Manajemen Pemasaran

2 min read

Deskripsi: Pengertian manajemen pemasaran, konsep, dan istilah di dalamnya.


Untuk melakukan penjualan pada barang atau jasa yang Anda miliki, diperlukan sebuah manajemen pemasaran.

Ada beberapa pengertian manajemen pemasaran, secara singkat bisa diartikan sebagai seluruh kegiatan ekonomi mulai dari perencanaan produk, pendistribusian produk, hingga dengan produk tersebut sampai ke tangan konsumen.

Pengertian manajemen pemasaran secara umum yaitu kegiatan di dalam penerapan, perencanaan, analisis, serta perancangan program yang dikendalikan dengan tujuan untuk membangun branding dan kegiatan ekonomi lainnya.

Program tersebut digunakan untuk mencapai target pemasaran yang tepat sasaran agar dapat mendapatkan keuntungan dari produk yang dihasilkan.

manajemen pemasaran
manajemen pemasaran

Arti Manajemen Pemasaran Menurut Beberapa Ahli

1. Kotler

Pada tahun 1980, Kotler menjelaskan tentang pengertiannya, yaitu perencanaan, menganalisa, pengawasan dan pelaksanaan program-program yang mempunyai tujuan untuk memperoleh pertukaran di pasar yang dituju.

Maksud dilakukannya hal itu adalah untuk bisa mencapai goals pada perusahaan.

2. Dharmmesta dan Handoko

Kemudian pada tahun 1982, Dharmmesta dan Handoko menjelaskan bahwa perusahaan yang melakukan suatu kegiatan pokok untuk mempertahankan perusahaan agar dapat terus berlangsung, memperoleh laba, dan perusahaan menjadi berkembang.

Kegiatan pemasaran pun seharusnya membuat konsumen puas, itulah yang disebut pengertian manajemen pemasaran.

3. American Marketing Association

American Marketing Association juga mempunyai pendapat, yaitu kegiatan pelaksanaan di dalam dunia usaha yang diarahkan pada produsen yang mempunyai arus perdagangan terhadap barang dan jasa kepada para konsumennya.

Pendefinisian hal ini hanya ditekankan terhadap aspek-aspek distribusi saja, daripada kegiatan pemasaran sebuah produk.

4. Kotler dan Amstrong

Pendapat Kotler dan Amstrong yaitu, proses-proses sosial di antara para individu beserta sebuah kelompok untuk mendapatkan apa saja yang sedang dibutuhkan.

Kotler dan Amstrong ingin mempertahankan hal itu dengan menciptakan sebuah produk serta mempunyai nilai dengan individu dan kelompok yang lainnya.

5. William J. Stanton

Pendapat dari William J. Stanton, yang menurutnya sebuah sistem secara menyeluruh pada kegiatan bisnis mempunyai tujuan menentukan harga, perencanaan, melakukan promosi, dan mendistribusikan barang atau jasa yang dihasilkan.

Kegiatan tersebut bertujuan memuaskan para pembeli, hal itu adal pengertian manajemen pemasaran.

Konsep yang Ada pada Manajemen Pemasaran

Sebuah falsafah tentang konsep marketing atau pemasaran mempunyai tujuan memberi kepuasan kepada para konsumen atau pembeli terhadap kebutuhan dan keinginannya.

Semua kegiatan yang berada di perusahaan penganut konsep marketing, seharusnya diarahkan untuk pemenuhan tujuan yang ada.

Secara singkatnya, dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yaitu suatu falsafah pada bisnis yang menyatakan tentang kepuasan kebutuhan para konsumen adalah sebuah syarat sosial dan ekonomi bagi kebaikan kelangsungan berjalannya perusahaan-perusahaan.

Hal itu merupakan pendapat yang dimiliki oleh Stanton pada tahun 1978.

Elemen terpenting pada konsep pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Market oriented yang mempunyai orientasi terhadap apa yang diinginkan konsumen.
  2. Penyusunan tentang kegiatan-kegiatan untuk memasarkan produk dilakukan secara terpadu.
  3. Pencapaian terhadap tingkat rasa puas yang ada pada para konsumen ataupun pelanggan.

Istilah-Istilah Terpenting pada Konsep Pemasaran

1. Produk

Yang dimaksud produk di sini berupa barang, jasa, ataupun gagasan. Produk adalah semua yang dihasilkan oleh manusia, bisa ditawarkan kepada orang lain.

Produk dengan penawaran mutu, sifat dan kinerja terbaik akan disukai oleh para konsumen.

Karena hal tersebut, sehingga perusahaan seharusnya fokus terhadap produk dikarenakan untuk perbaikan efisiensi distribusi dan efisiensi.

2. Nilai

Suatu produk yang diperkirakan oleh konsumen untuk kepuasannya, apa yang diinginkan atau yang dirasakan, perbedaan di antara adanya perbedaan yang bisa dinikmati oleh para pelanggan.

Perbedaan itu dikarenakan memakai dan memiliki sebuah produk disertai dengan biaya untuk mendapatkan suatu produk tersebut.

3. Biaya

Yang dimaksud biaya di sini adalah sebuah harga yang seharusnya konsumen bayarkan atas produk yang mereka beli dari produk yang menghasilkan barang tersebut.

Harga pada masing-masing kebutuhan konsumen pun beragam, ada yang mulai dari puluhan ribu sampai jutaan, bahkan bisa sampai ada yang harganya milyaran rupiah.

4. Kepuasan

Seberapa puas seorang konsumen atau pelanggan yang membeli produk-produk yang hendak dikonsumsi.

Maksud dari pernyataan tersebut adalah di antara harapan yang dimiliki oleh konsumen dengan yang ada pada  kenyataanya adalah sesuai, tidak melenceng ataupun berbeda.

Selain empat istilah penting di atas, ada lagi satu istilah penting di dalam manajemen pemasaran. Istilah tersebut yaitu pasar.

Pasar merupakan sebuah tempat yang terdapat semua pelanggan yang potensial.

Para pelanggan itu mempunyai niatan untuk melakukan transaksi atas suatu produk.

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Pengertian Marketplace

Deskripsi: Pengertian Marketplace, jenis-jenis dan keuntungannya. Di era digital...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *