Pengertian Bulan

2 min read

Deskripsi: Pengertian Bulan, struktur dan karakteristiknya.


Bulan akan mudah ditemui saat malam hari. Benda langit ini terlihat seperti memancarkan cahaya. Meskipun demikian, Bulan bukanlah disebut sebagai bintang.

Lalu apa itu Bulan? Mari temukan jawabannya disini. Kali ini kita akan membahas apa itu bulan mulai dari pengertian, struktur bagian hingga karakteristiknya.

Pengertian Bulan

Pengertian Bulan

Pengertian Bulan secara sederhana diartikan sebagai benda langit yang bergerak mengelilingi planet Bumi sesuai garis orbit, yang kemudian disebut sebagai satelit Bumi. Bulan adalah satu-satunya satelit yang dimiliki oleh Bumi.

Rata-rata jarak Bumi ke Bulan sekitar 383.000 km. Sama halnya seperti Bumi, Bulan juga melakukan pergerakan revolusi. Namun bukan terhadap Bumi saja, melainkan Bumi dan Matahari.

Seringkali Bulan dianggap sebagai bintang, karena dapat memancarkan cahaya sendiri. Hal tersebut sama sekali tidak benar.

Cahaya yang dipancarkan oleh Bulan bukanlah berasal dari Bulan itu sendiri. Bulan hanya meneruskan cahaya dari bintang-bintang, sehingga disebut sebagai bintang semu.

Struktur Bagian Bulan

Apabila diamati menggunakan mata telanjang, Bulan berbentuk lingkaran. Struktur Bulan termasuk bagian dari pengertian bulan yang terdiri atas beberapa bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

struktur bulan
https://id.wikipedia.org/wiki/Bulan

1. Kerak Bulan (Crust)

Kerak Bulan merupakan bagian yang paling luar dari Bulan, di mana fungsi dari lapisan ini untuk melindungi bagian dalam bulan.

Kerak Bulan bersifat anortosit atau terbentuk dari batuan beku  faneritik, sedangkan ketebalan rata-rata ketebalannya sekitar 50 km.

2. Mantel Bulan

Mantel Bulan berada di bawah kerak Bulan dan berfungsi melindungi inti Bulan. Adanya lapisan mantel membuat kondisi di Bulan jarang terjadi gempa.

Hal ini karena bagian ini memiliki bentuk yang padat sehingga tidak memungkinkan terjadinya arus konveksi.

3. Inti Bulan

Inti Bulan memiliki lebar berukuran 240 kilometer yang dikelilingi oleh lapisan bersifat cair (90 km) dan lapisan lembek (150 km).

Belum ada kepastian tentang komposisi di dalam inti bulan. Namun, ada dugaan bahwa inti Bulan diisi oleh beberapa unsur seperti besi metalik, nikel dan sulfur.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Bulan

Sebagai sebuah benda langit, Bulan memiliki beberapa karakteristik sehingga dapat dibedakan dengan benda langit lainnya.

Berikut ini beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Bulan.

1. Ukuran Bulan

Karakteristik atau ciri-ciri Bulan terkait dengan ukurannya, bahwa Bulan memiliki diameter berukuran 3.744,2 km. Massa yang dimiliki oleh Bulan sama dengan 1/8 kali massa Bumi, yakni sekitar 7,3477 × 1022 kg.

2. Pergerakan Bulan

Bulan melakukan pergerakan rotasi dan revolusi terhadap Bumi. Rotasi Bulan berlangsung selama 27,3 hari untuk satu periode putaran dengan kemiringan 88,5 derajat.

Sementara itu, revolusi Bulan pun berlangsung dengan waktu yang sama dengan kala rotasinya.

3. Permukaan Bulan

Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Galileo menunjukkan bahwa Bulan memiliki struktur permukaan yang tidak rata.

Permukaan Bulan terdiri dari bukit-bukit dan kawah-kawah. Kawah yang terbentuk tersebut merupakan akibat dari adanya hujan meteor.

4. Tidak Memiliki Atmosfer

Berbeda dengan Bumi, Bulan tidak mempunyai atmosfer. Inilah yang menyebabkan bagian permukaan bulan menjadi berkawah akibat hujan meteor, karena tidak ada pelindung berupa atmosfer.

Atmosfer tidak terbentuk karena bagian dalam Bulan terlalu dingin untuk terjadinya aktivitas vulkanik, sehingga tidak menghasilkan gas pembentuk atmosfer.

Apa Hubungan Bulan dan Bumi?

Bulan berperan penting terhadap kondisi Bumi. Berbagai aktivitas di Bumi juga dipengaruhi oleh Bulan.

Berikut ini hubungan Bulan dan Bumi yang perlu Anda ketahui:

  • Adanya Bulan membuat Bumi berotasi dengan kemiringan 23,5 derajat. Jika tidak ada Bulan, Bumi akan berputar secara tegak lurus dengan waktu 10 jam.
  • Bulan membuat negara Inggris tidak hanya memiliki dua musim saja, yakni musim semi dan gugur. Selain itu, adanya Bulan juga membuat Matahari dapat terlihat di kutub utara dan kutub selatan.
  • Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut air laut

Itulah penjelasan tentang pengertian bulan, struktur, dan karakteristiknya. Dapat disimpulkan bahwa Bulan merupakan satu-satunya satelit Bumi dengan karakteristik tertentu dan memiliki pengaruh terhadap aktivitas di Bumi.

Jadi, bulan ini bukan sekedar hiasan yang muncul di langit saat malam hari, ya? Semoga ulasan di atas sudah cukup membantu.

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *