Pengertian Flowchart

5 min read

Deskripsi: Pengertian flowchart, simbol sombol flowchart, fungsi dan contoh penerapan flowchart.


Jika Anda pernah mempelajari sedikit tentang materi informatika tentu mengenal tentang jenis diagram atau simbol satu ini yang disebut sebagai flowchart.

Bentuknya menyerupai skema atau bagan sehingga biasa juga disebut diagram flowchart atau simbol flowchart. Keberadaannya sangat penting bagi Anda untuk menggambarkan sistem urutan proses dengan detail.

Flowchart ini sebenarnya bisa dibuat dengan mudah sesuai dengan tujuan Anda untuk menerapkannya pada bidang tertentu.

Tetapi bagi Anda yang belum berpengalaman membuatnya, lebih baik pahami terlebih dahulu tentang pengertian flowchart.

Sekaligus dengan jenis, fungsi, lengkap beserta beragam contoh diagram flowchart.

Pengertian Flowchart
pengertian flowchart, via canva.com

Pengertian Flowchart

Perlu Anda ketahui bahwa diagram flowchart dengan simbol flowchart pada dasarnya sangat berbeda.

Namun, diagram flowchart ini hanya bisa dibuat dengan berbagai jenis simbol flowchart yang ada pada software komputer yang sering diterapkan pada file dokumen, presentasi, dan jenis file lainnya.

Flowchart bisa dipahami sebagai aneka gambar dengan bentuk yang sangat beragam, mulai dari lingkaran, elips, segitiga, jajar genjang, serta simbol bangun datar lainnya.

Simbol flowchart juga ada yang berupa garis datar, tegak, dan lengkung biasa, atau garis panah dengan berbagai macam arah.

Simbol-simbol flowchart tersebut bisa disusun membentuk pola sedemikian rupa dengan tujuan tertentu sesuai ketentuan penggunanya.

Hasil akhir dari penyusunan simbol flowchart ini berupa bagan atau skema, dan lebih populer disebut sebagai diagram flowchart.

Semua orang bisa menyusun diagram atau bagan tertentu menggunakan simbol flowchart dengan sangat mudah.

Untuk membuat suatu bagan dengan simbol flowchart sebenarnya tidak membutuhkan rumus atau teknik khusus tertentu yang sifatnya absolut dan tidak dapat diubah.

Flowchart merupakan simbol yang nantinya dijadikan sebagai bagan untuk menjelaskan berbagai hal. Sistem perancangan flowchart secara khusus memiliki tiga tahapan yakni input, proses, dan output.

Simbol flowchart bisa digunakan dan diterapkan pada beberapa sistem atau model perangkat lunak sesuai dengan penanamannya pada software tertentu.

Karena flowchart memiliki tujuan penting untuk menggambarkan berbagai rencana atau alur program dalam berbagai model.

Semuanya disesuaikan dengan tujuan dan perangkat yang membutuhkan sistem flowchart.

Jenis-Jenis Flowchart

Flowchart sebenarnya memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda, namun umumnya hal ini sangat jarang diketahui oleh semua pengguna yang menyusun bagan tertentu.

Bahkan kebanyakan para pengguna memilih simbol flowchart secara bebas karena bentuknya yang cukup menarik.

Agar Anda bisa memilih simbol flowchart dengan tepat sesuai fungsinya untuk membuat alur program yang tersusun secara rapi. Pahamilah beberapa jenis simbol flowchart yang beserta fungsinya sebagai berikut.

1. Flowchart Sistem

Merupakan simbol atau bagan yang bentuk alurnya sangat cocok dijadikan untuk menggambarkan proses berjalannya suatu sistem.

Anda bisa menunjukkan alur pekerjaan atau tugas tertentu secara rinci dan tertata dengan memilih simbol flowchart satu ini.

2. Flowchart Dokumen

Flowchart dokumen adalah simbol yang sangat umum untuk menggambarkan alur pada suatu dokumen kerja.

Simbol ini sangat cocok untuk dipilih ketika Anda sedang membuat laporan atau proses penyusunan rencana atau program tertentu lewat dokumen.

3. Flowchart Proses

Sesuai dengan namanya, bahwa flowchart proses memiliki fungsi umum yang digunakan untuk menggambarkan tahapan dari proses kegiatan tertentu.

Simbol flowchart satu ini seringkali digunakan ketika pengguna sedang menyusun program perusahaan atau prosedur yang baik dari kegiatan produksi secara bertahan dan berurutan.

4. Flowchart Skematis

Simbol flowchart skematis sangat cocok dipilih ketika Anda sedang menyusun bagan dari sistem kegiatan tertentu yang sedang direncanakan.

Bentuknya cukup unik karena menyerupai bagan skematik untuk mennggambarkan berjalannya proses dari sistem tertentu.

5. Flowchart Program

Simbol flowchart satu ini memiliki bentuk yang berupa tumpukan secara urut sehingga sangat cocok untuk menggambarkan tahapan suatu program kegiatan.

Anda bisa mengeditnya agar lebih sesuai dengan alur berjalannya program sesuai dengan tahapan yang benar dan sistematis secara menyeluruh pada sebuah program.

Jenis simbol flowchart sebenarnya terdapat dalam jumlah yang sangat banyak mencapai puluhan simbol yang memiliki fungsi masing-masing.

Anda bisa memilihnya secara bebas sesuai dengan tujuan Anda untuk menyusun bagan tertentu. Karena bentuk simbol flowchart telah disesuaikan dengan kebutuhan dalam menyusun dokumen secara terarah.

Dari simbol flowchart tersebut Anda juga bisa menggambarkan tentang kondisi atau perilaku pada sistem komputer yang kemudian disusun menjadi sebuah bagan.

Makna simbol flowchart lainnya juga mengarah pada berbagai kegiatan yang seringkali dijalankan oleh sistem pada komputer.

Fungsi Flowchart

Pembuatan simbol flowchart yang diterapkan di setiap program pengolahan dokumen tentu memilik fungsi yang sangat penting.

Berikut adalah beberapa fungsi umum penggunaan flowchart di suatu file presentasi atau dokumen lainnya.

1. Merencanakan Program Sesuai dengan Alur yang Terarah

Flowchart tidak hanya berguna untuk para user yang memanfaatkan komputer dengan tujuan tertentu.

Tetapi juga penting bagi para programmer untuk mengembangkan sebuah sistem dengan bantual alur dari simbol flowchart.

Pemakaian flowchart sesuai dengan bentuk dan fungsinya akan memberikan gambaran jelas untuk memastikan kinerja program.

2. Melakukan Pengembangan Aplikasi Atau Perangkat Lunak Tertentu

Flowchart berguna untuk menuliskan beragam informasi dan data penting untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak atau aplikasi.

Anda tidak perlu lagi menjelaskan atau menuliskannya panjang lebar. Karena di dalam simbol flowchart Anda diharuskan memilih penggunaan kalimat yang singkat, padat dan jelas ketika mengembangkan aplikasi.

3. Menganalisis dan Mengamati Seluruh Rancangan Program

Ketika Anda telah menyusun flowchart menjadi sebuah bagan atau skema tertentu maka Anda bisa mengamati program secara keseluruhan.

Anda juga bisa menganalisis detil tahapan dibentuknya suatu program. Diagram flowchart sangatlah cocok untuk menggambarkan alur dalam penyusunan atau pengembangan program aplikasi tertentu.

Simbol Flowchart

Flowchart memiliki simbol-simbol tersendiri dari setiap anotasi- anotasi geometri yang digunakan.

Dibawah ini beberapa simbol flowchart yang paling sering digunakan dalam pembuatan sebuah sistem, sedangkan lainnya jarang digunakan, kecuali dalam pembuatan proses yang begitu komplek dan sangat rumit.

simbol flowchart terminator Terminal Point Symbol / Simbol Titik Terminal, menunjukkan permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu proses.
simbol flowchart flow direction Flow Direction Symbol / Simbol Arus,merupakan simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lain (connecting line). Simbol arus ini juga berfungsi untuk menunjukkan garis alir dari proses.
simbol flowchart proses Processing Symbol / Simbol Proses, merupakan simbol digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh komputer. Pada bidang industri (proses produksi barang), simbol ini menggambarkan kegiatan inspeksi atau yang biasa dikenal dengan simbol inspeksi
simbol flowchart decision Decision Symbol / Simbol Keputusan, yakni simbol yang digunakan untuk memilih proses atau keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Simbol ini biasanya ditemui pada flowchart program.
simbol flowchart input output Input-Output / Simbol Keluar-Masuk, yakni simbol yang menunjukkan proses input-output dalam dalam flow yang terjadi tanpa bergantung dari jenis peralatannya.
simbol flowchart predefined proses Predefined Process / Simbol Proses Terdefinisi, yakni simbol yang digunakan untuk menunjukkan pelaksanaan suatu bagian prosedur (sub-proses). Dengan kata lain, prosedur yang terinformasi di sini belum detail dan akan dirinci di tempat lain
simbol flowchart connector Connector (On-page), simbol ini fungsinya adalah untuk menyederhanakan hubungan antar simbol yang letaknya berjauhan atau rumit bila dihubungkan dengan garis dalam satu halaman
simbol flowchart off page connector Connector (Off-page), sama seperti on-page connector, hanya saja simbol ini digunakan untuk menghubungkan simbol dalam halaman berbeda. Label dari simbol ini dapat menggunakan huruf atau angka
simbol flowchart symbol preparation Preparation Symbol / Simbol Persiapan, merupakan simbol yang digunakan untuk mempersiapkan penyimpanan di dalam storage.
simbol flowchart manual input Manual Input Symbol, yakni simbol yang digunakan untuk menunjukkan input data secara manual menggunakan online keyboard.
simbol flowchart operasi manual Manual Operation Symbol / Simbol Kegiatan Manual, simbol yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan/proses yang tidak dilakukan oleh komputer.
simbol flowchart dokumen Document Symbol, jika Anda menemukan simbol ini artinya input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas, atau output yang perlu dicetak di atas kertas.
simbol flowchart multiple document Multiple Documents, sama seperti document symbol hanya saja dokumen yg digunakan lebih dari satu dalam simbol ini
simbol flowchart display Display Symbol, adalah simbol yang menyatakan penggunaan peralatan output, seperti layar monitor, printer, plotter dan lain sebagainya
simbol flowchart delay Delay Symbol, sesuai dengan namanya digunakan untuk menunjukkan proses delay (menunggu) yang perlu dilakukan. Seperti menunggu surat untuk diarsipkan dll
Movement Symbol, menunjukkan suatu proses pemindahan (movement), misalnya saja pemindahan material , pengangkatan barang dan sebagainya.
Storage
Collate
Sort
Merge
Database
Internal Storage

Contoh Pengunaan Simbol Flowchart

Jika Anda telah memahami dasar pengertian simbol flowchart, maka tentu mengetahui secara sekaligus tentang beragam contohnya.

Karena simbol flowchart umumnya memiliki aneka bentuk berupa bangun datar secara lengkap, Serta beberapa bentuk berupa garis tegak lurus, garis panah, dan sebagainya.

Sementara contoh dari bagan yang berasal dari beberapa pilihan simbol flowchart yang dapat digabung dan dipadukan antar satu jenis simbol dengan jenis lainnya sangatlah beragam.

Karena bagan tersebut bisa dibuat secara bebas berdasarkan ide dan kreasi si penyusun bagan. Namun, tetap memperhatikan unsur atau informasi utama yang dituangkan pada bagan tersebut

Contoh umum yang bisa Anda pahami, misalnya membuat perencanaan pengembangan suatu program komputer. Diawali dengan simbol berbentuk oval yang berfungsi untuk menandakan suatu permulaan.

Kemudian untuk ke tahap selanjutnya Anda perlu menambahkan simbol anak panah, ke arah sesuai dengan penyusunan bagan dan diikuti oleh simbol lain sesuai fungsinya.

Setelah Anda memaca keseluruhan penjelasan tentang pengertian simbol flowchart dengan jenis sekaligus fungsinya.

Maka selanjutnya Anda dapat membuatnya sesuai dengan tujuan dan alur yang tepat berdasarkan kebutuhan bidang Anda untuk membuat alur program yang terarah.

Baca juga: Pengertian UML (Unified Modeling Language)

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *