Pengertian Linux

3 min read

Deskripsi: Pengertian Linux, sejarah, perkembangannya, macam-macam distro linux dan kelebihan linux.


Mayoritas masyarakat Indonesia dalam penggunaan komputer sudah menggunakan sistem operasi Windows.

Mungkin hal ini karena sistem operasi Windows masuk terlebih dahulu daripada sistem operasi yang lain.  Namun, banyak sistem operasi lain yang juga menarik untuk dicoba.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, sehingga banyak bermunculan berbagai sistem operasi selain Windows seperti halnya MacOS dan Linux.

Pada pembahasan kali ini, jenis sistem operasi yang akan dibahas adalah Linux. Untuk itu, berikut ini pengertian Linux.

Pengertian Linux
pengertian linux, via canva.com

Apa Itu Linux?

Linux merupakan sebuah software atau perangkat lunak sistem operasi yang bersifat open source dan gratis dalam penggunaannya maupun untuk disebarluaskan melalui lisensi dari GNU.

Linux ini adalah turunan dari Unix dan bisa digunakan untuk berbagai macam komputer.

Setiap pengguna Linux bisa mendapatkan software secara lengkap disertai dengan source codenya.  Bahkan, pengguna dapat memodifikasi ataupun mengubah source code tersebut secara legal dan pastinya di bawah lisensi dari GNU.

Awal Terciptanya Linux

Nama Linux diambil dari nama orang yang membuat sistem operasi tersebut yakni Linus Torvalds. Sistem operasi yang satu ini, mulai diperkenalkan dan dipublikasikan pada tahun 1991.

Semenjak itu, pengguna dari Linux semakin bertambah hingga saat ini.

Jenis Sistem Operasi Linux yang Populer

Sistem operasi Linux sudah memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia. Hal ini karena sistem operasi tersebut mempunyai banyak sekali keunggulan terutama pada sistem operasi server, Hal ini juga karena sifatnya yang gratis namun tetap handal.

Linux dalam pengoperasiannya telah mengalami banyak perkembangan. Beberapa jenis sistem operasi yang diusung oleh Linux di antaranya seperti Ret Hat, Fedora, Ubuntu, Debian, Elementary OS dan masih banyak yang lainnya.

Distro Linux

Distro Linux atau singkatan dari distribusi Linux adalah sebutan untuk sistem operasi Linux yang sudah terpaket dengan sebuah software tertentu.

Hal ini membuat tampilan antar muka dari berbagai fitur yang dibawa akan sesuai dengan keinginan yang membuatnya.

Kini sudah banyak sekali distro Linux yang dibuat seiring dengan perkembangan dari sistem operasi Linux itu sendiri.

Jika Anda penasaran dengan jenis-jenis sistem operasi Linux yang ada, berikut  contoh sistem operasi Linux yang dapat Anda gunakan.

1. Linux Debian

Linux Debian merupakan sistem operasi dari Linux yang sangat cocok apabila digunakan pada komputer server. Jenis sistem operasi Linux yang satu ini sudah ada sejak tahun 1999 dan terus mengalami perkembangan. Tentunya, Debian memiliki banyak keunggulan untuk komputer server.

2. Linux Red Hat

Linux Red Hat adalah salah satu sistem operasi dari Linux yang sangat populer dan memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia. Red Hat sudah mempunyai tampilan grafis yang dimulai ketika sedang melakukan instalasi. Ret Hat ada yang versi enterprise yang diperuntukkan untuk server.

3. Linux Ubuntu

Linux Ubuntu merupakan sistem operasi Linux yang distribusinya berbasis pada Linux Debian. Jenis sistem operasi Linux Ubuntu ini dapat digunakan untuk komputer server maupun komputer personal atau pribadi. Namun, Linux Ubuntu lebih cocok jika digunakan untuk komputer personal.

4. Linux Mint

Linux Mint merupakan kombinasi yang berbasis pada Linux Ubuntu dan juga Linux Debian. Sebenarnya, sistem operasi Linux ini adalah perkembangan dari jenis Linux Debian. Linux Mint lebih banyak digunakan pada komputer personal karena dirasa lebih cocok.

5. Linux CentOS

Linux CentOS merupakan sebuah sistem operasi Linux yang didistribusikan oleh perusahaan Red Hat. Jenis distro Linux ini diklaim mampu menyediakan platform dengan komputasi berkelas enterprise yang mempunyai kompabilitas kode biner sepenuhnya dengan sumber dari Red Hat.

6. Linux Fedora

Linux Fedora adalah distro Linux yang memiliki basis yum serta RPM. Jenis distro Linux yang satu ini dikembangkan oleh Fedora Project dan juga didukung oleh komunitas pemrograman, serta memperoleh sponsor Red Hat. Fedora memiliki keunggulan baik dari segi platform maupun aplikasi.

7. Linux SuSE

Linux SuSE atau openSUSE merupakan sebuah distro Linux yang bersifat open source. Keunggulan dari Linux SuSE ini yaitu terdapat pada kelengkapan pustaka yang dimiliki serta banyaknya aplikasi yang disediakan.

Selain itu, Linux SuSE juga memiliki support yang bagus dan juga mudah dalam melakukan deteksi hardware. Dapat dikatakan bahwa Linux SuSE ini merupakan salah satu distro Linux yang masih bertahan hingga saat ini dan terus mengalami perkembangan.

8. Linux BlankON

Linux BlankON merupakan sebuah distro Linux dengan basis Debian. Sistem operasi Linux yang satu ini dikembangan oleh tim pengembang BlankON Indonesia. Pengembangan dari Linux BlankON juga didukung oleh YPLI atau Yayasan Penggerak Linux Indonesia.

9. Elementary OS

Bisanya linux memang memiliki tampilan yang kurang begitu bagus. Berbeda dengan Elemnetray OS, adalah distro linux yang dikembagkan dari distro linux Ubuntu.

Tampilannya sangat cantik dan smooth, distro ini diperuntukan untuk pengguna desktop tentunya. Bagi kamu yang suka grafis distri linux ini sangat pas untuk kamu gunakan sebagai alternatif windows dan Mac OS.

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Linux menjadi salah satu sistem operasi yang memiliki banyak sekali pengguna dari seluruh dunia. Tentunya Linux juga memiliki banyak kelebihan yang tidak perlu untuk diragukan lagi.

Oleh sebab itu, berikut kelebihan dari sistem operasi Linux.

  1. Sistem operasi Linux bersifat open source serta gratis untuk digunakan. Hal ini membuat Anda tidak membutuhkan lisensi secara khusus. Jika Anda menggunakannya secara legal, maka Anda juga dapat memodifikasi sistem operasi yang satu ini.
  2. Linux mampu menyediakan keamanan yang tangguh karena bersifat multiuser. Jadi, jika ada salah satu user yang terkena serangan virus, maka virus tersebut akan sulit untuk tersebar ke user yang lain.
  3. Untuk saat ini, sudah banyak sekali aplikasi Linux yang biasanya digunakan pada sistem operasi Windows. Jadi, bagi Anda yang merupakan pengguna pemula, tidak perlu khawatir dengan berbagai macam aplikasi yang disediakan oleh Linux.
  4. Linux mampu menyediakan tampilan GIUI yang bagus dan keren. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memodifikasi tampilan GIUI tersebut dengan banyaknya variasi tampilan yang dihadirkan oleh pihak Linux.
  5. Untuk sistem operasi khususnya server, Linux tergolong dalam sistem operasi yang handal dan pastinya gratis untuk diperoleh. Banyaknya kelebihan untuk sistem operasi server, maka banyak yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi komputer server.
  6. Jika beberapa sistem operasi lain memerlukan banyak ruang penyimpanan, hal ini berbeda dengan Linux yang hanya membutuhkan sedikit ruang penyimpanan dalam instalasi pada komputer Anda.
  7. Linux bisa dikembangkan oleh siapa saja. Maka dari itu, tidak diherankan lagi jika Linux ini memiliki komunitas yang sangat banyak.
  8. Bisa dibilang bahwa Linux memiliki sifat yang stabil ketika dioperasikan. Selain itu, sistem operasi yang satu ini jarang sekali mengalami crash ataupun eror.

Jika Anda sudah mengerti pengertian Linux dan juga memahami mengenai distro serta kelebihan dari Linux, selanjutnya Anda dapat menentukan apakah sistem operasi tersebut cocok untuk Anda gunakan ataupun tidak.

Untuk menambah pemahamanmu tentang linux, lihat video berikut ini:

Baca juga: Pengertian Kernel

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *