Pengertian Web Browser

3 min read

Deskripsi: Pengertian web browser, fungsi, cara kerja dan macam browser


Jika Anda ingin mengakses atau menjelajahi internet, terdapat banyak hal yang Anda butuhkan.

Tentunya berbagai macam hal tersebut harus Anda miliki agar kegiatan penjelajahan di dalam internet dapat dilakukan dengan lancar.

Berbagai hal yang dibutuhkan untuk menjelajahi internet ini di antaranya seperti perangkat komputer, akses internet, dan tentunya sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet.

Aplikasi tersebut biasa juga disebut dengan web browser. Berikut pengertian web browser:

apa itu web browser, via canva.com

Apa Itu Web Browser?

Pengertian web browser yaitu sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menjelajahi, menyajikan, dan mengambil konten yang ada di berbagai macam sumber informasi pada jaringan internet atau WWW.

Selain itu, ada juga yang mengatakan jika web browser ini berarti sebuah perangkat lunak yang mempunyai kegunaan untuk mengakses, menyajikan, dan menerima berbagai macam informasi yang ada di dalam internet.

Jika dilihat dari frasa katanya, web merupakan singkatan dari website atau situs di dalam internet. Sedangkan untuk browser berarti media penjelajahan.

Berdasarkan definisi kata di atas, maka web browser dapat berarti alat yang digunakan untuk menjelajahi halaman situs website di internet.

Peranan web atau web browser ini bisa mengidentifikasi sumber informasi dengan proses pengidentifikasian pada sumber yang seragam. Hal tersebut berupa halaman pada website, gambar, video, ataupun berbagai jenis konten yang lain.

Fungsi Dari Web Browser

Sebagai pengguna internet, Anda pasti akan sering menggunakan web browser untuk melakukan segala aktivitas dalam penjelajahan di internet.

Mengacu dari pengertian web browser di atas, terdapat beberapa fungsi dari web browser berikut ini.

1. Membuka Halaman Website

Fungsi utama yang dimiliki oleh sebuah web browser yakni untuk membuka suatu halaman situs atau website yang ada di internet.

Dengan menggunakan web browser, maka para pengguna internet akan diarahkan secara langsung ke alamat situs yang hendak diakses.

2. Memastikan Keamanan Suatu Website

Pada umumnya, sebagian besar dari web browser akan melakukan proses verifikasi atau autentikasi untuk sebuah laman situs guna memastikan apakah laman situs tersebut aman atau terlalu berbahaya untuk dikunjungi oleh para pengguna internet.

Hal ini dikarenakan terdapat cukup banyak website atau situs yang telah terjangkit oleh malware maupun segaja dipasang atau diberi suatu software tertentu.

Hal itu dilakukan untuk modus pencurian data dari para pengguna internet yang mengunjungi situs tersebut.

3. Mendukung Permintaan Data

Web browser juga memiliki fungsi untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh para pengguna. Sebagian besar dari alamat situs atau website bisa diakses dengan memakai sebuah web browser.

Berbagai macam konten yang ada di dalam suatu laman website dapat langsung didownload atau disimpan ke dalam dokumen yang ada di dalam komputer. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda ketika membutuhkan konten dari situs tersebut.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan

Secara umum, web browser juga mempunyai fungsi mengumpulkan semua data yang ada di dalam sebuah website. Hal ini akan membuat sebuah situs atau website dapat ditampilkan dengan tampilan yang lebih baik.

Web browser bisa menampilkan berbagai macam konten yang ada di dalam situs tersebut. Seperti halnya bentuk teks, video, foto, audio, ataupun konten lain. Penggunaan dari laman website dapat dilakukan secara lebih maksimal.

5. Mendukung Penggunaan Dari Mesin Pencari

Mesin pencari atau lebih sering disebut dengan search engine dan juga web browser merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan antara keduanya.

Mesin pencari adalah bagian dari sebuah web browser yang bisa memudahkan pengguna untuk mencari informasi atau data yang ada di internet.

Manfaat dari Penggunaan Web Browser

Dari penjelasan mengenai fungsi dari web browser yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda pasti sudah tahu jika terdapat banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan web browser tersebut.

Untuk itu, berikut beberapa manfaat dari penggunaan web browser.

  1. Web browser bisa membantu pengguna menyimpan berbagai macam konten yang ada di dalam internet ke komputer pengguna tepatnya di dokumen.
  2. Web browser akan memudahkan para pengguna dalam melakukan akses untuk berbagai macam informasi yang ada di dalam internet.
  3. Web browser bisa dipakai untuk membuka banyak sekali situs yang dapat membantu semua pekerjaan manusia.

Cara Kerja Web Browser

Jika Anda sudah mengetahui manfaat dari web browser seperti yang telah dijelaskan, maka Anda juga perlu untuk mengetahui cara kerja dari web browser.

Oleh karena itu, langsung saja berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

1. Instal Web Browser

Agar sesorang bisa menggunakan suatu web browser tertentu dalam perangkatnya, maka orang tersebut perlu menginstal web browser ke dalam perangkat yang digunakan terlebih dahulu.

Hanya dengan menggunakan cara ini sebuah web browser bisa dijalankan melalui sebuah perangkat.

2. Jalankan Web Browser

Ketika software dari web browser sudah terinstal dengan baik, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi tersebut.

Ketika web browser sudah terbuka, maka Anda perlu mengetik alamat dari website yang dituju pada kolom URL yang telah disediakan.

3. Buka Situs yang Dituju

Setelah Anda memasukan alamat dari website dan sudah menekan enter, maka aplikasi web browser akan langsung bekerja serta mengambil data dari dalam website yang Anda tuju. Biasanya hal ini dilakukan dalam kode html.

Langkah selanjutnya, browser akan diarahkan menuju ke halaman yang Anda tuju.

Misalnya saja Anda menuliskan google.co.id, maka secara otomatis web browser akan mengakses dan membuka website dari Google ketika sudah melakukan verifikasi atau autentikasi.

Contoh Web Browser

Dapat dikatakan bahwa untuk saat ini terdapat banyak sekali web browser yang dapat Anda gunakan. Berbagai web browser tersebut tentunya memiliki kelebihannya tersendiri.

Untuk itu, berikut contoh dari web browser.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah web browser yang dibesut oleh Google.inc. Bisa dibilang bahwa Google Chrome merupakan web browser yang paling banyak digunakan, karena sekitar 60% pengguna internet menggunakan web browser yang satu ini.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan perangkat untuk web lintas platform yang bersifat bebas serta terbuka. Web browser yang satu ini dikembangkan oleh Yayasan Mozill dan ratusan sukarelawan.

Mozilla Firefox berada pada urutan kedua web browser yang paling banyak digunakan.

3. Opera

Opera adalah perangkat web serta perangkat lunak internet untuk antar platform yang telah dirancang guna menjelajah internet secara aman dan tentunya cepat.

Opera ini lebih banyak digunakan oleh pengguna mobile karena kecepatannya.

4. Safari

Safari merupakan sebuah web browser yang dibesut oleh Apple.inc. Pada awalnya, web browser ini hanya diciptakan secara khusus untuk macOS. Namun saat ini Safari sudah bisa digunakan pada platform yang lain.

Memahami pengertian web browser dan berbagai hal mengenai web browser di atas, menuntun Anda untuk menggunakan web browser dengan benar.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh web browser yang ada saat ini, namun kelima web browser di atas adalah yang paling direkomendasikan.

Baca juga: Pengertian Hosting

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *