Pengertian Komunikasi Daring

3 min read

Deskripsi: Mengenal Lebih Dekat tentang Pengertian Komunikasi Daring dalam Kehidupan Sehari-hari.


Internet merupakan salah satu hasil kemajuan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya internet, komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah dan lebih murah.

Adanya internet tentu tak lepas dari adanya jaringan yang tersebar di seluruh penjuru bumi. Melalui persebaran jaringan internet itulah dikenal adanya istilah daring.

Istilah daring dalam dunia komunikasi dan informasi bukanlah hal baru yang tabu.

Bahkan sekarang, segala aspek komunikasi jarak jauh yang dilakukan manusia modern mengacu pada sistem daring ini.

Lalu, apa pengertian daring yang sebenarnya? Apakah hubungan daring dengan komunikasi manusia secara modern?

Pengertian Daring dalam Dunia Komunikasi

Dalam istilah bahasa Inggris, kita mengenal kata ‘online’. Istilah ini bahkan diketahui oleh hampir seluruh orang, karena sangking seringnya kita mendengar segala hal yang dikaitkan dengan kata ‘online’ tersebut.

Kata ‘online‘ merupakan kata yang memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia yakni ‘daring‘.

Daring merupakan kependekan dari ‘dalam jaringan‘, yang jika dikaitkan dengan komunikasi, berarti sebuah cara yang dilakukan untuk bertukar informasi atau pesan dalam sebuah jaringan internet.

Komunikasi yang terjadi dalam dunia daring ini dinamakan sebagai komunikasi dunia maya atau istilahnya cyberspace.

Komponen Komunikasi Daring

Contoh komunikasi daring (dalam jaringan) atau komunikasi dunia maya diantaranya seperti penggunaan whatsapp, line, chat, messenger, email dll.

Dan tentu, diperlukan komponen pendukung agar komunikasi daring ini bisa berjalan sebagaimana fungsinya. Komponen utama komunikasi daring ada 3 yaitu:

  • Hardware atau perangkat keras, adalah perangkat teknologi berwujud (fisik) yang bisa diraba secara langsung. Contohnya komputer, smartphone, headset, microphone, perangkat jaringan (seperti modem, router, dll)
  • Software, merupakan perangkat lunak yang tidak memiliki bentuk fisik untuk dioperasikan, contohnya seperti line, wa, telegram, zoom, google hangout, dll
  • Brainware atau pengguna (manusia)

Jenis Komunikasi Daring

Untuk jenisnya, komunikasi dalam jaringan dibagi menjadi 2 yaitu komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron. Penjelasan serta perbedaan dari sinkron dan asinkron sebagai berikut:

1. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi Daring Sinkron, merupakan sebuah cara berkomunikasi dengan menggunakan komputer sebagai media yang terjadi secara serempak atau real time (waktu nyata). Contoh Komunikasi daring sinkron diantaranya adalah text chat dan video chat.

Maksud dari kata serempak atau real time adalah komunikasi ini dilakukan secara langsung dan tanpa jeda waktu, misal ketika video call via whatsapp. Kedua belah pihak dapat saling menatap, tertawa atau berbicara secara langsung tanpa jeda waktu panjang.

Dalam pengertian lain, komunikasi daring sinkron adalah komunikasi yang memanfaatkan media komputer dan bantuan perangkat lunak yang dilakukan antar individu pada waktu yang sama (real time).

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

Komunikasi Daring Asinkron, merupakan cara berkomunikasi dalam jaringan yang menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.

Contoh Komunikasi Daring Asinkron diantaranya, e-mail, membaca atau menulis teks di website, rekaman simulasi visual, dll.

Jadi waktu nyata dan waktu tunda inilah yang membedakan komunikasi daring sinkron dengan asinkron.

Fungsi Daring dalam Komunikasi

Munculnya segala tatanan informasi dan komunikasi yang dilakukan secara daring, tentu menunjukkan bahwa daring memiliki fungsi.

Fungsi-fungsi tersebut tentunya menjadi faktor mengapa daring lebih dipilih banyak orang, dibandingkan dengan komunikasi jarak jauh non daring.

Bisa kita lihat sekarang ini, mulai dari sistem belajar, transaksi jual beli, transportasi, dan yang lainnya berbondong-bondong dilakukan secara daring.

Berkaitan dengan adanya fenomena-fenomena tersebut, bisa kita rinci bahwa daring memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Media Informasi

Fungsi pertama dari adanya daring adalah sebagai penyampai informasi dan pesan kepada para penerima informasi dalam jarak yang jauh.

Dalam dunia daring yang semakin maju, informasi bisa tersalurkan kepada siapa saja tanpa memandang batasan.

2. Kendali

Daring dalam komunikasi juga berfungsi sebagai pengendali atas informasi yang beredar oleh pihak yang berwenang dan memiliki hak untuk mengatur informasi, baik individu atau kelompok.

Sering kali, terdapat informasi yang tidak benar beredar secara luas, dengan adanya daring fungsi pengendalian bisa dilakukan dengan menarik informasi yang kurang benar.

3. Komunikasi yang Hemat

Dengan menggunakan daring dalam berkomunikasi, kita dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga, terlebih harga kuota kini semakin bisa dijangkau siapa saja.

Komunikasi daring juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

4. Media Belajar

Awal mula adanya daring memang diciptakan sebagai bahan penelitian untuk kepentingan pendidikan.

Oleh karena itu, informasi yang disampaikan secara daring juga bisa berfungsi sebagai media belajar pengguna yang memeroleh informasi.

5. Pemecah Batas

Akses informasi secara daring yang bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja, membuat batasan-batasan seperti waktu, negara, dan usia menjadi hilang begitu saja.

Intensitas komunikasi juga lebih bebas karena tidak terikat waktu.

6. Kontrol

Komunikasi daring juga dipantau dan diawasi secara langsung sebagai bahan pengawasan komunikasi dalam negeri yang dilakukan oleh Menteri Komunikasi.

Terdapat undang-undang yang berlaku dan siap menjerat siapa saja yang melanggarnya dengan tidak memperhatikan etika dalam berkomunikasi secara daring.

7. Sumber Ide dan Dorongan

Kemudahan akses informasi dalam dunia maya (daring), memberikan peluang bagi seseorang untuk mendapatkan dorongan dan motivasi.

Selain itu, ide-ide baru bisa muncul dengan adanya informasi yang bisa dibaca secara bebas di dunia maya. Ide-ide baru tersebut juga bisa tersalurkan melalui komunikasi daring.

8. Sosialitas

Media komunikasi daring yang semakin menjamur membuat kegiatan sosial semakin luas, sehingga orang-orang bisa berkomunikasi sosial dengan siapa saja.

Dengan daring, antara warga negara X dan warga negara Y bisa berkomunikasi dan bersosialisasi secara bebas tanpa memandang batas wilayah dan negara.

9. Fungsi dalam Lingkup Bernegara

Informasi dari pemerintah bisa dengan mudah tersampaikan kepada seluruh warga negara dengan adanya komunikasi daring.

Dengan daring, warga negara juga bisa menyampaikan pendapatnya kepada pemerintah yang dapat berupa kritik maupun pendapat lainnya.

Kemudahan daring sebagai alternatif komunikasi dalam jaringan internet yang semakin luas, sudah sepatutnya kita manfaatkan dengan baik.

Jangan sampai kita salah menggunakan media komunikasi daring untuk hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan banyak orang.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.