Pengertian Software

3 min read

Deskripsi: Pengertian software komputer, sejarah, fungsi, jenis, contoh software.


Apa itu software komputer? Software komputer merupakan perangkat lunak yang sangat penting di dalam sistem komputer. Bisa disebut pusat instruksi yang dilakukan pengguna komputer.

Software komputer adalah bagian sistem komputer yang tidak bisa dilihat dari wujud fisik karena tidak dapat dirasa dengan indra peraba.

Pada dasarnya software adalah sekumpulan data yang diatur dan disimpan di dalam komputer. Software bisa berupa program yang menginstruksikan sebuah perintah penggunanya.

Beberapa orang menyebutkan jika software merupakan data yang telah disimpan, diprogram, dan diformat sedemikian rupa namun tidak berbentuk fisik tetapii bisa dioperasikan lewat perangkat komputer.

Pengertian Software
pengertian software, via canva.com

Fungsi Software

Software mempunyai fungsi yang berbeda dengan hardware dan brainware yang menjadi perangkat lain di komputer.

Secara umum, fungsi software adalah membuat komputer bisa menjalankan apa yang menjadi perintah dari penggunanya. Artinya, apa yang diinginkan pengguna akan disalurkan melalui software.

Berdasarkan pengertian software yang sudah disinggung sebelumnya, berikut beberapa fungsi perangkat lunak yang bisa kami dijabarkan:

  1. Menyediakan fungsi paling dasar dari sebuah komputer sehingga bisa dioperasikan sedemikian rupa sesuai perintah pengguna. Contohnya adalah sistem operasi dan juga sistem lain yang mendukung jalannya komputer dengan baik.
  2. Mengatur perangkat keras yang ada di dalam komputer sehingga bisa bekerja dengan simultan yang baik berdasarkan perintah pengguna
  3. Sebagai penghubung antar beberapa perangkat lunak lain dengan perangkat keras yang ada di dalam komputer supaya bisa bersinergi menjadi satu instruksi
  4. Software juga berfungsi untuk menerjemahkan perintah software lain ke bahasa mesin komputer sehingga bisa dipahami oleh hardware.
  5. Fungsi lain software adalah mengidentifikasi program yang ada di dalam komputer.

Berdasarkan pengertian software komputer dan fungsinya, bisa disebut perangkat ini menjadi nyawa dari komputer itu sendirI.

Tanpa perangkat lunak, komputer tidak bisa menyala dan dihidupkan. Meskipun begitu, komputer hanya bisa dioperasikan jika ada perangkat lunak dan perangkat keras di dalamnya.

Jenis-Jenis Software Komputer

Secara umum software komputer berfungsi untuk menghubungkan hardware dan user, namun di dalam komputer, software dibagi menjadi beberapa jenis.

Adapun jenis software komputer sebagai berikut:

Software Berdasarkan Jenis-Jenisnya

1. Sistem operasi

Software yang fungsinya mengelola dan juga mengkoordinasi komponen dan fungsi di dalam komputer agar berjalan dengan baik.

Contohnya adalah Linux, DOS, Windows dan sebagainya

2. Bahasa pemprograman

Software yang fungsinya untuk memberi instruksi standar menggunakan semantik dan sintak untuk mendefinisikan perintah aplikasi komputer.

Contohnya adalah Java, PHP, Visual Basic dan sebagainya.

3. Program aplikasi

Software yang menyediakan fungsi tertentu berdasarkan perintahnya. Misalnya, software untuk kegiatan presentrasi, akuntansi, tulis-menulis, dan sebagainya.

Beberapa contoh program aplikasi adalah MYOB, Excel, Word, OpenOffice.org dan sebagainya.

Software Berdasarkan Distribusinya:

1. Freeware

Freeware merupakan software yang bisa digunakan dan dimiliki tanpa berbayar dan tanpa ada batasan waktu penggunaan. Umumnya, jenis software freeware kurang lengkap fitur didalamnya.

2. Adware

Adware merupakan jenis software yang bisa digunakan secara gratis tanpa batas namun sebagai gantinya ada kompensisasi yang diberikan dalam bentuk iklan yang muncul ketika menggunakan software tersebut.

3. Spyware

Spyware adalah software yang bekerja khusus untuk mematai segala perintah dan instruksi pengguna komputer.

Umumnya, jenis software ini banyak disalahgunakan oleh penggunanya untuk mencuri data komputer lain, atau sebagainya.

4. Open Source

Open Source merupakan software yang mempunyai kode sumber khusus yang bisa dibuka, ditingkatkan, bahkan diubah sesuai keinginan pengguna.

Umumnya jenis software ini bisa didapat tanpa membayar dan bisa dikembangkan oleh orang lain dengan mengandalkan lisensi GPL

5. Shareware

Shareware merupakan software yang digunakan untuk kepentingan khusus dan dibagikan secara luas tanpa membayar.

Biasanya jenis software ini digunakan untuk demonstrasi dengan fitur yang terbatas serta penggunaannya juga terbatas.

Contoh Perangkat Lunak Komputer

Tentu banyak sekali contoh perangkat lunak di dalam komputer yang bisa digunakan pengguna untuk kegiatan sehari-hari, baik perangkat lunak berbayar hingga perangkat lunak gratis.

Perangkat lunak tersebut akan semakin berkembang seiring perkembangan zaman.

Oleh karena itu, sangat wajar jika Anda bisa menemukan banyak perangat lunak sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Adapun contoh perangkat lunak yang paling sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Microsoft Windows, sistem operasi (operating system) komputer yang berjalan dengan basis command line.
  2. Linux, sama dengan Microsoft Windows, di mana berupa sistem operasi yang berjalan menggunakan basis command line dengan segala fitur didalamnya
  3. Microsoft Word, piranti perangkat lunak yang fungsinya untuk membuat dan juga mengedit sebuah dokumen dengan segala perintah dan fitur didalamnya yang membantu pengguna
  4. Microsoft Power Point, perangkat lunak yang fungsinya untuk membuat video untuk keperluan presentrasi atau sebagainya.
  5. Google Chrome, perangkat lunak yang fungsinya untuk internet browser
  6. Photoshop, software yang digunakan untuk mengedit gambar dan juga foto
  7. VCL Media Player, perangkat lunak yang digunakan untuk memutar video
  8. FastStone Image Viewer, perangkat lunak untuk mengedit file dan juga membuka gambar di komputer
  9. Microsoft Excel, perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah angka-angka
  10. Winamp, perangkat lunak yang berfungsi untuk memutar musik.

Sejarah Perkembangan Software Komputer

Perkembangan software komputer dibagi menjadi beberapa era. Berikut penjelasan era perkembangan software komputer tersebut:

  • Era Pioneer

Pada era Pioneer, sofware masih berbentuk sambungan kabel antar bagian komputer. Cara mengakses komputer di era ini adalah dengan memakai punched card seperti kartu yang diberi lubang.

Penggunaan komputer dengan program digunakan untuk mesin dengan tujuan tertentu. Pada masanya, software dan hardware menjadi satu bagian.

  • Era Stabil

Pada era stabil, software komputer dijalankan bukan satu persatu namun banyak proses yang dikerjakan secara bersamaan atau multi tasking.

Software di era ini bisa menyelesaikan banyak multi user dengan cepat dan langsung secara real time. Di era ini juga dikenal pula sistem basis data yang menjadi pemisah antar program dan data.

  • Era Mikro

Di era mikro, software sudah dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsinya. Ada software yang digunakan dalam sistem seperti Linux, Machitos, Windows dan sebagainya.

Ada juga software yang digunakan untuk keperluan aplikasi seperti Ms Office dan OpenOffice. Ada juga Language Software atau yang dikenal dengan bahasa pemrograman.

  • Era Modern

Pada era modern, software bukan bekerja untuk komputer saja namun diaplikasikan untuk smartphone atau gawai. Era modern ini dilengkapi dengan software tambahan seperti Symbian dan sebagainya.

Tingkat kecerdasan milik software juga lebih baik dan mumpuni. Selain mengenal masalah teknis, software sekarang juga mengenal gambar dan suara.

Perkembangan teknologi memang sangat pesat sehingga banyak hal yang harus Anda ketahui.

Setelah mengenal pengertian software komputer, semoga Anda menjadi tahu seberapa penting perangkat lunak ini.

Contoh Website Bisnis

Deskripsi: Inspirasi dan contoh website bisnis terbaik dan inspiratif....
Hans
3 min read

Cara Screenshot di Laptop

Deskripsi: Cara screenshot di Laptop dengan mudah dan cepat....
Hans
4 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Deskripsi: Cara mengembalikan file yang terhapus dari Komputer. Apakah...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *