Pengertian Laravel

2 min read

Deskripsi: Pengertian Laravel, Fitur dan kelebihannya.


Seorang Developer membutuhkan sebuah kerangka program untuk mengembangkan kode secara konsisten. Inilah yang disebut sebagai framework.

Salah satu jenis frame work yang paling banyak digunakan bernama Laravel. Jika Anda belum mengerti mengenai pengertian Laravel, fitur dan fungsinya, maka sebaiknya simaklah penjelasan di bawah ini.

Pengertian Laravel

Pengertian Laravel

Mari kita bahas pengertian Laravel lengkap disini. Laravel merupakan framework yang dibuat dengan konsep Model View Controller atau MVC dan merupakan besutan dari MIT.

Laravel merupakan pengembangan website yang ditulis dalam PHP berbasis MVP.

Laravel ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dari sebuah perangkat lunak dengan cara mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan.

Yang tidak kalah menarik framework Lavarel juga bisa memberikan pengalaman bekerja dengan sintaks yang jelas dan ekspresif.

Framework paling banyak digunakan ini menjadi favorit para developer untuk proyek besar maupun kecil karena kinerja dan fiturnya yang terbilang lengkap.

Sejarah Framework Laravel

Taylor Otwell merupakan nama dari pencipta framework Laravel ini untuk memberikan alternatif framework PHP lain. Sejarah Laravel yang merupakan framework paling populer ini dimulai pada 9 Juni 2011.

Saat itu, Framework Laravel masih tersedia versi betanya saja. Hingga pada Mei 2014, Laravel 4 rilis sebagai illuminate yang sudah menggunakan komposer sebagai pengelola paketnya.

Fitur Laravel dan Kelebihannya

Framework Laravel mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang menarik. Setelah mengetahui pengertian Laravel, mengetahui berbagai fiturnya juga merupakan hal penting saat belajar Laravel.

Nah, berikut ini akan dipaparkan beberapa fitur yang membedakan Laravel dengan framework lainnya.

1. Dependency Management

Merupakan fitur yang berfungsi untuk memahami IoC atau wadah layanan. Hal ini memungkinkan pembalikan controller menghasilkan objek baru dan merupakan inti ketika mempelajari aplikasi dari web modern.

2. Modularity

Merupakan fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan proses update. Tak hanya itu, pada saat membangun dan mengembangkan website, fitur ini berfungsi untuk meningkatkan fungsional web tersebut.

3. Authentication

Merupakan fitur pada bagian integral dari aplikasi website modern. Framework Laravel mempunyai otentikasi di luar kotak dengan perintah yang sederhana. Fitur ini dapat membuat otentikasi berfungsi secara penuh dan proses konfigurasi otentikasi.

4. Caching

Adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk menyimpan sebuah data pada penyimpanan yang sifatnya sementara.

Menariknya, Anda dapat mengambil data  dengan cepat kapanpun saat dibutuhkan.

Pada Laravel, hampir semua data berasal dari tampilan ke rute, hingga dapat meningkatkan kinerja karena mengurangi waktu pemrosesan.

5. Routing

Fitur Routing pada Laravel digunakan untuk membuat aplikasi yang mudah dan tenang. Pada Laravel, semua request dipetakkan dengan menggunakan rute. Anda dapat mengelompokkan rute, memberikan nama dan memberikan filter.

6. Restful Controller

Merupakan fitur dalam Laravel yang berfungsi untuk memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat pengontrol yang dapat digunakan untuk membuat CRUD dengan mudah.

Mengapa Harus Laravel?

Mengapa Anda direkomendasikan menggunakan Laravel? Mengama Laravel menjadi framework yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini?

Jawabannya adalah karena kelebihan Laravel memang merupakan sesuatu yang dibutuhkan para Developer.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dapat dijadikan alasan mengapa harus memilih Laravel.

  1. Laravel mempunyai template layout yang sangat ringan hingga membuat Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Bahkan, ada pula fitur yang memungkinkan memberikan tambahan template dengan ringan.
  2. Dengan menggunakan Laravel, Anda dapat mengelola basis data dengan mudah. Aktifitas seperti input data, pembaruan data dan pengelolahan data bisa ditangani dengan lebih mudah karena Laravel menggunakan struktur MVC.
  3. Banyak Library Object Oriented yang tersedia dan dapat Anda gunakan.
  4. Mempunyai lebih dari 20 modul Library dan semua modul tersebut bersifat individu.
  5. Terdapat Artisan, yaitu sebuah Command Line Interface atau CLI bawaan dari Laravel.
  6. Laravel merupakan framework yang bersifat open source.
  7. Setiap pengguna Laravel dapat bergabung dalam sebuah komunitas yang besar.
  8. Keamanan Laravel sangat terjamin karena menggunakan mekanisme password hashed and salted. Hal ini membuat password tidak akan tersimpan dalam data base dalam bentuk teks biasa dan aman dari SQL Injection.

Bagaimana, Sudah Siap Menggunakan Laravel?

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Laravel, fitur dan kelebihannya. Bagaimana, sudah semakin siap menggunakan framework Laravel?

Segera lakukan instalasi dan nikmati melakukan eksplorasi berbagai fitur menariknya.

Sebagai developer, tentu saja Anda sudah bisa mempertimbangkan sebagus apa kualitas dari setiap fitur yang ada di Lavarel.

Kini Anda hanya perlu memilih salah satu framework terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Dan bukan tidak mungkin, jawaban dari kebutuhan tersebut adalah framework Lavarel ini, bukan?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *