Planet Neptunus

1 min read

Deskripsi: Pengertian Planet Neptunus dan Karakteristiknya.


Planet Neptunus merupakan salah satu planet di dalam sistem tata surya dam memiliki titik terjauh dari Matahari. Planet ini tergolong planet luar yang juga disebut sebagai “raksasa es”.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang Neptunus.

Planet Neptunus

Planet Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari dan berjarak sekitar 4.490 juta km. Akibat dari posisi tersebut membuat Neptunus bersuhu sangat dingin. Suhu Neptunus berkisar antara -218 hingga -200 derajat celcius.

Neptunus disebut sebagai “raksasa es” karena memiliki kandungan es cukup tinggi dan termasuk golongan planet besar di tata surya.

Penemuan Neptunus terjadi di tahun 1846 tepatnya pada tanggal 23 September, dan menjadi planet pertama yang penemuannya menggunakan prediksi matematika.

Planet Neptunus

Asal Muasal Penamaan Planet Neptunus

Awalnya Neptunus ditemukan secara tidak sengaja oleh Galileo pada tahun 1612 dan 1613. Namun ia tidak dianggap sebagai penemu karena beranggapan bahwa Neptunus adalah sebuah bintang tetap.

Setelah dilakukan pengamatan lebih lanjut oleh para astronom, Neptunus berhasil teridentifikasi sebagai sebuah planet. Namun bukan bernama Neptunus melainkan “planer Le Verrier” atau planet di luar Uranus.

Penamaan Neptunus untuk pertama kalinya diusulkan oleh Le Verrier, seorang artronom yang berhasil menemukannya. Neptunus sendiri menurut mitologi Romawi merupakan nama dari Dewa Laut.

Karakteristik Planet Neptunus

Dalam mitologi Yunani kuno, Planet Neptunus disimbolkan sebagai Dewa Laut. Terlepas demikian, tetap ada penjelasan ilmiah mengenai planet ini dan karakteristiknya.

Anda bisa mengenali perbedaan Neptunus dengan planet lain dari beberapa ciri fisik dan karakteristiknya berikut ini:

1. Ukuran Neptunus

Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km. Ukuran ini menjadi terbesar ke-empat di antara 8 planet. Volume Neptunus mencapai 6,254 × 1013 km3 atau setara dengan 14,98 kali volume Bumi.

Sementara itu, massanya 17 kali massa Bumi, sekitar 1,0243 × 1026 km.

2. Kondisi Atmosfer

Atmosfer Neptunus terbagi atas dua wilayah, yakni troposfer bawah dan stratosfer. Secara umum, komposisi penyusun atmosfer Neptunus ialah hidrogen (80%) dan helium (19%).

Selain itu, juga ditemukan metana. Perbedaan komposisi atmosfer terjadi berdasarkan besarnya tekanan.

3. Satelit Alami

Satelit Neptunus berjumlah 14 satelit dan yang paling besar bernama Triton. Satelit Triton terbilang unik di antara satelit-satelit planet besar lainnya.

Hal ini karena orbit menghulu yang dimiliki Triton menunjukkan jika satelit ini terjebak di dalam gravitasi Neptunus dan menyebabkannya sangat dekat dengan Neptunus.

4. Jarak ke Matahari

Jarak sebuah planet terhadap matahari berpengaruh terhadap lama periode revolusinya. Sementara itu, jarak rata-rata Neptunus dari Matahari adalah 30 au atau sekitar 101 juta kilometer.

Inilah yang membuat kala revolusi Neptunus lebih panjang dibandingkan dengan planet lain.

5. Orbit Neptunus

Lintasan orbit Neptunus berjarak 4.450 juta kilometer. Untuk menyelesaikan satu kali putaran mengelilingi Matahari, Neptunus memerlukan waktu sekitar 164,79 tahun.

Oleh karena itu, sejak ditemukannya pada tahun 1846, Neptunus baru saja menyelesaikan periode orbit pertamanya pada tahun 2011.

6. Kala Rotasi

Neptunus melakukan perputaran pada sumbunya (rotasi) selama 16,1 jam per periode rotasi dengan kemiringan 28,32 derajat, hampir sama dengan Bumi dan Mars. Oleh karena itu, pergantian musim di Neptunus sama seperti Bumi.

Kesimpulan

Telah dijelaskan sebelumnya jika Neptunus memiliki jarak terjauh ke Matahari di antara planet-planet lain. Oleh karena itu, melihat Neptunus dengan mata telanjang sangat tidak memungkinkan.

Sehingga diperlukan sebuah teleskop luar angkasa agar penampakannya dapat diketahui.

Sebuah pengamatan yang dilakukan dengan teleskop kuat menunjukkan bentuk Neptunus berupa lingkaran biru kecil, seperti Uranus.

Planet Neptunus melakukan gerak menghulu yang membuatnya bergerak memutar berlawanan dengan bintang-bintang yang ada di belakangnya. Bagaimana, penjelasan di atas sudah cukup membantu?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *