Media Komunikasi

4 min read

Pengertian media komunikasi – Kehidupan sehari-harinya manusia membutuhkan sosialisasi dengan manusia lainnya.

Bersosialiasi adalah salah satu cara bertahan hidup yang dibutuhkan manusia dan manusia juga tidak dapat menjalankan kehidupan tanpa manusia lainnya.

Manusia juga bukan diciptakan untuk hidup sendiri, maka dari itu mereka bersosialisasi.

Komunikasi merupakan hal yang dilakukan oleh semua manusia setiap harinya, karena mereka hidup di dunia dan waktu yang sama.

Walaupun kalian sering melakukannya, apakah kalian tahu pengertian komunikasi? Berikut pengertian media komunikasi beserta alat dan perangkatnya.

Pengertian Komunikasi
pengertian komunikasi dan media komunikasi, via canva.com

Pengertian Media Komunikasi

Secara harfiah media komunikasi adalah sarana yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Media memiliki arti alat atau tempat, kata media berasal dari kata medium yang berarti tempat atau wadah, sedangkan komunikasi memiliki arti interaksi antara satu manusia atau lebih dengan manusia yang lainnya.

Ada juga beberapa pendapat yang menyatakan bahwa media komunikasi adalah tempat untuk berinteraksi antara sesama makhluk. Mengapa demikian?

Berkomunikasi tak hanya dilakukan oleh manusia saja, bahkan hewan atau tumbuhan pun melakukan komunikasi.

Namun, Anda tidak akan membahas komunikasi yang dilakukan makhluk selain manusia, melainkan komunikasi yang dilakukan manusia.

Komunikasi sudah Anda lakukan sewaktu Anda keluar dari rahim ibu. Ketika Anda keluar Anda sudah berkomunikasi dengan ibu dokter atau perawat dengan menangis.

Arti Komunikasi

Meskipun arti dari komunikasi Anda sewaktu bayi tidak jelas namun, para dokter dan perawat sudah mengerti bahwa normalnya bayi yang baru dilahirkan itu mengeluarkan tangisan.

Komunikasi diambil dari bahasa latin yaitu communicatus. Kata tersebut berasal dari kata communis yang memiliki arti ‘berbagi’ atau ‘milik bersama’.

Komunikasi disebut juga sebagai usaha untuk mewujudkan tujuan bersama atau penyampaian informasi dari satu individu ke individu lainnya.

Komunikasi juga berarti suatu pesan yang dibuat oleh satu pihak kemudian disampaikan ke pihak lain menggunakan sebuah media.

Media komunikasi adalah sebuah wadah atau tempat atau alat yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi dan alat yang digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa.

Tanpa bahasa komunikasi sulit dilakukan karena bahasa adalah satu-satunya alat untuk berkomunikasi.

Bahasa bisa berupa apa saja, bahkan simbol dan gerakan dapat dijadikan bahasa, asalkan bahasa simbol atau gerakan yang akan dipakai sudah disepakati.

Bahasa adalah perangkat utama untuk melakukan komunikasi, jika diukur seberapa penting bahasa dalam berkomunikasi, yaitu sangat penting, karena seperti apa yang sudah saya paparkan dibagian sebelumnya.

Selain itu, bahasa dapat berupa pesan yang tekstual maupun kontekstual dalam melakukan komunikasi bahasa dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1. Verbal

Verbal adalah bahasa tekstual yang diucapkan lisan atau bisa disebut oral language. Bahasa verbal digunakan oleh panca indera manusia yaitu lisan dan diterima oleh telinga.

Namun, bahasa verbal memiliki kekurangan yaitu untuk melakukan komunikasi verbal maka bahasa negara atau daerah yang digunakan pun harus dimengerti oleh lawan bicara Anda, jika tidak komunikasi tidak akan berjalan lancar.

2. Non Verbal

Bahasa non verbal adalah bahasa yang tidak dilakukan oleh lisan, melainkan dilakukan oleh anggota tubuh manusia yang dapat memungkinkan memberikan sebuah informasi yang ingin disampaikan pengguna.

Bahasa non verbal ini relatif lebih mudah digunakan, karena dalam penggunaannya Anda dapat menggerakkan bagian tubuh Anda yang manapun.

Misalnya, lambaian tangan, bentuk jari, mimik wajah, suara dan sebagainya. Bahasa non verbal ini biasa dilakukan oleh anak-anak pramuka dalam menggunakan sandi-sandi yang dipelajari dalam pramuka.

Media Komunikasi
pengertian media komunikasi, via canva.com

Media yang Digunakan untuk Berkomunikasi

1. Panca Indera

Panca indera adalah anugerah yang diberikan Maha Kuasa kepada manusia. Kelima panca indera ini berguna untuk menjadi alat pengantar bahasa juga media untuk berkomunikasi.

Selain untuk berkomunikasi, panca indera juga sangat penting untuk kehidupan manusia. Maka, bersyukurlah jika memiliki panca indera yang lengkap dan sempurna.

2. Telepon dan Ponsel Genggam

Komunikasi dapat dilakukan lebih mudah menggunakan telepon atau telepon genggam, karena memang media ini diciptakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan gelombang radio yang diterima oleh telepon atau ponsel genggam.

Teknologi telepon dikembangkan kemudian ditemukanlah telepon genggam agar berkomunikasi dapat lebih praktis juga dapat dilakukan dimana saja atau kapan saja.

3. Kertas dan Pena

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, kertas dan pena adalah teknologi yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh.

Penggunaan kertas dan pena ini biasanya dulu sering dilakukan oleh para sesepuh-sesepuh Anda, bahkan sampai sekarang penggunaan kertas dan pena sebagai media komunikasi masih digunakan biasanya oleh anak pesantren.

4. Lonceng atau peluit

Lonceng juga dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi, lonceng terbuat dari besi sehingga suara yang dikeluarkan oleh lonceng dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Biasanya, suara lonceng digunakan di dalam sekolah untuk menandakan jam perpulangan, istirahat atau masuk kelas.

Peluit masih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam pertandingan olahraga, tukang parkir hingga pecinta alam juga menggunakan peluit untuk mencari atau meminta pertolongan.

Selain itu juga, peluit biasa dipakai untuk mengirim kode-kode morse.

5. Api dan Asap

Mari Anda flashback ke masa purba atau masa primitif di mana teknologi-teknologi canggih belum ditemukan. Pada masa tersebut teknologi yang digunakan masih tergantung dengan alam.

Zaman megalitikum atau batu besar manusia mengirim pesan menggunakan asap karena daerah di muka bumi ini masih terutupi oleh pohon-pohon besar, sehingga sulit untuk menyampaikan pesan jika dengan berjalan kaki.

Maka mereka membuat api dan menggunakan asapnya sebagai media komunikasi.

Lalu selanjutnya mari Anda maju ratusan abad dari zaman megalitikum yaitu masa dimana manusia saling berselisih dengan tombak dan panahnya.

Pada masa ini, para pendahulu Anda memakai api dan asap untuk berkomunikasi. Api biasanya dibuat oleh manusia untuk menandakan bahaya yang akan datang sedangkan asap menandakan kekalahan atau peringatan.

Mari Anda maju 5000 tahun ke depan pada abad dimana dinasti dan kerajaan melakukan politik, diplomatik dan huru-hara.

Mereka menggunakan api sebagai media komunikasi. Hanya saja, media ini lebih dikhususkan lagi. Api pada masa ini menandakan bahwa akan adanya serangan dari kerajaan lain.

Sampailah pada masa ini dimana api dan asap sudah jarang digunakan lagi untuk berkomunikasi, pada masa sekarang ini api dan asap digunakan untuk berkomunikasi di hutan, yang menandakan bahwa adanya kehidupan manusia yang sedang menjelajah ke sana.

6. Walkie Talkie

Walkie talkie ini adalah semacam radio komunikasi yang dikhususkan untuk menyampaikan pesan secara langsung dari sumber menuju penerima. Hanya saja media ini hanya mampu menyampaikan transmisi sejauh 10-25 km saja.

Teknologi ini adalah cikal bakal lahirnya telepon dan ponsel genggam, namun media ini masih sering digunakan untuk berkomunikasi jarak dekat misalnya di militer dan pabrik.

Fungsi Komunikasi dalam Bidang yang Ada

1. Bidang pendidikan

Pada bidang pendidikan komunikasi sangatlah penting, karena memang sudah seharusnya komunikasi antara pengurus sekolah dan guru serta guru dengan muridnya harus berjalan dengan lancar.

Sebab ilmu pengetahuan akan didapatkan dengan baik jika komunikasinya pun berjalan dengan baik.

2. Bidang Pengembangan Pengetahuan

Bidang pengembangan pengetahuan membutuhkan komunikasi untuk dapat berkembang dan menelusuri lebih lanjut tentang penelitian yang sedang dijalani bersama tim penelitian.

Tujuannya agar penelitian yang sedang dilakukan dapat berjalan lancar dan meminimalisasi hambatan.

3. Bidang Perniagaan/Perdagangan

Berdagang adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua orang dalam perdagangan. Komunikasi sangat dibutuhkan pula dalam bidang ini,

karena untuk memberikan informasi harga dan tawar menawar harga untuk menuju kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli maka dilakukanlah komunikasi sehingga keduanya dapat merasa puas.

4. Bidang Militer

Terlebih dalam bidang ini, dalam medan perang hilang komunikasi adalah hal yang sangat fatal, karena salah intruksi walaupun sedikit maka strategi yang sudah dirancang bisa berantakan.

Akibatnya banyak prajurit yang berguguran dan dapat menyebabkan kekalahan. Memang dalam hal militer komunikasi sangat berperan penting.

Itulah pembahasan tentang pengertian komunikasi, media dan fungsi dari komunikasi itu sendiri. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda mengerjakan tugas dan pekerjaan, menambah wawasan dan memberikan pencerahan.

Terimakasih sudah berkunjung.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *