Pengertian DOS (Disk Operating System)

3 min read

DOS atau Disk Operating System merupakan sebuah perangkat lunak yang masuk dalam golongan sistem operasi dasar. Pada dasarnya DOS bisa kita jumpai di Windows ketika membuka program CMD.

Command Prompt atau yang disingkat CMD ini merupakan sistem operasi pendahulu dari Windows. DOS pada awalnya adalah sistem operasi yang berupa teks dan pointer, untuk pengoperasiannya melalui CMD.

Pada saat sistem operasi Windows 95 belum dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, para pengguna komputer dahulu harus lepas pasang disket yang berisi software untuk dapat menjalankan sebuah sistem operasi.

Seiring dengan waktu, perusahaan Microsoft mengembangkan DOS menjadi Windows 95. Berikut ini pengertian DOS atau Disk Operating System.

Pengertian DOS
pengertian DOS, via canva.com

Pengertian Disk Operating System

Pengertian DOS atau Disk Operating System adalah sebuah software yang termasuk ke dalam bagian sistem operasi dasar yang berupa teks.

Seluruh perintah perlu diketikan teks secara manual agar dapat di baca oleh DOS. Hal ini juga sangat berbeda dengan Graphic User Interface yang menampilkan sebuah perintah dalam bentuk grafis, sehingga mudah digunakan.

Di dalam Disk Operating System terdapat perintah-perintah yang di bagi menjadi dua, yaitu perintah internal dan perintah eksternal.

Hingga saat ini, DOS masih melekat pada sistem operasi Windows terbaru. Sebelum Windows populer dan banyak digunakan, PC-DOS yang merupakan produksi dari IBM Corp mampu melawan rivalnya yaitu Control Program Monitor yang begitu populer di zamannya.

Fungsi Disk Operating System

Sebelum sistem operasi yang seperti ini, fungsi Disk Operating System adalah sebagai penghubung antara komputer dengan pengguna atau user.

DOS memiliki fungsi sebagai menjalankan sebuah program dengan digabungkan kode program agar dapat berjalan sesuai dengan pengguna inginkan.

Hal ini juga yang membuat DOS menjadi sulit digunakan karena user harus mengingat kode program.

Pada saat ini, DOS dapat kita operasikan di sistem operasi Windows dengan nama Command Prompt atau yang disebut MS-DOS.

Dengan Command Prompt Anda dapat memberikannya perintah kemudian digabungkan dengan kode-kode pemrograman agar dapat dibaca oleh sistem operasi DOS.

Berikut ini fungsi Disk Operating SyStem untuk sebuah komputer:

1. Mengelompokan dan Mengendalikan Aktivitas Komputer

Semua aktivitas yang ada di dalam sebuah komputer, dikendalikan oleh Disk Operating System dengan beragam macam intruksi yang di inginkan oleh pengguna.

Semua intruksi ini memiliki ragam kegunaan yang berbeda-beda.

Hal ini juga berguna agar sebuah komputer dapat membaca perintah tersebut dan perintah itu dikonversi kan menjadi tampilan grafis yang mudah dimengerti oleh pengguna.

2. Mengatur Memori yang Terdapat di dalam Komputer

Didalam fungsi yang kedua, Disk Operating System juga dapat mengatur memori space yang terdapat di dalam sebuah Komputer.

Dengan adanya DOS ini sebuah komputer dapat menyimpan sebuah file kedalam memori.

File-file tersebut juga dapat di ketehui meski file tersebut dalam kondisi hidden atau disembunyikan. File yang berada di memori juga bisa do kompres dengan format yang berbeda.

3. Mengatur Input dan Output Data

Fungsi selanjutnya, Disk Operating System dapat mendiagnosa file atau data di bagian input ataupun output dalam sebuah komputer.

Dengan fungsi dari Disk Operating System ini, maka komputer dapat mengatasi dan mengatur file atau data yang masuk maupun keluar.

4. Management File

DOS juga bisa mengatur atau memanagement sebuah file yang berada di dalam komputer. Seluruh file-file atau data yang ada tersebut, dilakukan diagnosa secara detail dan dikategorikan.

Hal ini juga dapat membuat komputer dapat berjalan dengan maksimal dan lebih baik. Berikut ini contoh perintah atau intruksi dalam pengelolaan sebuah file di dalam komputer.

  • ATRIB  : Menampilkan dan mendefinisikan atribut sebuah file
  • COPY  : Melakukan sebuah duplicate sebuah file
  • ERASE : Menghapus sebuah File yang ada di dalam komputer

5. Menyelesaikan Troubleshooting

Fungi yang yang selanjutnya adalah dengan DOS kita dapat mengatasi masalah pada sebuah file atau program dengan Troubleshooting.

Dengan Troubleshooting Anda dapat memecahkan sebuah masalah pada file atau program dengan sangat cepat.

Disk Operatings System akan mendiagnosa sebuah file atau data tersebut, kemudian hasilnya akan ditampilkan ke komputer sehingga Anda dapat mengatasinya.

6. Mengamankan Sebuah Data

Untuk fungsi yang terakhir pada Disk Operating System adalah ketika sebuah data atau file tidak dapat bekerja dengan maksimal atau tidak terbaca, maka performa sebuah komputer menjadi tidak lancar.

Disisi lain juga DOS dapat menyimpan data dan mengamankannya. Dengan cara merekam data melalui perintah Command Prompt atau CMD.

Cara Kerja Sistem Disk Operating System

Untuk cara kerja Disk Operating System atau DOS terjadi saat komputer pertama kali dinyalakan. Hal ini karena saat komputer dinyalakan program yang pertama kali berjalan adalah sistem operasi.

Dan yang dapat mengatur dan mengubahnya adalah BIOS. Berikut ini proses kerja DOS dalam sebuah komputer.

Disaat komputer di hidupkan, Sistem Basic Input Output System atau BIOS akan membaca semua periferal yang ada di dalamnya.

Jika terjadi suatu problem tau kesalahan, maka secara otomatis BIOS akan memberikan tanda berupa suara. Dan setiap kesalahan memiliki suara berupa beep yang berbeda-beda.

Jika semua yang sudah di cek oleh BIOS aman atau tidak ada kesalahan, selanjutnya BIOS akan membaca dan memproses hard disk yang di dalamnya terdapat sistem operasi.

Dan kemudian di sistem operasi, BIOS akan memberikan tugas selanjutnya ke sistem operasi yang ditemukannya tersebut.

Setelah di terima oleh sistem operasi atau Disk Operating System, maka data yang diterima tersebut digunakan sebagai proses untuk melakukan booting selanjutnya.

Dan akhirnya, sistem komputer dapat berjalan dengan baik dan dapat Anda gunakan.

Jenis Sistem Operasi dari DOS

Perkembangan zaman yang maju dan begitu pesat, membuat DOS atau Disk Operating System juga mengalami pembaharuan.

Tidak hanya sebagai pelengkap di dalam sebuah komputer. DOS yang mengalami pembaharuan memiliki fitur-fitur canggih yang lebih friendly dan mudah digunakan.

Salah satu jenis DOS yang telah dikembangkan adalah microsoft windows.

  • MS Windows

Siapa yang tidak mengenal Windows, perusahaan ini begitu populer di kalangan pengguna komputer. Windows pertama kali memproduksi sistem operasi bernama Windows 3.0 yang memiliki dasar GUI.

Hingga saat ini Windows telah mengeluarkan sistem operasi Windows 10. Cara pengoperasian yang mudah digunakan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna Windows.

Keunggulan dan kemudahan dari setiap sistem operasi yang dikembangkan, membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam memberikan intruksi pada sebuah komputer.

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian DOS dan perkembangannya. Semoga bisa menambah wawasanmu ya. Terimakasih.

Baca juga: Pengertian ROM (Read Only Memory)

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *