Daftar Mesin Pencari Selain Google, Apa Saja Ya?

2 min read

Deskripsi: Berikut daftar mesin pencari selain Google, kira-kira apa saja ya?.


Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling populer dan banyak digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi.

Namun, pernahkah Anda ingin menggunakan mesin pencari yang selain Google? Sebenarnya banyak sekali alternatif mesin pencari yang dapat digunakan selain Google.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas daftar mesin pencari selain Google. Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya ?

Daftar Mesin Pencari Selain Google, Apa Saja Ya_

Macam-Macam Mesin Pencari

Sebelum membahas lebih jauh mengenai daftar mesin pencari selain Google, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai macam-macam mesin pencari.

Seperti yang kita ketahui, mesin pencari selain Google terbilang banyak jumlahnya. Mulai dari yang populer hingga yang kurang populer tentunya semuanya menawarkan fitur yang beragam.

Dalam prakteknya, mereka memiliki sistem dan juga cara kerja yang berbeda-beda. Oleh karenanya, kita akan mengenal mengenai macam-macam jenis mesin pencari.

Tujuannya adalah agar Anda dapat membandingkan antara mesin pencari selain Google dan perbedaannya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Crawler

Jenis mesin pencari pertama adalah crawler. Untuk membaca setiap halaman, mesin pencari tersebut menggunakan crawler, bot, dan juga spider.

Metode tersebut banyak digunakan untuk beberapa mesin pencari berbasis crawler. Diantaranya adalah seperti Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo dan lain sebagainya.

2. Directories

Directories merupakan mesin pencari yang berbasis tenaga manusia. Dalam sistemnya, semua konten yang masuk harus terlebih dahulu harus melewati sejumlah review dan editor.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa konten-konten yang diunggah merupakan konten yang relevan dan berkualitas.

3. Hybrid

Hybrid dapat dibilang sebagai perpaduan antara crawler dan juga directories.

Jadi, mereka menggunakan tenaga manusia dan juga bot untuk memeriksa konten-konten yang masuk sehingga kualitas dan juga relevansinya semakin akurat.

4. Meta

Meta merupakan mesin pencari yang dalam sistemnya didapatkan dengan cara mengumpulkan data dari beberapa mesin pencari lain.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan hasil yang paling relevan dengan banyaknya referensi sumber yang digunakan.

Rekomendasi Mesin Pencari Populer Selain Google

Setelah mengenal macam-macam mesin pencari, maka yang selanjutnya akan kita bahas adalah mengenai daftar mesin pencari selain Google yang juga populer.

Setidaknya ada sekitar 25 mesin pencari yang dapat digunakan untuk mempermudah pencarian data dan informasi. Namun, kali ini kami hanya akan membahas 5 contohnya saja.

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari yang cukup populer dan memiliki market besar setelah Google. Ketika berselancar di Bing, Anda akan disuguhi dengan foto beresolusi tinggi yang diambil dari berbagai belahan dunia.

Bing juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang menarik. Salah satunya adalah Anda dapat mengarsipkan halaman penting ataupun menyimpan URL secara manual.

Bing juga terhubung dengan aplikasi Microsoft office sehingga Anda juga dapat membuat dokumen secara online.

2. DuckDuckGo

Rekomendasi mesin pencari yang selanjutnya adalah DuckDuckGo. Berbeda dengan Google, DuckDuckGo memiliki sistem kerja yang berbeda.

Berikut ini ulasan yang lebih lengkap mengenai mesin pencari dengan simbol bebek mungil ini.

  • DuckDuckGo tidak menyimpan data pribadi, rekam jejak penelusuran dan informasi yang lainnya.
  • DuckDuckGo juga mematikan bot pelacak iklan.
  • DuckDuckGo mengumpulkan data dari 10 sumber yang berbeda sehingga hasil pencarian tetap relevan.

3. Qwant

Qwant juga merupakan aplikasi yang dapat melindungi informasi pribadi Anda. Aplikasi tersebut juga memberikan data dan informasi yang netral dan transparan.

Selain itu, Qwant juga dilengkapi dengan beragam fitur unik. Seperti diantaranya dapat mengakses beberapa informasi dari website, e-commerce dan direktori.

Aplikasi ini juga tersedia tiga turunan aplikasi lain. Seperti Qwant junior yang diperuntukkan bagi anak-anak, Qwant music untuk mengakses berbagai jenis musik dan juga Qwant Board untuk menyimpan dan membagikan konten di sosial media.

4. Yahoo! Search

Yahoo! Search juga merupakan mesin pencari yang populer digunakan selain Google.

Yahoo! Search menampilkan hasil pencarian yang relevan dan lengkap. Tools ini juga menyediakan pencarian dengan 38 bahasa sekaligus lho.

Selain itu, Yahoo! Search juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang kredibel.

Seperti Yahoo! Answer yang berfungsi untuk menayangkan pertanyaan dengan tema yang lebih spesifik. Dan juga Yahoo! Finance yang selalu update tentang sumber informasi dan bisnis.

5. StartPage

StartPage merupakan mesin pencari yang menyediakan informasi secara lengkap. Selain itu, aplikasi tersebut juga menjaga kerahasiaan data dan juga privasi penggunanya.

Oleh sebab itu, StartPage juga dikenal sebagai mesin pencari terbaik yang menggabungkan antara keamanan data dengan sumber informasi yang lengkap dan relevan.

Kesimpulan

Google terkenal sebagai mesin pencari yang biasa digunakan untuk mencari berbagai data dan informasi. Namun, ternyata ada banyak sekali aplikasi lain yang dapat digunakan dengan fungsi serupa lho.

Anda tentu saja bisa memilih mesin pencari mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Nah, demikian ulasan mengenai daftar mesin pencari selain Google lengkap dengan informasi fiturnya. Semoga cukup membantu Anda memutuskan mesin pencari terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya?

 

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

Apa itu Trello?

Deskripsi: Pengertian Trello, fungsi dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *