Pengertian Corel Draw

3 min read

Pengertian Corel Draw – Bagi yang menggeluti dunia desain tentu tidak asing dengan beberapa software seperti sketchUp, PhotoShop hingga Corel Draw.

Wajar karena beberapa software yang disebutkan sering digunakan untuk mendesain segala hal yang diperlukan. Corel Draw disebut sebagai editor grafik vektor yang paling terkenal bagi para pecinta desain.

Wajar karena fitur didalamnya lengkap sehingga mempermudah kegiatan desain penggunanya. Software ini memiliki berbagai versi yang bisa dipakai.

Mulai dari versi pertama hingga CorelDraw Graphics Suite 2019 untuk vesi terbarunya. Lantas apa pengertian Corel Draw? Fungsi software ini apa?

Untuk informasi lengkapnya, ikuti pembahasan berikut.

Apa itu Corel Draw
pengertian corel draw, via canva.com

Apa itu Corel Draw?

Secara umum, Corel Draw adalah perangkat lunak editor grafik berjenis vektor yang dipublikasikan Corel Corporation. Perusahaan ini adalah perusahaan bidang perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada.

Berbeda dengan software jenis lainnya, software populer ini dipakai untuk mengolah gambar yang selanjutnya dipublikasikan ke masyarakat.

Kebanyakan software editor ini digunakan di pusat percetakan hingga bidang lain yang memperlukan visualisasi produk supaya lebih menjanjikan.

Softwarenya memiliki banyak fitur berbeda sehingga menambah nilai vektor untuk desain yang sedang dikerjakan.

Banyak editor yang memakai perangkat lunak ini. Meskipun untuk versi resminya, pengguna harus mengeluarkan dana besar.

Fungsi Corel Draw

Setelah paham pengertian Corel Draw, berikutnya beralih ke fungsi software ini. Corel Draw memberi beragam fitur yang menjadi keunggulannya.

Sebagai software yang cocok untuk visualisasi desain, wajar jika Corel Draw mampu memberi hasil gambar desain yang berkualitas tinggi dan tidak kalah dengan software lainnya.

Bahkan hasil gambarnya bisa dibandingkan dengan kualitas bitmap yang jauh lebih tinggi dibanding vektor.

Menariknya, pengguna dapat menggabungkan tulisan dan gambar dengan cepat dan mudah layaknya ketika memakai Photoshop. Untuk jelasnya, simak fungsi Corel Draw berikut

1. Membuat logo

Bisa disebut fungsi yang paling ketara dari Corel Draw adalah software yang dipakai untuk membuat logo. Logonya memiliki dua dimensi dengan beragam bentuk dan warna pilihan didalamnya.

Alasan utama kenapa pengguna sering memakai Corel Draw untuk membuat logo adalah proses manipulasi garis untuk logo mudah dilakukan dibanding software lain.

2. Membuat desain undangan dan brosur

Fungsi lain penggunaan Corel Draw adalah untuk membuat desain undangan dan brosur sesuai kebutuhan. Didalam software ini, pengguna mendapat pilihan front yang melimpah.

Bahkan setiap front bisa digabungkan dengan gambar sehingga menghasilkan desain yang benar-benar apik dan menarik.

Ini alasan kenapa kebanyakan desainer menggunakan Corel Draw untk membuat undangan dan brosur.

3. Membuat Sampul Buku

Sampul buku umumnya membutuhkan pewarnaan yang maksimal agar lebih menarik.

Menggunakan Corel Draw adalah pilihan terbaik untuk membuat sampul buku karena lebih banyak pilihan warna dan teknik pewarnaan dididalamnya.

Bahkan detail gambar yang ada juga sempurna dan lebih jelas dengan memakai Corel Draw.

4. Membuat desain ilustrasi

Ketika ingin mendesain ilustrasi, kebanyakan desainer lebih sering menggunakan Corel Draw. Wajar karena didalamnya fitur yang tersedia lebih bisa diandalkan dan mudah digunakan.

Untuk membuat lengkung dan garis, software ini lebih bisa diandalkan dibanding software lain. Pasalnya hasil garisnya leih akurat dan tidak pecah-pecah.

5. Pembuatan kartun

Jika beranggapan untuk membuat kartun harus menggunakan software yang rumit, maka anggapan itu salah. Pasalnya, Anda bisa membuat kartu menggunakan software sederhana seperti Corel Draw.

Pembuatan kartu 2D bisa dilakukan dengan Corel Draw. Tenang hasil kartu yang Anda hasilkan tidak kalah dengan software lain. Bahkan jika memiliki sisi kreatifitas yang tinggi, hasilnya akan lebih baik.

Kegunaan Corel Draw

Corel Draw memiliki beberapa kegunaan yang nyatanya memang dipakai di kehidupan sehari-hari. Adapun kegunaan yang sering ditemui di Corel Draw adalah:

  1. Digunakan untuk membuat berbagai pola dari desain logo maupun simbol, khususnya logo untuk dua dimensi yang ada di sekitar. Corel Draw menyediakan fitur yang mampu mengolah warna dan garis dengan baik yang akhirnya mengjhasilkan logo yang sempurna untuk desainer.
  2. Software yang digunakan untuk mendesain berbagai kebutuhan publikasi offline dan juga periklanan seperti undangan, brosur, leaflet dan berbagai kebutuhan lainnya.
  3. Softwarenya mampu membaca berbagai front yang sering dipakai ketika melakukan editing. Hal tersebut lantas memberi kemudahan pengguna untuk menyalurkan kreatifitas dalam bentuk tulisan dan desain.
  4. Corel Draw sering digunakan untuk mendesain cover dan sampul buku dengan tingkat pewarnaan yang maksimal dan hasil yang mumpuni.
  5. Corel Draw digunakan untuk membuat gambar-gambar ilustrasi yang sering ada di sekitar kita. Khususnya berbagai gambar yang memperlukan sudut, lengkung dan garis secara sempurna. Tidak heran karena Corel Draw mempunyai ukuran akurasi tinggi sehingga bagus jika diterapkan.

Kelebihan Corel Draw Dibanding Software Sejenisnya

Setiap software pasti memiliki kelebihan berbeda yang membuatnya banyak digunakan. Hal tersebut berlaku untuk software editor vektor seperti Corel Draw.

Untuk software Corel Draw, beberapa kelebihan tersebut bisa dibandingkan dengan software lain sejenisnya. Berikut kelebihan Corel Draw yang dimaksud adalah:

  • Gambar editing menggunakan Corel Draw adalah vektor yang membuat penggunanya bisa menekat ukuran gambar ke tingkat terendah. Meskipun demikian hasil gambarnya tetap tajam dan tidak ada yang pecah ataupun blur. Bahkan kualitas gambarnya tidak kalah dengan gambar yang dihasilkan bitmap.
  • Corel Draw mempunyai tampilan yang begitu friendly untuk para penggunanya. Jadi tidak heran jika para pengguna pemula tidak akan terlalu kesulitan untuk mempelajari berbagai tools yang disediakan.
  • Ingin mengkolaborasi teks dan gambar? Tenang saja software ini sangat cocok digunakan. Pasalnya hasil kolaborasinya benar-benar apik dan tidak kalah dengan software lainnya.
  • Corel Draw memiliki komunitas melimpah di internet. Jadi Anda bisa banyak belajar dan kenalan dengan penggua lainnya.
  • Softwarenya menyediakan banyak format file yang bisa dipakai. Menariknya format file yang disediakan begitu populer sehingga bisa disesuaikan dengan keperluan import dan export. Contohnya ada DWG- AutoCAD PDF, PSD- Adobe Photoshop dan berbagai format file lainnya.,
  • Corel Draw juga termasuk mudah digunakan. Bahkan didalamnya ada fitur help hingga bantuan online. Ada juga berbagai menu yang mudah dipelajari dan sangat familiar untuk para penggunanya.
  • Corel Draw menyiapkan berbagai tools yang bisa dipakai. Beberapa tools yang dimaksud adalah editing, selection, efek dan sebagainya. Semua itu bisa digunakan untuk menghasilkan editing yang bagus dan sesuai dengan yang diharapkan. Menariknya, setiap tools dapat digunakan tanpa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.
  • Dibanding software lain, Corel Draw memiliki harga yang terjangkau dengan fitur lengkap didalamnya. Bahkan ada yang gratis dengan fitur terbatas untuk Anda gunakan.

Itu pengertian corel draw, fungsi dan kegunaannya di proses editing yang sering dilakukan. Setiap software editor punya kelebihan masing-masing dan tugas masing-masing.

Semua hasilnya menyesuaikan kreatifitas penggunanya. Ikuti komunitas di kota Anda atau internet untuk menambah ilmu.

                                     
           

Website Buat Logo Online

Deskripsi: Rekomendasi website buat logo online gratis dan mudah....
Hans
3 min read

Cara Membuat NPWP Online

Deskripsi: Cara membuat NPWP online dengan mudah. Membayar pajak...
Hans
4 min read

Cara Membuat Daftar Isi

Deskripsi: Cara membuat daftar isi otomatis dan manual dengan...
Hans
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *