Pengertian Wifi

3 min read

Jaringan wifi merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi perkantoran modern saat ini. Bahkan, jika berkunjung ke sebuah restoran, tidak jarang sudah menyediakan wifi gratis sebagai daya tarik.

Peningkatan kebutuhan akan jaringan wifi saat ini tidak terlepas dari kemunculan industri baru. Sebuah industri yang memungkinkan seseorang untuk dapat saling terhubung dari satu wilayah ke wilayah lainnya tanpa harus bertatap muka.

Mengingat pentingnya peranan wifi dalam kehidupan saat ini, pembahasan selanjutnya akan menyangkut pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya.

Pengertian Wifi
pengertian wifi, design with canva.com

Pengertian Wifi

Wifi merupakan suatu jaringan nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai media penghubung antar perangkat dengan tujuan saling bertukar data.

Wifi sendiri adalah WLAN (Wireless Local Area Network) yang dilengkapi dengan standar IEEE – 802.11. Perangkat yang dapat saling terhubung dengan wifi meliputi komputer, smartphone ataupun konsol video game.

Banyak orang mengira bahwa wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Namun pada kenyataannya, nama wifi diberikan oleh pihak Wifi Alliance selaku pemilik merk dagang wifi agar lebih mudah diucapkan daripada harus menggunakan istilah WLAN atau IEEE-802.11.

Istilah Wireless Fidelity dikenal masyarakat setelah Wifi Alliance menggunakannya sebagai slogan iklan.

Setiap perangkat dapat saling terhubung tanpa harus memasang kabel jaringan. Proses pertukaran data juga dapat berlangsung dengan cepat selama  berada di dalam area jaringan wifi.

Perlu diketahui jangkauan dari jaringan wifi dipengaruhi oleh jenis frekuensi, antena pemancar atau penerima dan bahan material penghalang.

Awalnya, perangkat wifi hanya dapat beroperasi pada satu jenis frekuensi. Frekuensi yang pertama adalah 2,4 GHz dan yang kedua adalah 5 GHz.

Namun, seiring perkembangannya, sebuah router wifi hotspot dapat beroperasi dengan dua frekuensi berbeda hanya dengan satu perangkat saja.

Fungsi Jaringan Wifi

Banyak perangkat elektronik memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan internet. Misalnya, komputer, laptop, smartphone, televisi hingga smartwatch.

Untuk dapat menyimpulkan fungsi dari wifi, berikut akan dijelaskan beberapa fungsi dari jaringan wifi .

1. Penghubung Antar Perangkat

Jaringan wifi dapat digunakan sebagai media penghubung antar perangkat yang kita miliki tanpa harus menggunakan kabel.

Jaringan ini juga bisa disebut dengan Wireless Local Area Network atau WLAN. Dengan begitu, Anda bebas menambah atau mengurangi perangkat yang akan dihubungkan ke dalam jaringan lokal.

2. Berbagi Koneksi Internet

Sinyal wifi pada salah satu perangkat yang Anda miliki dapat dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet kepada perangkat yang lain.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki paket data internet di smartphone dan ingin berbagi koneksi dengan laptop di sampingnya, Anda hanya menyalakan fitur hotspot.

3. Sinkronisasi antar Device

Hanya dengan menambahkan aplikasi pihak ketiga, jaringan wifi dapat membantu Anda melakukan sinkronisasi antara smartphone dengan smartphone lain atau bahkan komputer.

Hal itu dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel data tentunya. Banyak aplikasi yang memungkinkan fungsi ini dijalankan, seperti Xender, Wifi File Explorer, Share it dan berbagai aplikasi sejenis.

4. Print

Jika Anda memiliki printer yang sudah mendukung jaringan nirkabel, Anda dapat melakukan perintah untuk mencetak tanpa kabel penghubung.

Fungsi ini dapat dilakukan baik oleh komputer maupun smartphone. Tentu hal ini akan semakin mempermudah kita dalam mengerjakan aktivitas perkantoran atau tugas-tugas kuliah.

5. Keyboard atau Remote Pengganti

Jika keyboard atau mouse pada komputer Anda bermasalah, smartphone yang Anda miliki bisa menjadi penggantinya.

Smartphone dapat terhubung ke komputer sebagai keyboard atau mouse. Anda hanya perlu menginstal aplikasi pendukungnya di Google Play Store seperti Wifi mouse dan sejenisnya.

Cara Kerja Wifi

Jika ingin meminta data atau mengirimkan data melalui jaringan wifi, permintaan atau kiriman data tersebut akan didistribusikan melalui gelombang radio di udara.

Agar data tersebut dapat dibaca oleh perangkat lain, dalam proses pertukaran tersebut membutuhkan wireless adaptor yang terhubung ke wifi.

Gelombang radio dalam bentuk sinyal ini kemudian dikirimkan ke sebuah router sebagai pemecah kode. Setelah data terbaca, selanjutnya akan dikirim ke jaringan internet melalui koneksi ethernet.

Jaringan wifi bekerja dua arah, maka setiap data yang diterima dalam waktu yang bersamaan akan menjadi kode pada setiap paket data yang selanjutnya dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio dan diterima oleh adaptor komputer nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wifi

Saat ini, jaringan wifi sudah bisa dimanfaatkan oleh banyak perangkat elektronik untuk menjalankan fungsinya.

Bahkan, tidak sedikit yang menggantungkan pekerjaan dan aktivitas kesehariannya pada perangkat ini. Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan wifi.

Kelebihan Wifi

  1. Produk wifi sudah tersedia secara luas dan merata di pasaran.
  2. Jaringan yang cukup ekonomis. Kini paket wifi dapat dinikmati dengan harga yang kian menurun.
  3. Tersebar di banyak tempat umum (sekitar 250.000 spot), jutaan rumah dan juga seluruh universitas di dunia.
  4. Jaringan ini menggunakan gelombang radio sebagai media penghubungnya. Sehingga akan mengurangi biaya penyebaran kabel jaringan.
  5. Ruang publik atau suatu tempat yang tidak memungkinkan untuk menjalankan kabel seperti museum dan area outdor dapat memanfaatkan jaringan ini.
  6. Compatible dengan berbagai jenis perangkat seperti komputer, laptop, smartphone atau konsol video games.
  7. Beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz hingga 5 GHz yang dapat mengirim dan menerima data berkapasitas hingga 54 Mbps.
  8. Jaringan ini didesain untuk memiliki simetrik up and down speed.
  9. Proses instalasi perangkat ini cukup mudah dan cepat dibandingkan dengan jaringan kabel yang membutuhkan komponen pendukung untuk memasangnya.

Kekurangan Wifi

  1. Spektrum jaringan wifi di angka 2,4 GHz sering menabrak spectrum perangkat lain seperti Bluetooth, telepon nirkabel, microwave, pengirim video dan sebagainya. Hal ini dapat mengurangi kinerja dari perangkat tersebut.
  2. Jaringan wifi memiliki jangkauan yang terbatas. Sebuah outer wifi rumahan hanya mampu menjangkau sekitar 45 m (150 kaki) di dalam ruangan dan 90 m (300 kaki) di luar ruangan.
  3. Sifatnya yang bisa diakses secara publik, membuat wifi bisa dimasuki oleh siapa saja. Tidak menutup kemungkinan seseorang dengan kemampuan meretas yang cukup tinggi dapat memanfaatkan celah ini untuk kepentingan pribadinya.
  4. Jaringan wifi tidak cocok untuk transfer data berukuran besar. Hal ini berbeda dengan jaringan kabel yang mendukung transfer data berukuran besar, bahkan mencapai 1 Gbps.
  5. Kecepatan akses yang bergantung pada jarak dengan router. Jika mengakses wifi di dekat router atau acces point, dapat memperoleh kecepatan maksimalnya. Namun saat berada agak jauh dari router, kecepatan akses akan berkurang cukup drastis. Hal ini berbeda pada jaringan kabel yang tidak terpengaruh jarak.

Penjelasan di atas telah menggambarkan secara jelas pengertian wifi, fungsi dan cara kerjanya. Di samping itu kelebihan dan kekurangan dari jaringan wifi juga dijabarkan dalam bentuk poin demi poin.

Ini menjadi modal awal bagi Anda untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang apa itu wifi.

Baca juga: Pengertian Bluetooth

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *