Pengertian Accelerometer

2 min read

Deskripsi: Pengertian accelerometer, objek, fungsi dan prinsip kinerjanya.


Kamu mungkin sudah tidak asing dengan berbagai fitur pada smartphone yang responsif. Pernahkah kamu berfikir alat apa yang membuatnya demikian?

Fitur respon otomatis tentunya memberikan banyak kemudahan bukan? Berikut ulasan pengertian accelerometer dan informasi terkait lainnya yang bisa menambah wawasanmu.

Pengertian Accelerometer

Accelerometer hanya satu diantara banyaknya alat sensor otomatis untuk perangkat elektronik. Beberapa alat sensor sejenis adalah proximity, ambient light, gyroscope, serta digital compass.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, accelerometer menjadi salah satu yang umum digunakan pada smartphone.

Smartphone milikmu bisa jadi menggunakan alat sensor ini sehingga dapat merespons secara otomatis.

Dilihat dari namanya pun kamu bisa menebak bahwa alat ini berhubungan dengan kecepatan. Istilah tersebut berasal dari bahasa inggris acceleration yang berarti percepatan.

Pengertian accelerometer sendiri merupakan alat percepatan berbentuk chip yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu objek.

Objek Apa Saja yang Dapat Diukur Percepatannya dengan Accelerometer?

Accelerometer bisa mengukur percepatan dua jenis objek, yaitu :

1. Objek Statis

Dalam ilmu fisika objek statis merupakan benda yang tidak akan berubah bentuknya ketika diberikan suatu gaya pada objek tersebut.

Singkatnya, objek statis merupakan benda tidak bergerak  sehingga dalam hal ini accelerometer akan menghitung percepatan pada gravitasi bumi.

2. Objek Dinamis

Objek dinamis ketika diberi suatu gaya maka akan berubah bentuknya, sehingga objek ini merupakan objek bergerak. Accelerometer pun dapat menghitung percepatan objek bergerak ini.

Kinerja Accelerometer

Setiap alat elektronik memiliki prinsip kerja tersendiri, termasuk chip-chip di dalamnya. Begitu pula dengan accelerometer memiliki prinsip kerja sebagai berikut :

  1. Ketika konduktor digerakkan melalui suatu medan magnet dan sebaliknya, maka pada konduktor akan terjadi tegangan induksi.
  2. Pergerakan tersebut tentunya akan membuat perubahan pada medan magnet pada per atau kumparan.
  3. Dari proses secara fisika tersebut kamu bisa memahami secara singkat bahwa accelerometer bekerja seperti sebuah per atau kumparan. Sebuah kumparan dipasang beban kemudian beban tersebut bergerak karena dilepaskan hingga akhirnya berhenti di suatu keadaan tertentu.
  4. Ketika terjadi medan magnet berubah, akan terjadi guncangan sehingga per atau kumparan dengan beban tersebut akan bergerak kembali.

Kegunaan Accelerometer Pada Berbagai Fitur Gadget

1. Shake Control

Accelerometer menampilkan fungsi shake control dimana kamu bisa mengubah fitur hanya dengan menggoyangkan smartphone.

Misalnya saat hendak unlock atau lock screen hp tidak perlu menggunakan tombol power lagi, melainkan cukup menggoyangkan smartphone.

Setelah melakukan gerakan tersebut, maka sensor akan bekerja dan menjalankan fitur yang dimaksud.

Fungsi shake control dari accelerometer ini juga dapat mengubah fitur lagu yang sedang diputar ke list lagu berikutnya cukup dengan menggoyangkan smartphone.

2. Image Stabilization

Saat kamu merekam video dengan gadget, adanya accelerometer dapat lebih membuat gambar lebih stabil dan meminimalisir terjadinya blur.

3. Auto Rotation

Ketika kamu menggunakan smartphone, mungkin seringkali memanfaatkan fitur mengganti tampilan layar dari portrait menjadi landscape dan sebaliknya secara otomatis.

Disinilah salah satu peran accelerometer dimana ia akan membuat kontrol antarmuka sehingga pergantian tampilan layar pun mudah dilakukan.

4. Pedometer

Bagi pencinta olahraga mungkin sudah tidak asing dengan pedometer atau alat penghitung langkah.

Pedometer juga memanfaatkan teknologi dari accelerometer sehingga dapat memonitor banyaknya langkah saat berolahraga.

Banyak gadget yang memasang pedometer ini sehingga memudahkan saat berolahraga, misalnya dipasang pada smartwatch dan sepatu olahraga.

Selain bisa menghitung jumlah langkah, pedometer juga bisa menghitung jumlah kalori yang terbakar dan waktu bergerak bahkan bisa membuat sinkronisasi dengan pemutar musik seperti pada produk Ipod.

Kelebihan dan Kekurangan Acclerometer Dibanding Penghitung Percepatan Lainnya

1. Kelebihan:

  • Walaupun sistem sedang statis (tidak bergerak) accelerometer dapat mengukur secara lebih akurat pada sudut tegak lurus.
  • Harga yang lebih murah, bahkan banyak accelerometer yang dijual dengan harga Rp20.000,00 – Rp000,00. Tentunya cukup terjangkau mengingat fitur yang bisa dimanfaatkan.

2. Kekurangan:

  • Cenderung boros baterai karena membutuhkan energi listrik yang tinggi.
  • Accelerometer relatif lamban sehingga ketika terjadi pergerakan yang cepat, sensor pun kurang responsif.
  • Karena prinsip kerjanya dipengaruhi gaya gravitasi, accelerometer hanya bisa membaca dua sumbu yaitu sumbu atas dan bawah.

Accelerometer memang bisa memberikan fitur yang bermanfaat untuk perangkat elektronik atau gadget.

Tak heran kalau alat percepatan tersebut banyak digunakan dalam berbagai benda elektronik sehingga semakin memudahkan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *