Planet Saturnus

2 min read

Deskripsi: Pengertian Planet Saturnus dan karakteristiknya.


Planet dengan lambang sabit dalam mitologi Yunani ini juga tidak kalah menarik dibandingkan planet lainnya.

Dengan tampilan rona kucing pucat dan cincin yang mengitarinya, Planet Saturnus juga memiliki karakteristiknya sendiri.

Ketahui lebih banyak fakta menarik mengenai planet cantik ini beserta karakteristiknya di bawah ini.

Planet Saturnus

Planet Saturnus terletak setelah planet Jupiter jika diurutkan dari jarak terdekat dengan Matahari. Ciri-ciri Saturnus yang khas ialah memiliki cincin yang melingkari badan planet.

Tidak heran apabila banyak yang menganggap Saturnus sebagai planet tercantik di tata surya.

Inti yang terkandung dalam interior planet ini mayoritas terdiri dari nikel, besi, dan batuan. Sedangkan pada lapisan bagian dalam dipenuhi oleh hidrogen metalik.

Dan selanjutnya, yakni bagian lapisan luarnya diselimuti oleh kandungan gas.

Planet Saturnus

Karakteristik Planet Saturnus

Mengenal karakteristik Saturnus akan memudahkan kita untuk membedakannya dengan planet lain.

Berikut ini beberapa karakteristik dari Saturnus yang perlu diketahui:

1. Ukuran Saturnus

Saturnus menjadi salah satu planet yang mendapat julukan raksasa gas selain Jupiter, Uranus, dan Neptunus. Jika dibandingkan dengan Bumi, ukuran Saturnus 10 kali lipatnya.

Dapat dibayangkan betapa besarnya planet ini.  Planet bercincin ini merupakan planet terbesar kedua di sistem tata surya, setelah Jupiter. Ukuran diameternya mencapai 120.000 kilometer.

2. Kondisi Atmosfer

Sebagian besar atmosfer Saturnus diisi oleh gas hidrogen (96,3%) diikuti helium (3,25). Sedangkan sisanya diisi oleh unsur-unsur lain yang diduga lebih berat dari helium.

Selain kedua unsur besar tersebut, juga ditemukan jejak beberapa unsur seperti asetilena, propana, etana, fosfina, amonia, dan metana pada atmosfer Saturnus.

Ada kemiripan pola pita Saturnus dengan Jupiter, namun pada Saturnus jauh lebih luas dan redup. Awan Saturnus memiliki komposisi yang bervariasi dan dipengaruhi oleh tekanan dan kedalamannya.

Pada suhu sekitar 100 K – 160 K dengan tekanan antara 0,5 bar – 2 bar.  Kemudian, di lapisan berikutnya dengan suhu 185 K – 270 K dan tekanan 2,5 bar – 9,5 bar. Sebagai tambahan informasi, Saturnus ini mengandung awan es air.

3. Memiliki Cincin

Keunikan Saturnus dibandingkan dengan planet lainnya terlihat dengan adanya cincin pada badan planet. Cincin ini membentang sepanjang 6.630 km – 120.700 km dengan ketebalan sekitar 20 meter.

Sistem cincin tersebut sebetulnya kumpulan cincin berukuran kecil dan sempit yang berada di sekitar badan Saturnus. Unsur pembentuk cincin-cincin Saturnus berupa es, senyawa tholin dengan jumlah sedikit, dan sekitar 7% karbon.

4. Satelit Alami

Saturnus memiliki satelit alami sejumlah 82, dan satelit terbesarnya bernama Titan. Ukuran Titan mencapai 90% total massa objek yang ada di sekitar Saturnus. Dari 82 satelit tersebut, 53 satelit telah diberi nama resmi.

Sebagian besar satelit yang dimiliki Saturnus berukuran kecil. Ukuran diameter satelit-satelit Saturnus berkisar antara 10 km hingga 50 km. Ada satu satelit planet Saturnus yang memiliki kemiripan komposisi dengan komet, yakni Enceladus.

Komposisi penyusun Enceladus berupa garam-garam yang mirip garam di lautan. Oleh karena itu, para ahli menduga es yang dikeluarkan oleh Enceladus  merupakan hasil dari penguapan air garam.

5. Kala Rotasi dan Revolusi Saturnus

Saturnus juga melakukan rotasi selayaknya planet di dalam tata surya lainnya. Rotasi Saturnus berlangsung sekitar 10,4 jam. Waktu ini lebih cepat dibandingkan Bumi (24 jam). Jadi sehari di Saturnus tidak lebih dari setengah hari di Bumi.

Selain itu, Saturnus pun mengorbit mengelilingi Matahari dengan kecepatan rata-rata 9,68 km/s. Dengan kecepatan tersebut Saturnus dapat menyelesaikan satu periode orbit selama 10.759 hari Bumi atau sekitar 29,5 tahun.

Rata-rata jarak orbit Saturnus untuk sekali periode sekitar 1,4 juta kilometer.

Kesimpulan

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter yang juga termasuk ke dalam planet raksasa gas.

Ciri khas dari planet ini ialah terdapat cincin yang mengitari badan planet, dan membuatnya menjadi planet dengan bentuk unik. Saturnus menghabiskan waktu 10,40 jam untuk satu kali rotasi, dan 29,5 tahun untuk revolusi.

Demikianlah penjelasan tentang planet Saturnus dan berbagai karakteristiknya. Semoga cukup menjawab rasa penasaran Anda pada planet bercincin yang satu ini, ya?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *