Pengertian Media Online

4 min read

Pengertian Media Online – Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologi yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Kini segala sesuatu yang awalnya tidak mungkin bisa dikerjakan, perlahan mulai menjadi sesuatu yang mudah dengan bantuan teknologi. Kecanggihan teknologi pun memudahkan manusia dalam kegiatan sehari-hari seperti belanja, bepergian, dan lain-lain.

Selain kegiatan sehari-hari, saat ini surat kabar seperti koran sudah diupgrade menjadi koran digital. Era sekarang ini memang eranya media online, selain lebih hemat media online juga lebih ramah lingkungan.

Sudahkah kalian mengerti apa itu pengertian media online? mari kita simak pembahasan mengenai pengertian media online dan dampaknya terhadap kehidupan.

Pengertian Media Online
pengertian media online, via canva.com

Pengertian Media Online Secara Umum

Media online adalah data digital seperti foto, berkas dan sebagainya yang hanya dapat diakses menggunakan koneksi internet.

Tanpa jaringan internet media yang dikirim atau ditempatkan di web berkoneksi internet, maka data tersebut tidak bisa diakses.

Jika ingin mengakses media yang dikirim secara online maka harus memiliki koneksi internet yang memadai.

 Pengertian Khusus Media Online

Media online memiliki arti khusus yaitu wadah bagi karya jurnalistik atau karya tulis seperti berita, jurnal dan artikel.

Karya tulis tersebut kemudian akan diwadahi oleh web serta disajikan secara online atau diakses dengan koneksi internet.

Pengertian Media Online menurut Para Ahli

1. Ashadi Siregar

Menurut beliau media online adalah penamaan untuk kelompok media yang memiliki basis telekomunikasi juga multimedia. Media online yang disebut yaitu radio online, website, media massa online dan e-commerce.

2. Lorie Ackerman

Lorie ackerman menuturkan bahwa media online merupakan suatu bentuk penerbitan berkoneksi internet atau online, yang dihadirkan dengan tujuan untuk menyampaikan berbagai ide.

Penulisan media online cenderung dilakukan menggunakan komputer selain pengetikan, media online juga diedit, dicetak, dan dipublikasikan melalui komputer.

3. Severin dan James W. Tankard

Mereka berdua juga berpendapat yang serupa dengan Lorie, mereka menyampaikan bahwa media online adalah media yang diterbitkan di dalam dunia maya atau situs online.

4. Syarifudin Yunus

Syarifudin Yunus menuturkan dalam bukunya yang berjudul Jurnalistik Terapan bahwa media online adalah media internet, contohnya seperti blog, website, dan sebagainya yang tayang di dalam dunia maya, kemudian dapat dibaca dan diakses dalam internet.

5. Vini Winarti Halim

Vini Winarti Halim mengemukakan bahwa media online yang dinamai pada tahun 1994 ini, merupakan media berupa situs yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara elektronik tanpa terikat ruang dan waktu.

Media online bertujuan untuk menyebarkan informasi aktual agar pencari informasi dapat mengaksesnya secara real time.

Macam–macam Media Online

1. Media Sosial

Media sosial adalah media yang digunakan untuk kepentingan sosial atau berkomunikasi secara dua arah.

Media ini dikhususkan untuk bersosialisasi secara jarak jauh, menggunakan pesan, gambar, audio, atau video.

Jarak sejauh apapun dapat ditempuh hanya dalam hitungan detik. Media sosial juga berperan sebagai pemberi informasi terkini dalam bentuk berita.

Para pembaca diharap bijak dan jangan sampai tertipu dengan berita yang belum tentu kebenarannya dan tidak dapat dibuktikan oleh kita.

Berita tidak benar masih seringkali disebarkan oleh para oknum demi kepentingan sendiri.

2. Media Massa

Media massa biasa disebut sebagai pers, media ini dibuat khusus untuk menyampaikan pesan-pesan kepada khalayak umum.

Pesan yang disampaikan berupa berita, artikel, dan jurnal ilmiah berupa informasi sekaligus ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Media massa yang baik adalah media massa yang tidak memihak kepada pihak manapun. Sehingga informasi yang diterima oleh para pembaca dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Biasanya media massa tercemari oleh peperangan politik antar partai yang ingin unggul dari lawan kampanyenya.

Sebaiknya media massa tidak dipengaruhi oleh unsur-unsur manapun yang berbau negatif, karena yang terkena dampak adalah pembaca yang tidak tahu otak di belakang konten tersebut.

Keuntungan Menggunakan Media Online

1. Ekonomis atau lebih hemat

Media online hadir di tengah-tengah keberadaan manusia dengan membawa banyak manfaat yang diterima, salah satunya ekonomis/lebih hemat.

Menggunakan media online sangatlah ekonomis, kita hanya perlu memiliki koneksi internet dalam smartphone atau komputer, maka kita dapat mendapatkan informasi apapun yang ada di dunia.

Selain hemat biaya media online juga hemat tenaga. Ketika kita memerlukan suatu gambar tak perlu repot-repot mencari objek yang akan di foto, cukup mencari melalui media online gambar yang diinginkan akan muncul.

2. Mudah menjangkau seluruh dunia

Media online dapat membuat diri kita seolah-olah ada di negara orang. Menjangkau dunia atau bagian dunia manapun akan terasa semakin mudah untuk dijangkau.

Hal ini terjadi karena cakupan media online bukan hanya satu negara saja tapi seluruh negara yang ada di dunia.

Kita tidak usah repot-repot mengetahui secara langsung berita atau informasi terkini suatu daerah, cukup dengan menelusurinya di pencarian, kita dapat berkenalan di daerah itu, asyik kan?

3. Up to date

Melalui media online kita dapat mengetahui informasi atas suatu peristiwa yang baru saja terjadi atau disebut juga up to date atau aktual.

Meskipun membutuhkan waktu namun dalam hitungan jam, kabar yang telah terjadi sejam atau dua jam yang lalu dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia.

4. Kapasitas tidak terbatas

Bagi kalian yang ingin mencurahkan isi hatinya secara panjang lebar, tak perlu khawatir. Kalian bisa mencurahkannya dalam media online dan akan banyak orang yang meresponnya karena kapasitas yang tidak terbatas.

Namun, bukan begitu maksudnya, dalam halaman website data tidak memiliki kapasitas atau ukuran file, sehingga kita dapat mengunggah data sebanyak-banyaknya. Pastinya membutuhkan kapasitas kuota internet yang banyak juga ya.

5. Data tidak akan hilang

Data yang sudah diunggah ke dalam internet tidak akan hilang atau akan terdokumentasi dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena internet juga tidak dapat dihilangkan.

Segala sesuatu yang ada di dalam internet akan diabadikan, tetapi internet tidak dapat di akses tanpa adanya koneksi data jaringan.

Data yang sudah diunggah ke dalam media online dapat dihapus, tetapi perintah tersebut harus dilakukan langsung oleh admin yang berkuasa.

Dampak yang Disebabkan oleh Media Online

Berbicara tentang dampak, segala sesuatu pasti memiliki dampak atau pengaruh yang dihasilkan. Namun, dampak yang dirasakan tidak melulu soal dampak positif.

Sebagai hal yang diciptakan oleh makhluk pasti memiliki kekurangan, begitu pun media online juga memiliki dampak negatif dalam pengolahan datanya dan kepada pembaca.

Berikut dampak-dampak yang disebabkan media online.

Dampak Positif

  • Kabar yang ada dari seluruh dunia dapat kita akses kapanpun dan di manapun.
  • Memudahkan penyebaran informasi atau kabar kepada masyarakat luas.
  • Data yang disimpan di dalam website tidak akan hilang.
  • Kapasitas data tidak terbatas, sehingga dapat mengunggah data sebanyak-banyaknya.
  • Hemat biaya juga hemat tenaga.
  • Ramah lingkungan
  • Tidak terikat waktu, sehingga kabar di masa lampau dapat kita akses.
  • Komunikasi dua arah, maksudnya pembaca media online dapat membalas di kolom komentar jika disediakan.
  • Aktual, setelah media diunggah dalam hitungan detik media tersebut dapat diakses oleh orang lain.
  • Penerbitan dan pengeditan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
  • Banyak cara kreatif untuk menyulap halaman website menjadi lebih menarik, sehingga minat pembaca bertambah.

Dampak Negatif

  • Media yang sudah diunggah bisa saja diretas.
  • Server mudah down jika banyak pengguna yang mengakses secara bersamaan.
  • Peluang kriminal yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Membuat karyawan memiliki kinerja yang buruk.
  • Privasi tidak terjaga, baik privasi pribadi, komunitas, dan negara, karena media online membebaskan kita untuk berbagi apa saja.
  • Membuat penggunanya menjadi sulit berkomunikasi secara nyata.
  • Bahasa formal keberadaannya menjadi terkikis, karena pada media online struktur kata yang dipakai tidak teratur.
  • Semua kalangan dapat mengaksesnya, sehingga dapat memengaruhi penggunanya.

Dampak positif memang menguntungkan bagi penggunanya, namun dampak negatif benar-benar pelu diwaspadai juga.Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan media online.

Demikianlah artikel tentang pengertian media online secara umum dan dampaknya.

Semoga para pembaca dapat memilah dan memilih informasi yang baik dan valid, karena info yang valid dan benar memiliki nilai kepercayaan. Semoga dapat memberi manfaat.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *