Pengertian Brainware

3 min read

Deskripsi: Pengertian brainware dan contohnya, serta perannya dalam perusahaan.


Seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi yang semakin maju, fungsi dari komputer mulai berkembang setiap waktu.

Jika dulunya komputer hanya dapat digunakan untuk mengetik dan menghitung saja, namun kini sudah memiliki berbagai macam kegiatan yang membantu aktivitas.

Namun, tentunya komputer tidak dapat melakukan tugasnya sendiri. Dibutuhkan orang yang disebut Brainware dibalik semua pekerjaan tersebut.

Untuk lebih lanjut lagi, maka berikut ini penjelasan mengenai pengertian brainware dan contohnya.

Pengertian Brainware
pengertian brainware, via canva.com

Apa Itu Brainware?

Brainware merupakan seseorang yang mengoperasikan ataupun menggunakan suatu perangkat komputer.

Selain itu, brainware juga sering disebut dengan perangkat intelektual yang menjelajahi serta memakai perangkat keras atau hardware dan juga perangkat lunak atau software.

Pengguna dari komputer biasa disebut user. Baik itu brainware maupun user, keduanya memiliki peranan penting dalam pengoperasian komputer agar dapat melakukan berbagai macam tugas yang perlu untuk dilakukan.

Contoh Brainware

Brainware ini dibagi menjadi beberapa macam. Tentunya hal ini berhubungan dengan tugas yang dimilikinya masing-masing.

Namun, pekerjaan yang harus dilakukan juga masih berhubungan. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini beberapa contoh dari brainware.

1. Programer

Programer adalah orang yang memiliki kemampuan mengenai bahasa dalam pemrograman. Programer ini mempunyai peranan dalam pembuatan berbagai macam program yang dibutuhkan dalam sistem komputerisasi.

2. Administrator

Administrator merupakan seseorang yang mempunyai tugas untuk melakukan pengelolaan terhadap sebuah sistem operasi serta program yang hendak digunakan dalam komputer ataupun jaringan komputer.

Semua hal yang dilakukan harus memiliki izin dari Administratir terlebih dahulu.

3. Operator

Operator adalah seseorang yang bertugas untuk mejalankan sistem operasi dan juga program pada sebuah perangkat komputer.

Misalnya saja dalam hal perawatan sistem operasi dalam komputer, penyiapan berbagai macam data untuk diakses, dan masih banyak yang lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegitan contoh brainware di atas memiliki hubungan antara satu sama lain.

Dalam hal sistem komputer, dapat dikatakan bahwa brainware merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari perangkat lunak dan perangkat keras.

Hal ini karena hardware tidak akan dapat dijalankan tanpa adanya software. Sedangkan tanpa keberadaan brainware, maka hardware dan software juga tidak akan dapat dijalankan.

Jadi jika komputer akan digunakan, maka keberadaan dari tiga hal tersebut adalah wajib.

Brainware dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Brainware dalam dunia perbisnisan serta pengembangan perusahaan berarti orang ataupun sekelompok orang yang mempunyai kemampuan secara intelektual dalam melakukan eksplorasi pada jaringan sistem informasi manajemen perusahaan.

Pada umumnya, brainware dalam manajemen informasi perusahaan dibutuhkan untuk menghasillkan berbagai macam informasi yang berguna untuk keberlangsungan perusahaan maupun organisasi pada hal kompetisi. Hal ini karena sistem informasi memiliki peranan penting dalam hal persaingan.

Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan

Brainware merupakan orang yang mempunyai, mengawasi, membangun, serta mengendalikasn sistem infomasi pada sebuah oraganisasi atau bisnis.

Untuk mencapai tujuan sebuah bisnis yang diimplementasikan pada perusahaan, maka membutuhkan beberapa komponen sebagai berikut ini.

1. Sistem Analis

Sistem analis yakni orang yang memiliki tanggung jawab untuk perencanaan serta penelitian dalam pemilihan perangkat lunak dan juga kebutuhan yang sesuai dengan perusahaan atau organisasi bisnis yang lain. Seorang analis perlu mempunyai keahlian seperti taknis, manajerial, interpersonal, serta analisis.

2. Programer

Programer yakni orang yang mempunyai keahlian serta kemampuan dalam penguasaan salah satu ataupun lebih bahasa dalam pemrograman di dalam dunia komputerisasi.

Programer memiliki tugas untuk membuat serta mempersiapkan berbagai macam program yang mendukung sistem komputer yang dirancang.

3. Administrator

Orang yang mempunyai tugas serta kemampuan dalam hal pengelolaan suatu sistem operasi dan juga program yang sedang dijalakan pada sebuah komputer ataupun jaringan yang digunakan pada sebuah perusahaan ialah administrator.

Ada pula yang disebut dengan database administrator yang memiliki tanggung jawab secara langsung pada sistem database sebuah perusahaan yang memiliki tugas untuk mengelola, mengatur, serta menyimpan sebagai suatu arsip perusahaan yang tidak boleh hangus atau hilang.

4. Konsultan

Seorang brainware yang mempunyai pengetahuan di dalam bidang komputerisasi, akan tetapi biasanya tidak memiliki peran untuk melakukan penanganan secara langsung ialah konsultan. Hanya saja Ia sebagai seorang penasehat yang mumpuni dan handal.

Perusahaan ataupun bisnis membutuhkan komponen yang satu ini untuk melakukan pencarian solusi yang terkait dengan cara manajemen sistem informasi yang tetap.

Selain itu, juga dapat meminimalisasi adanya data yang tidak bisa dikelola dengan baik dan benar.

5. Project Manajer

Project manager dapat dikatakan sebagai seorang pemimpin atau komando dari sebuah project tertentu. Komponen ini juga biasa disebut dengan mandor. Pada sebuah bisnis atau perusahaan tertentu saja, terdapat beberapa project yang dipimpin oleh project manajer. Project manajer penting dalam hal pengawasan dan pengendalian.

Peranan Brainware dalam Perusahaan

Brainware mempunyai peranan secara langsung pada tingkat keoptimalan manajemen informasi sebuah perusahaan yang sedang dalam tahap perkembangan.

Beberapa peranan penting seorang brainware dalam perusahaan adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai pengendali serta pengawas pada jaringan komputerisasi yang ada di dalam perusahaan. Tidak adanya brainware, maka akan berakibat dalam kurangnya pengawasan dalam database perusahaan sehingga kemungkinan diretas dapat terus meningkat.
  2. Sebagai unit manajemen pada semua hal yang berhubungan dengan database yang ada di dalam komputer. Bisnis atau perusahaan perlu mempunyai komponen brainware sebagai kelompok orang yang mampu untuk melakukan pengelolaan majamenen informasi bisnis.
  3. Komponen brainware terutama pada manajer perusahan mempunyai pengaruh yang paling signifikan pada pelaksanaan sistem manajemen dalam menghasilkan sistem informasi secara akurat serta berguna untuk kelangsungan perusahaan yang sedang dikembangkan.
  4. Sebagai salah satu pihak yang menjadi pertimbangan dalam keputusan sebuah perusahaan dalam melakukan berbagai macam hal, terutama yang berhubungan dengan manajemen informasi pada perusahaan yang berhubgan tersebut.
  5. Seorang pemimpin perusahaan termasuk juga dengan brainware, yaitu sebagai CPU atau otaknya perusahaan untuk melakukan pengendalian arah usaha yang akan dibawa. Pemimpin yang tidak mempunyai kapasitas dalam bidangnya akan membuat kegagalan.
  6. Komponen brainware memiliki peranan dalam meminimalisiasi berbagai macam kemungkinan kegagalan yang akan terjadi dalam hal manajemen informasi perusahaan. Jadi, semua kegiatan dapat dilakukan secara lebih aman.

Sebuah perusahaan ataupun bisnis yang sedang pada tahap pengembangan, komponen berupa brainware tetap perlu untuk diupayakan dan harus dimiliki sebagai langkah yang lebih maju untuk menuju keteraturan dalam sistem informasi manajemen.

Sistem informasi yang baik dan benar akan menghasilkan berbagai macam informasi yang berguna dan bermanfaat secara langsung terhadap perkembangan yangs sedang dilalui oleh bisnis atau perusahaan berserta dengan keamanan yang dimilikinya.

Setelah mengetahui berbagai macam hal mengenai pengertian brainware dan contohnya serta brainware dalam manajemen informasi perusahaan di atas, tentunya Anda sudah paham betapa pentingnya komponen ini.

Untuk itu, Anda wajib memiliki brainware terutama untuk perusahaan Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *