Pengertian Sistem Komputer

3 min read

Deskripsi: Pengertian sistem komputer, fungsi utama, komponen atau bagian utama sistem komputer, perenarapan sistem komputer dalan era digital saat ini.


Anda sering dihadapkan dengan berbagai macam informasi data yang harus dikelola sedemikian rupa dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer diciptakan untuk mengelola berbagai tugas tersebut yang umumnya tidak dapat dikerjakan oleh otak manusia. Untuk mengatur data dengan baik, komputer perlu sebuah sistem yang disebut sistem komputer.

Sistem komputer secara dasar adalah penghubung antar komponen yang ada di dalam komputer. Untuk mengetahui lebih jelas, di artikel ini akan membahas mengenai pengertian ringkas sistem komputer beserta fungsi dan komponen-komponen penting di dalamnya.

Untuk informasi lebih lanjut, simak saja penjelasan berikut:

Pengertian Sistem Komputer
pengertian sistem komputer, via canva.com

Pengertian Sistem Komputer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa :

Sistem Komputer merupakan komponen yang berhubungan antar bagian. Selanjutnya setiap komponen tersebut bisa terhubung dan melakukan tugas sesuai intruksi pengguna komputer. Umumnya, komponen yang ada dalam sistem komputer terbagi menjadi tiga bagian utama, hardware, brainware dan software.

Penjelasan ketiganya akan dibahas di pembahasan berikutnya. Hanya saja setiap komponen mempunyai peran penting untuk mengelola data dengan baik.

Setiap komponen tersebut harus bekerja dengan baik dan beriringan supaya salah satu komponen tidak hilang. Setiap komponen memang tidak bisa dipisahkan karena akan menganggu kinerja komputer.

Fungsi Sistem Komputer

Setelah mengetahui pengertian dari sistem komputer, kita beralih ke fungsi dari sistem komputer. Secara umum, fungsi sistem komputer dasarnya mempunyai empat fungsi utama.

Adapun fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Menginput data yang ada

Fungsi pertama sistem komputer adalah menginput semua jenis data yang sudah dimasukkan pengguna menggunakan perangkat hardware.

Contoh hardwarenya seperti keyboard, microphone, mouse dan sebagainya.

2. Memroses data yang telah masuk

Fungsi selanjutnya sistem komputer adalah memproses semua data yang telah masuk ke sistem. Data yang sudah diinputkan user berbentuk bahan mentah.

Jadi setelah sistem menginputnya, sistemnya akan melakukan proses dengan mentransfer data mentah menjadi informasi yang bisa dibaca oleh memori komputer.

Proses datanya dilakukan central processing unit yang perannya juga sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan data dari input yang telah dimasukkan

Selanjutnya, fungsi sistem komputer adalah menghasilkan output dari input yang sudah dimasukkan dan diproses sedemikian rupa.

Hasil output yang dimaksud bisa berupa video, gambar hingga suara. Output ini tergantung perintah user sebelumnya.

4. Menyimpan data yang diperlukan

Fungsi sistem komputer berikutnya adalah menyimpan data yang diperlukan oleh sistem. Data tersebut berupa hasil output dan hasil olahan memori komputer.

Komponen Utama Sistem Komputer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ada tiga komponen utama sistem komputer yang menghubungkan sistem komputer.

Adapun tiga komponen utama tersebut adalah sebagai berikut.

A. Hardware

Hardware sering disebut sebagai perangkat keras yang merupakan komponen berbentuk fisik dan bisa disentuh dengan tangan. Hardware memiliki beberapa bagian didalam sistem komputer. Berikut beberapa bagian tersebut.

  • CPU

Central Prosessing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer itu sendiri. Unitnya bertanggung jawab untuk kegiatan yang ada di komputer.

CPU fungsinya untuk mengelola data dan melakukan pengontrolan perangkat internal dan eksternal yang ada hubungannya dengan komputer.

  • Input unit

Instruksi atau data yang harus diinput sebelum diolah menjadi apa yang user inginkan. Jadi diperlukan alat input unit untuk gerbang data masuk ke sistem komputer.

Data yang diinput dikonversi menjadi kode binary yang bisa dibaca memori utama komputer. Contoh alatnya adalah keyboard atau mouse

  • Output unit

Fungsi ini berkebalikan dengan input unit. Jika  input unit data masuk ke komputer, maka output unit sebaliknya.

Output menghasilkan data dan informasi hasil pemrosesan sistem komputer. Data yang dihasilkan berupa video, gambar, suara atau informasi yang kita butuhkan.

  • Storage unit

Instruksi yang diinput sistem komputer melalui input disimpan di unit strage sebelum diproses. Setelah hasil data diproses, data berikutnya disimpan di unit ini terlebih dahulu sementara.

B. Software

Software merupakan komponen sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak berwujud. Software mempunyai wujud digital yang tersimpan didalam memori komputer.

Ada beberapa jenis katagori software di sistem komputer, berikut jenis-jenisnya:

  • System Software

Jenis software yang digunakan untuk mengatur sekaligus mengontrol komponen perangkat keras komputer supaya bisa berinteraksi dengan hardware atau software lain. Contohnya adalah sistem operasi komputer.

  • Utility Software

Jenis software yang digunakan untuk menjaga sekaligus melindungi sistem komputer namun tidak memiliki kontak langsung dengan hardware. Contoh software jenis Utility adalah antivirus, disk defragmenter dan masih banyak lainnya.

  • Application Software

Jenis software yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu dari user. Contoh software yang dimaksud bisa berupa web browser, game, software office dan masih banyak lainnya.

C. Brainware

Komponen terakhir yang pasti dimiliki sistem komputer supaya bekerja semestinya adalah brainware.

Brainware bisa disebut sebagai orang yang memakai atau perangkat intelektual yang menggunakan dan mengoperasikan perangkat komputer.

Tanpa brainware, sistem komputer hanya seperangkat kosong yang tidak digunakan apa saja.

Itu pengertian sistem komputer, fungsi dan komponen yang menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Sistem komputer dasarnya sangat membantu aktivitas pekerjaan seseorang.

Wajar karena dengan bantuan sistem komputer, Anda bisa menikmati kemudahan akses di era teknologi seperti sekarang,.

Penerapan Sistem Komputer di Kehidupan Sehari-hari

Penerapan sistem komputer sudah banyak ditemui di sekitar kita. Wajar karena bagian sistem komputer ini sangat membantu pekerjaan manusia di era teknologi seperti sekarang.

Penasaran apa saja penerapan sistem komputer? Bagi yang penasaran simak saja ulasannya berikut

1. Bidang industri

Di bidang industri, komputer digunakan untuk mengontrol mesin yang digunakan untuk produksi perusahaan dengan kecepatan tertinggi.

Contohnya untuk CNC hingga mesin serba guna. Dengan sistem komputer, pekerjaan di industri tidak sesulit yang dibayangkan.

2. Bidang niaga

Di bidang niaga atau bisnis, penerapan sistem komputer sudah sangat jelas. Contohnya digunakannya mesin kasir yang menggunakan tenaga sistem komputer.

Sehingga mesin bisa dikontrol dengan baik oleh manajer hanya dari ruang kerjanya saja.

3. Bidang pendidikan

Sistem komputer biasanya digunakan untuk media bantu ajar. Selain itu, banyak alat laboratorium yang dilengkapi sistem komputer supaya pekerjaan lebih teliti serta bisa terhindar dari hambatan indra manusia. Alat riset kebanyakan juga menggunakan sistem komputer.

4. Bidang bioteknologi

Alat-alat kultur yang ada di bidangnya kebanyakan menggunakan kontrol sistem komputer. Tujuannya agar ketelitian pekerjaan lebih bagus dan menjadikan ruangan lebih steril.

Bahkan tidak sedikit perusahaan negara maju mengembangkan robot komputer untuk keperluan ini.

5. Bidang militer

Sistem komputer juga sudah merambah ke bidang militer. Sistem komputer mengontrol pesawat angkasa dan pesawat terbang. Hal ini untuk mengatasi kesulitan kontrol, kebanyakan pesawat sudah mengadopsi tenaga komputer.

Seperti itu pengertian sistem komputer hingga penerapannya didalam kehidupan sehari-hari. Komputer tidak bisa dipisahkan dengan raga manusia era digital. Karena dengan komputer, semua hal bisa menjadi lebih mudah dilakukan.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *