Pengertian Budaya

3 min read

Deskripsi: Pengertian Budaya, ciri-ciri, unsur, fungsi, dan contoh budaya.


Budaya merupakan suatu unsur yang tak pernah bisa lepas dari masyarakat.

Budaya sendiri merupakan suatu gaya hidup yang berkembang di dalam suatu kelompok masyarakat tertentu, kemudian diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Berbagai aspek kehidupan mulai dari adat istiadat, agama, politik, dan aspek lainnya juga sangat dipengaruhi budaya.

Untuk mengetahui pengertian, ciri-ciri, unsur, fungsi, dan contoh budaya secara lebih lengkap, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

pengertian budaya
pengertian budaya

Pengertian Budaya

Budaya adalah sesuatu yang berasal dari pikiran, adat istiadat, dan kebudayaan yang berkembang di dalam masyarakat, serta menjadi suatu kebiasaan yang sulit diubah.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian budaya antara lain sebagai berikut:

1. Linton

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Linton, budaya merupakan keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan, yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat tertentu dan diwariskan secara turun-temurun.

2. E.B Taylor

Budaya menurut E.B Taylor merupakan suatu kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, moral, adat istiadat, kesenian, hukum, dan lain sebagainya.

Serta merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh manusia sebagai anggota masyarakat atau kelompok tertentu.

3. Ki Hajar Dewantara

Budaya merupakan hasil dari usaha perjuangan yang dilakukan oleh manusia dalam kelompok masyarakat tertentu terhadap alam serta zaman.

Hal tersebut memberikan bukti berupa kejayaan, kemakmuran, serta kemampuan menghadapi, dan menyikapi berbagai kesulitan dalam hidup.

4. Parsudi Suparian

Budaya menurut pendapat Parsudi Suparian merupakan keseluruhan pengetahuan yang dimiliki manusia dan bermanfaat untuk memahami lingkungan dan pengalaman yang mereka alami.

5. Koentjaraningrat

Pengertian Budaya menurut pendapat Koentjaraningrat adalah segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan/atau mengubah alam di sekitarnya.

Ciri-ciri Budaya

Setelah memahami pengertian budaya menurut para ahli, budaya juga memiliki karakteristik atau ciri-ciri tertentu antara lain sebagai berikut:

  • Bersifat universal (umum) meskipun perwujudannya memiliki ciri atau karakteristik khusus menyesuaikan dengan situasi dan lokasi budaya tersebut tumbuh dan berkembang.
  • Bersifat dinamis artinya budaya dapat berubah sepanjang waktu atau menyesuaikan perkembangan zaman.
  • Bersifat selektif artinya mampu mencerminkan sikap atau pola perilaku manusia secara terbatas.
  • Budaya mempunyai unsur-unsur yang saling berkaitan yang dapat mengisi, menuntun, dan menentukan jalan kehidupan manusia.

Unsur Budaya

Koentjaraningrat menyatakan pendapatnya bahwa budaya mengandung beberapa unsur. Unsur-unsur budaya antara lain sebagai berikut ini:

1. Kesenian

Kesenian merupakan salah satu unsur dari budaya karena bentuk seni berkaitan erat dengan nafsu, hasrat, dan keinginan manusia terhadap suatu keindahan.

Bentuk-bentuk kesenian antara lain seni rupa, seni tari, seni suara, dan lain sebagainya.

2. Pengetahuan

Budaya juga mengandung unsur pengetahuan mengenai keadaan atau kondisi lingkungan manusia dan sifat peralatan yang digunakan.

Budaya sebagai sistem pengetahuan meliputi ruang dan waktu, ruang pengetahuan alam, perilaku dan sifat manusia, tumbuhan dan hewan, dan pengetahuan lainnya.

3. Bahasa

Bahasa juga menjadi salah satu unsur dan bagian dari budaya karena mampu menjadi media perantara untuk berkomunikasi, sehingga dapat menciptakan, mewujudkan, dan mempraktekkan budaya tersebut.

4. Mata Pencaharian

Sebagai makhluk ekonomi, semua aktivitas yang dilakukan manusia memiliki tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti bercocok tanam, berdagang, berkebun, berburu, mencari ikan, dan lain sebagainya.

Mata pencaharian juga tidak lepas dari budaya yang ada di lingkungan masyarakat.

Sebagai contoh misalnya penduduk yang tinggal di sekitar pesisir pantai akan memiliki budaya mencari ikan di laut sebagai sumber penghasilan.

Karena itu, mata pencaharian utama mereka yaitu menjadi nelayan.

5. Agama/Religi

Budaya mencakup banyak unsur, salah satunya adalah agama atau religi.

Religi atau agama yang berkembang di masyarakat saling berkaitan dengan budaya yang muncul di dalamnya yang mencakup keyakinan, pandangan hidup, upacara keagamaan, komunikasi agama, dan lain-lain.

6. Peralatan Teknologi Hidup

Unsur budaya selanjutnya adalah peralatan teknologi hidup yang mencakup banyak hal seperti sifat dan tindakan/perilaku manusia.

Unsur budaya yang satu ini berkaitan dengan kegiatan pemrosesan bahan baku mentah dan cara pengumpulannya, yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

7. Sistem Kemasyarakatan

Budaya juga mencakup unsur kemasyarakatan dimana sekumpulan masyarakat yang saling berempati dan memiliki kesamaan atau berada dalam sistem kekerabatan. Sistem kemasyarakatan ini dimulai dari keluarga yang menjadi suatu dasar dari sistem kemasyarakatan.

Keterkaitan budaya dengan kemasyarakatan yaitu budaya yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat akan dijadikan sebagai pedoman dan tuntunan dalam berperilaku.

Dalam jangka waktu yang lama, budaya akan tumbuh menjadi kebiasaan dan berperan penting dalam pewarisan budaya.

Fungsi Budaya

Berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya, budaya memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat di suatu kelompok, peradaban, atau lokasi tertentu.

Fungsi dan kegunaan budaya antara lain sebagai berikut:

1. Identitas

Fungsi budaya berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni memiliki fungsi sebagai identitas yang menunjukkan peradaban suatu kelompok masyarakat atau wilayah tertentu.

Sebagai contoh misalnya budaya yang dimiliki oleh suku Jawa akan berbeda dengan suku Toraja.

2. Penentu Batas

Selain sebagai identitas, budaya juga berfungsi sebagai penentu batas yang menciptakan adanya perbedaan antara satu kelompok dengan kelompok masyarakat lainnya.

Dengan demikian, setiap kelompok atau negara akan memiliki keunikannya masing-masing.

3. Pembentuk Perilaku Masyarakat

Budaya merupakan wujud dari struktur sosial yang berasal dari gagasan dan pemikiran manusia yang dilakukan secara berulang, hingga membentuk suatu kebiasaan dan membentuk perilaku manusia.

Budaya juga berfungsi untuk mengendalikan dan menuntun perilaku sekelompok masyarakat.

4. Komitmen

Budaya berfungsi sebagai sebuah komitmen dimana budaya akan memberikan fasilitas kepada suatu kelompok masyarakat yang bernilai lebih besar, dibandingkan kepentingan dari masing-masing individu.

5. Media Komunikasi

Budaya mencakup berbagai unsur, salah satunya adalah unsur bahasa. Baik secara lisan maupun tulisan, bahasa berguna sebagai sarana komunikasi.

Oleh karena itu, budaya berfungsi sebagai media komunikasi yang bermanfaat untuk menyampaikan pesan atau makna tertentu.

Contoh Budaya

1. Karapan Sapi

Karapan sapi merupakan salah satu budaya khas yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur.

Karapan sapi sendiri adalah perlombaan pacuan sapi, dimana sepasang sapi akan menarik sebuah kereta yang terbuat dari

kayu untuk diadu kecepatannya dengan pasangan sapi lainnya.

Karapan Sapi Madura
inspirasipagi.id

2. Ngaben

Ngaben merupakan sebuah upacara pembakaran mayat atau jasad yang menjadi budaya masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, upacara ini bertujuan menyucikan roh orang yang meninggal untuk menuju ke tempat peristirahatan terakhir.

Upacara Ngaben Bali
factsofindonesia.com

3. Batik

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang sudah sangat terkenal dan diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia secara turun-temurun.

Batik sendiri merupakan kain dengan motif atau corak tertentu yang dibuat menggunakan malam dan canting.

Budaya Batik
uzone.id

Penjelasan mengenai pengertian budaya dan fungsinya bagi kehidupan secara yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Di Indonesia sendiri terdapat beraneka ragam budaya yang menjadi bagian dari kekayaan bangsa dan wajib dilestarikan serta dijaga dengan sebaik-baiknya.

                                     
           

UX / User Experience

Deskripsi: Pengertian User Experience (UX), fungsi, dan penggunaannya. User...
Hans
2 min read

Cara Membuat Infografis

Deskripsi: Cara membuat Infografis agar konten semakin mudah di...
Hans
3 min read

Buku Pengembangan Diri

Deskripsi: Buku Pengembangan Diri. Salah satu kunci untuk meraih...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *