dengan menggunakan rangkaian IC untuk menyimpan data.

Saat ini, perangkat USB seperti flash drive, thumb drive dan memory stick menjadi media penyimpanan yang paling banyak digunakan.

Alat tersebut berfungsi untuk menyimpan data baik itu dokumen, video, audio, dan sebagainya serta bisa dibawa ke mana saja.

SSD adalah perangkat penyimpanan yang lebih canggih dari flash drive. SSD mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan harddisk pada komputer atau laptop.

Perangkat SSD berfungsi untuk menyimpan data dengan konstruksi seperti flash drive dan susunan seperti memori.

Solid state drive tidak mempunyai komponen yang bergerak di dalamnya. Data yang tersimpan berada di dalam microchips.

Hal ini yang membedakan SSD dengan HDD. HDD mempunyai lengan mekanik yang dapat bergerak untuk membaca dan menulis data pada piringan magnetik.

Komponen tersebut menyebabkan kinerja HDD berbeda dengan SSD dan jauh lebih rendah.

SSD bergerak secara elektrik untuk mengambil dan menyimpan data. Sedangkan HDD bergerak secara mekanik untuk mengambil dan menyimpan data.

Sehingga kinerja SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Oleh karena itu, SSD banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan penyimpanan data atau informasi.

Komponen Solid State Drive

SSD menggunakan teknologi flash memori berbasis NAND. Teknologi tersebut merupakan jenis memori non volatile atau memori yang bisa menyimpan data walau tegangan suplai mati.

Hal ini menjadi prinsip dasar dari memori penyimpanan permanen termasuk flash drive. Dengan komponen tersebut, data yang tersimpan akan bertahan lama hingga bertahun-tahun selama perangkat tersebut masih ada.

Teknologi canggih dalam SSD, data yang tersimpan tetap aman dan tidak akan hilang. Seiring berkembangnya zaman, teknologi di bidang digital semakin canggih.

Hal itu membuat media penyimpanan semakin berkembang dan canggih. Dimulai dari penyimpanan HDD yang dapat menyimpan data, kini muncul SSD yang lebih canggih dari HDD.

Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

SSD mempunyai kelebihan dibandingkan perangkat lainnya, termasuk HDD. Kelebihan SSD adalah sebagai berikut.

1. Mempunyai performa lebih baik

SSD mempunyai performa yang lebih baik dari HDD. Baik untuk kecepatan membaca ataupun menulis. SSD dapat melakukan transfer data, pencarian, dan sebagainya.

SSD juga mempunyai kecepatan koneksi lebih cepat walaupun sedang membuka program yang berat. Pada saat booting windows, SSD lebih cepat dibandingkan HDD.

2. SSD tidak berisik

SSD berisi rangkaian memori sehingga tidak mengeluarkan suara. Sedangkan HDD konvensional masih menggunakan piringan sehingga menimbulkan suara berisik saat digunakan.

Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih SSD sebagai penyimpanan data pada komputer atau laptop.

3. SSD lebih ringan dari pada HDD

Komponen dalam SSD yang tersusun rapi membuat perangkat ini lebih ringan dibandingkan harddisk. HDD mempunyai komponen dari piringan sehingga mempunyai bobot yang lebih berat.

4. Lebih hemat daya listrik

Penggunaan solid state drive lebih menghemat daya listrik dibandingkan dengan HDD, karena komponen dan teknologi yang lebih canggih.

Daya listrik yang digunakan tidak bisa dilihat secara jelas, namun penggunaanya lebih rendah daripada harddisk.

5. Tahan terhadap guncangan

SSD lebih tahan terhadap guncangan karena tidak mempunyai disk di dalamnya. Disk mempunyai sifat sensitif terhadap guncangan karena saat berputar ada banyak mekanikal di dalamnya.

Dalam SSD tidak ada gerakan sehingga lebih tahan jika ada guncangan.

Kekurangan SSD Dibandingkan HDD

Sebagai alat elektronik, SSD tidak luput dari kekurangan. Berikut kekurangan SSD dibandingkan HDD.

1. Harga jauh lebih mahal

Harga SSD lebih mahal dari HDD, karena teknologi yang digunakan lebih canggih dan modern. Harga SSD dengan kapasitas 120GB sekitar 600 ribu hingga 800 ribu.

Sedangkan untuk HDD, harga tersebut sudah dapat membeli harddisk dengan kapasitas 1TB.

2. Umur SSD lebih pendek daripada HDD

Walaupun SSD mampu membaca dan menulis dengan cepat, namun umur penggunaan SSD lebih pendek dari HDD. Dalam sikluks waktu yang sama, SSD bisa lebih cepat mengalami gangguan bahkan harus diganti.

Kekurangan solid state drive tersebut tidak membuat performa SSD turun, karena SSD dapat menjamin performa komputer atau laptop lebih baik dengan teknologi canggih di dalamnya.

Keunggulan SSD lebih banyak dibandingkan kekuranganya. Karena kualitas yang diberikan sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Merk SSD Terbaik

Saat ini ada banyak merk SSD yang dapat digunakan pada komputer dan laptop. Merk SSD terbaik dan rekomended sebagai berikut.

1. Samsung 850 Pro 256GB 2.5 SATA

Samsung menyediakan SSD yang rekomended yaitu 850 Pro 256GB 2.5 SATA. SSD ini didukung dengan aplikasi 3D V-NAND dan mempunyai kualitas lebih baik daripada merk SSD lainnya.

2. Samsung 840 EVO 250GB 2.5 SATA

SSD 840 EVO 250GB 2.5 SATA menjadi salah satu SSD terbaik dari Samsung. Kualitasnya sepadan dengan SSD 850 Pro dan sangat mendukung sebagai penyimpanan data pada laptop dengan penggunaan yang terus-menerus.

3. Inter 530 Series 240GB 2.5 Inch Internal

SSD Inter 530 Series 240 GB 2.5 Inch Internal ini sangat cocok untuk para pengguna kantor, karena mempunyai garansi selama lima tahun.

SSD buatan Intel ini berasal dari Amerika dan sudah mempunyai kontroler sendiri. SSD Inter mempunyai harga yang terjangkau sehingga dapat digunakan untuk laptop dengan penggunaan yang ringan.

4. Sandisk Extreme 250GB SATA

Sandisk merupakan produsen terbaik yang mampu memproduksi berbagai penyimpanan memory flash. SSD Sandisk mempunyai kapasitas yang besar dengan harga yang sangat terjangkau.

Kapasitas SSD ini sekitar 240GB dan cocok untuk laptop yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan ektrem.

5. Corsair Force Series LE 200 240GB

Merk SSD terbaik lainya adalah Corsair Force Series LE200 240GB. Merk ini diproduksi oleh Corsair dengan beberapa kelebihan.

SSD Corsair mampu menghemat penggunaan daya listrik serta dapat merespon perintah dengan cepat. SSD cocok digunakan untuk penggunaan kantor.

6. Galax Gamer L Series 480GB

SSD Galax Gamer L Series 480GB mempunyai fitur canggih yaitu Smart, Trim dan Garbage yang dapat memaksimalkan kinerja NAND.

Galax Gamer L Series 480GB dilengkapi dengan fitur Eror Corecting Code yang berfungsi untuk mengurangi eror pada data.

Serta mempunyai mode rendah daya sehingga dapat menghemat penggunaan baterai pada laptop.

7. OCZ Storage Solution Vector 150 Series

Solid state drive ini mempunyai kualitas yang tidak bisa diragukan. SSD Vector 150 Series mampu menghasilkan laptop dengan performa terbaik karena sudah mempunyai sistem kontroler sendiri.

Sebagai perangkat penyimpanan digital, SSD hadir untuk memberikan kemudahan dalam menyimpan data dengan kapasitas besar. SSD juga mampu memberikan performa terbaik bagi komputer atau laptop.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *