Pengertian Chatting

3 min read

Advertisement

Pengertian chatting – Salah satu bentuk kemajuan teknologi di era global seperti saat ini adalah mudahnya berkomunikasi. Chatting adalah salah satu kemajuan dari pesatnya perkembangan teknologi.

Pengertian chatting secara umum yaitu fitur program internet yang melakukan kegiatan komunikasi antara 2 orang atau lebih dengan media aplikasi chatting.

Advertisement

Fitur chatting selain mengirim pesan dalam bentuk teks, Anda dapat mengirim pesan dalam bentuk audio dan video.

Tentunya dalam penggunaan fitur chatting, antara pengirim dan penerima pesan harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Berbeda dengan email, fitur chatting dirancang agar pengiriman pesan berjalan lebih efisien. Pengirim pesan dapat mengetahui jika pesan sudah masuk.

Pengertian Chatting
pengertian chatting, via canva.com

Fungsi Chatting

Saat ini hampir seluruh masyarakat di dunia pasti menggunakan minimal satu aplikasi chatting. Sudah sangat jarang orang yang tidak tahu sama sekali mengenai fitur ini karena fungsinya yang sangat fital.

Inilah beberapa fungsi dari fitur chatting.

Advertisement
  1. Chatting mempermudah komunikasi sehingga menjadi lebih cepat dan efisien.
  2. Mempermudah dalam melakukan konsultasi.
  3. Fitur chatting dapat dijadikan sebagai tempat untuk diskusi dan belajar.
  4. Mempermudah komunikasi dalam menjalin hubungan.
  5. Sebagai tempat untuk membahas sesuatu dengan membuat grup atau multiple chatting.
  6. Dapat digunakan sebagai sarana menambah teman baru.
  7. Sebagai alat berhubungan sosial dengan keluarga, rekan kerja atau sahabat.

Manfaat Chatting

Adanya fitur chatting menjadikan dunia bisnis semakin berkembang. Fitur chatting mempermudah pelaku bisnis dalam meningkatkan pendapatannya. Berikut ini beberapa manfaat chatting dalam dunia bisnis.

1. Komunikasi Menjadi Lebih Mudah

Fitur chatting mempermudah perusahaan dalam melakukan koordinasi antar karyawan. Jika ada karyawan yang sedang tidak berada di kantor akan tetap bisa mendapatkan informasi tanpa harus berada di kantor terlebih dahulu.

Memanfaatkan fitur chatting Anda bisa menyampaikan informasi penting yang segera dapat Anda kirim melalui fitur grup atau multiple chat. Hal ini tentunya berdampak positif untuk dunia bisnis.

2. Mendapatkan Informasi Terkini dengan Cepat

Aplikasi chatting dapat mempermudah Anda untuk bertukar informasi terkini tanpa perlu bertatap muka atau harus menelpon terlebih dahulu karena semua dapat dilakukan cukup dengan chatting.

3. Waktu Menjadi Efisien

Waktu adalah hal yang paling berharga di kehidupan. Dengan adanya chatting Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk membuat surat resmi terlebih dahulu karena mengirim undangan melalui chatting sudah menjadi hal yang umum dilakukan saat ini.

Keberadaan chatting, waktu bisa lebih Anda manfaatkan dengan maksimal, contohnya waktu yang diperlukan untuk menyebar dan membuat undangan dapat diganti dengan kegiatan produktif lainnya. Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan pendapatan perusahaan.

4. Media Berinteraksi dengan Pelanggan

Fitur chatting bukan hanya bermanfaat bagi pelaku bisnis saja, tapi untuk pelanggan serta memiliki manfaat yang tidak kalah penting.

Adanya fitur chatting memudahkan pelanggan untuk langsung berinteraksi dengan penjual menanyakan, memesan atau melakukan komplain produk.

Bagi penjual hal ini juga bermanfaat karena dapat mampermudah dalam meningkatkan kinerja dengan saran atau kritik yang disampaikan melalui chatting dari pelanggan.

5. Sebagai Media Promosi

Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk mencetak brosur atau baliho yang tentunya harganya tidak murah.

Advertisement

Hanya dengan menggunakan fitur broadcast message pada aplikasi chatting dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Cara ini sangat efisien terutama bagi pelaku bisnis online.

Dampak Negatif

Tidak hanya berbagai manfaat positif yang dirasakan karena adanya chatting. Namun terdapat pula dampak negatif yang ditimbulkan karena adanya fitur chatting ini. Berikut adalah beberapa dampak negatif fitur chatting.

1. Perangkat Mudah Terkena Virus

Chatting berpotensi membuat perangkat mudah terkena virus. Perangkat Anda akan terkena virus jika Anda melakukan chatting menggunakan aplikasi atau website yang belum terproteksi.

Anda dapat menghindarinya dengan menggunakan aplikasi atau website yang sudah banyak dipakai dan tentunya terpercaya.

2. Penyebaran Berita Bohong

Penyebaran berita bohong atau hoax saat ini sedang marak terjadi. Hal ini adalah dampak negatif penggunaan fitur chatting. Sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu kebenaran dari berita tersebut.

Jangan mudah percaya karena jika Anda sudah terlanjur ikut menyebarkannya, Anda akan berpotensi terjerat pasal pidana.

3. Berhubungan dengan Orang Asing

Fitur chatting memang memiliki manfaat sebagai media mencari teman baru. Tapi hal ini bisa disalahgunakan untuk kegiatan yang tidak diinginkan. Carilah teman baru yang bisa diajak berdiskusi atau yang dapat menambah wawasan Anda.

4. Kurang Bersosialisasi

Karena cukup dengan chatting sudah bisa melakukan obrolan melalui gadget, sifat bersosialisasi sebagai manusia menjadi berkurang.

Sebaiknya melakukan chatting untuk keperluan yang penting atau hanya sekedar hiburan saja. Jangan sampai menjadi ketagihan karena menyebabkan kurangnya sifat bersosialisasi dengan dunia nyata.

5. Menimbulkan Masalah Kesehatan

Terlalu banyak berdiam diri karena terlalu sering untuk chatting dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Masalah kesehatan yang biasanya ditumbulkan adalah otot yang kaku, penglihatan menjadi terganggu bahkan lebih parah dapat menimbulkan rematik.

6. Berpotensi Terjadinya Penipuan

Fitur Chatting juga dapat berpotensi terjadinya aktivitas penipuan. Jika Anda ingin melakukan jual atau beli online, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa penjual atau pembeli adalah orang yang memang ingin melakukan transaksi.

Contoh Aplikasi Chatting

Terdapat banyak aplikasi chatting yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi chatting ini bisa diunduh melalui perangkat Anda dengan gratis.

Berikut adalah beberapa aplikasi chatting yang umum digunakan oleh masyarakat.

1. WhatssApp

WhatssApp adalah salah satu aplikasi messenger yang dimiliki oleh Facebook. Disini Anda dapat mengirim pesan berupa teks, foto, audio, file dan video.

Selain itu Anda dapat menggunakannya untuk menelpon atau video call dan membuat story seperti di Instagram.

2. Line Messenger

Aplikasi chatting ini banyak digunakan oleh kalangan muda. Selain dapat digunakan seperti aplikasi chatting pada umumnya, tampilan interface dari aplikasi ini sangat menarik.

Pada Line Messenger terdapat fitur stiker dan tema. Line mempunyai ragam jenis stiker dari gambar diam sampai yang bergerak, hingga bersuara.

3. Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi chatting selain Whatssapp yang dimiliki Facebook. Keunggulan dari Facebook Messenger adalah cara mengaksesnya yang praktis.

Anda hanya perlu membuka aplikasi ini dan akan terhubung dengan facebook. Anda juga dapat mengetahui pesan yang masuk tanpa membuka dahulu akun Facebook.

4. Telegram

Aplikasi chatting Telegram bisa dibilang sebagai pendatang baru untuk bersaing dengan pendahulunya. Aplikasi ini mempunyai fitur yang mirip dengan WhatssApp. Telegram menggunakan nomor telepon sebagai identitas kontak.

Telegram memiliki beberapa keunggulan seperti ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak menguras ruang penyimpanan smartphone.

Dalam sisi keamanan Telegram juga lebih unggul karena menggunakan teknologi enkripsi yang lebih canggih dan terdapat fitur secret Chat.

Fitur chatting sudah menjadi umum di masyarakat. Fitur chatting memiliki manfaat yang positif dan dapat juga memiliki dampak yang negatif, tergantung cara pemakaian dan pemanfaatannya.

Hal itu tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pengertian chatting dan berbagai fitur chatting lainnya.

Baca juga: Pengertian Email

Advertisement

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian Green Screen

Advertisement Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *