Hairo Good vibes only!

Pengertian Video Conference

2 min read

Deskripsi: Pengertian Video Conference, Fungsi, dan Tips Video Conference


Work From Home (WFH) merupakan salah satu aktivitas yang mungkin sulit dilakukan karena banyak orang yang belum terbiasa.

Kendala utama saat WFH adalah komunikasi, namun kini tidak perlu khawatir karena pertemuan atau meeting bisa dilakukan dengan cara virtual yang mengasyikkan.

Cara WFH terbaik adalah dengan menggunakan video conference sebagai tempat untuk bertemu secara virtual, lalu apa itu pengertian video conference?

Video conference bisa dijadikan sebagai tempat webinar, pelatihan, dan lain sebagainya yang memungkinkan untuk dilakukan secara online.

Pengertian Video Conference

Video Conference merupakan teknologi yang membuat seluruh penggunanya berada pada tempat yang berbeda dan melakukan pertemuan secara virtual tanpa tatap muka.

Bisa dirasakan bahwa menggunakan video conference adalah cara yang nyaman dan praktis untuk menjalankan sebuah pekerjaan maupun proses belajar.

Waktu, biaya, dan tenaga pastinya akan berkurang dengan memaksimalkan manfaat dari dilakukannya video conference ini. Sebagai contoh ketika menyelenggarakan rapat dalam skala besar, tidak harus mengeluarkan biaya untuk konsumsi dan yang lainnya.

Penggunaan video conference adalah untuk meeting rutin, berbincang masalah kesepakatan bisnis, interview kerja, melakukan penelitian dengan wawancara, dan beberapa hal lainnya baik formal maupun informal.

Fungsi dari Video Conference

Setelah mengetahui pengertian video conference maka kamu juga harus tau tentang fungsi dari teknologi ini, yaitu:

1. Pada Sektor Bisnis

Pada sektor bisnis video conference memiliki fungsi untuk meningkatkan produktivitas para karyawannya. Selain itu, bisa pula dijadikan sebagai alat untuk pertemuan rutin agar komunikasi dan interaksi dengan para rekan kerja yang lain tidak terputus.

Saat melakukan video conference maka biaya perjalanan ditiadakan, tidak adanya biaya pelatihan, dan membuat mempersingkat waktu untuk melakukan proyek dari hasil komunikasi yang telah dilakukan oleh tim manajemen.

2. Penggunaan Pribadi

Menjaga silaturahmi sangat penting meski tanpa bertatap muka. Salah satu cara untuk menjaga silaturahmi adalah menggunakan video conference, meskipun bukan hal yang formal namun teman, keluarga, atau orang terdekat dapat tetap saling menyapa.

Melakukan video conference akan membuat pribadi satu dan yang lainnya lebih akrab, serta memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

3. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, pembelajaran secara online melalui video conference dapat membantu guru menjadi semakin kreatif dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik.

Selain itu siswa pun akan mampu memupuk rasa mandiri dalam mencari materi yang akan dipelajarinya.

Siswa dan guru dapat berinteraksi secara langsung dan membantu siswa agar aktif berbicara, meskipun melalui video conference. Secara tidak langsung siswa akan mengembangkan kemampuan verbalnya dengan baik dan benar.

4. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan akan bermanfaat untuk berkonsultasi secara online, sehingga kamu tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit. Bahkan dengan sesama dokter dapat bertukar pikiran secara cepat tanpa memedulikan jarak, tempat, dan biaya perjalanan.

5. Bagi Masyarakat

Video conference dapat digunakan sebagai sarana untuk beribadah secara online. Ibadah yang dimaksud adalah ceramah online, kajian online, atau yang lainnya.

Hal tersebut dapat menjadi hal yang sangat baik dan positif untuk masyarakat yang resah karena tidak dapat beribadah bersama.

Tips untuk Melakukan Video Conference

Video conference yang dilakukan bisa saja sangat membosankan jika dilakukan secara sering dan monoton, sehingga ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Workplace atau tempat kerja harus dibuat senyaman mungkin dan pastikan kebersihannya.
  2. Persiapkan alat atau perangkat teknologi dengan lengkap yaitu laptop, HP, speaker, earphone, mouse, atau beberapa hal lain yang kamu butuhkan.
  3. Koneksi internet yang bagus adalah kunci kesuksesan video conference agar dapat berjalan dengan lancar.
  4. Gunakan jam bekerja atau sekolah untuk melakukan video conference yang bersifat formal.
  5. Membuat bahan pembicaraan yang relevan dan membatasi pembahasan sehingga dilakukan dengan efektif dan efisien.
  6. Menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan santun sehingga memupuk komunikasi yang baik antar kolega.

Video conference yang dilakukan dengan baik akan memberikan manfaat yang maksimal, terutama jika kamu mengikuti tips di atas.

Kamu bisa melakukan video conference untuk berhubungan dengan rekan kerja, teman satu kelompok, atau teman satu kelas, dan bahkan bisa dengan saudara jauh.

Baca juga: Pengertian Chatting

Hairo Good vibes only!
                                     
           

Apa itu LTE?

Deskripsi: Apa itu LTE? Media sosial, streaming video dan...
Hairo
2 min read

Pengertian Cyber Crime

Pengertian cyber crime – Di tengah kemajuan teknologi yang...
Hairo
4 min read

Pengertian NFC

Pengertian NFC – Saat melihat review tentang smartphone terbaru,...
Hairo
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *