Perbedaan Blog dan Web

2 min read

Deskripsi: Pengertian Blog dan Website, Perbedaan blog dan web dari segi konten, arah komunikasi, tujuan, dan desain dan pengelola.


Website dan blog adalah sesuatu yang berbeda. Perbedaan website dan blog sering diperbincangkan oleh beberapa orang yang tertarik dalam dunia online.

Advertisements

Jika harus memilih mana yang terbaik kadang membingungkan karena keduanya merupakan platform yang cocok untuk berbisnis.

Menentukan antara website atau blog tergantung pada tujuan yang hendak kamu capai. Jangan sampai salah memilih.

Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk menentukan antara website atau blog.

Pengertian Blog dan Website

Website, merupakan sejumlah laman secara online yang masih terhubung pada satu domain dan siapa saja bisa mengelolanya seperti individu, perusahaan, organisasi, bahkan pemerintah.

Blog, sedikit berbeda dengan website, blog adalah web log yang di dalamnya berisi mengenai konten tulisan seperti argumen, pengalaman, dan juga beberapa aktivitas penulis.

Website merupakan sebuah tempat atau wadah besar untuk tulisan yang ada di dalam blogmu.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa website memiliki jangkauan yang lebih luas dan blog adalah sesuatu yang terdapat di dalam website.

Perbedaan Blog dan Website

Beberapa hal dapat membedakan antara website dan blog, di antaranya yaitu:

1. Berdasarkan Tampilan Homepage

Homepage atau halaman depan dari website biasanya menyajikan rangkuman dari situs web itu sendiri.

Hal ini menunjukkan kepada pengunjung dari suatu website tersebut tentang profil dan layananan utama dari website tersebut, misalnya jenis produk / jasa yang ditawarkan oleh suatu website.

Sedangkan Homepage pada Blog umumnya langsung menyajikan kumpulan postingan atau artikel yang tertata sedemikian rupa di bagian Homepage.

2. Konten

Konten untuk sebuah blog dapat berisi artikel, podcast, video, atau beberapa hal yang lain dan sejenis. Beberapa hal tersebut dituliskan dalam naungan satu tema yang diminati oleh sang penulis.

Dapat dikatakan bahwa blog adalah versi informal dari sebuah platform bisnis.

Konten yang terdapat pada website lebih formal dan memiliki kepentingan di atas blog karena mengenai suatu produk dan pelayanan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa website menyediakan beberapa hal yang sama seperti blog.

3. Arah Komunikasi

Jika dibandingkan, maka arah komunikasi dari kedua hal tersebut adalah berbeda.

Blog lebih memiliki arah komunikasi yang interaktif dan bersahabat dengan para pembaca, hingga terdapat kolom komentar di bawahnya untuk mendukung kedekatan antara penulis dan pembaca.

Website saat ini lebih bersifat satu arah dan tidak menyediakan kolom komentar di bawahnya. Website sangat cocok digunakan untuk keperluan formal.

4. Berdasarkan Tujuan dari Subscribe

Fitur subscribe yang digunakan pada sebuah blog bertujuan untuk memudahkan para pembaca mendapatkan notifikasi untuk setiap konten baru.

Pembaca yang menggunakan fitur subscribe dianggap sebagai pelanggan atau pembaca setia dari blog tersebut.

Sedangkan Fitur subscribe pada beberapa website, menyediakan pengiriman sebuah newsletter baru yang biasanya berisikan produk dan layanan yang ditawarkan.

5. Gaya Bahasa

Gaya bahasa akan mengikuti tema apa yang digunakan pada blog dan website. Jika blog relatif menggunakan bahasa informal karena sasarannya adalah untuk menghibur para pembaca.

Namun terdapat beberapa blog yang menggunakan bahasa formal untuk tujuan tertentu.

Pada website, bahasa yang digunakan lebih profesional dan juga formal bahkan terkesan persuasif karena untuk sebuah mencapai tujuan tertentu.

Beberapa tujuan yang ingin dicapai adalah adanya pembeli tetap pada produk dan layanannya maupun untuk kepentingan pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan, atau yang lainnya.

6. Update

Hal yang terpenting dari blog dan website adalah waktu upload yang dilakukan. Blog lebih sering melakukan update untuk konten secara rutin agar dapat menjaga loyalitas pembaca.

Konten akan dinamis jika dibuatkan sebuah jadwal sehingga tidak membuat para pembaca menunggu.

Sedangkan untuk konten website tidak sesuai jadwal karena adanya perubahan seperti informasi produk dan layanan, sehingga tidak akan terjadwal dan cenderung statis pada pergerakan updatenya.

7. Pembagian Konten

Dalam hal pembagian konten, blog lebih berdasarkan tag dan kategori seperti kategori company, marketing, finance, design, dan beberapa kategori lainnya.

Pembagian konten pada website lebih mengarah pada produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga terdapat hosting di lamannya dan tergantung pada beberapa yang ditawarkan.

8. Pengelola

Dalam hal pengelola, blog dikelola oleh blogger. Blogger merupakan pengelola secara mandiri untuk membuat konten sesuai dengan keinginan, sehingga terdapat blogger yang benar-benar sukses dalam menjalankan blognya.

Berbeda dengan website yang dikelola oleh tim ahli yaitu designer, developer, dan copywriter sehingga lebih tertata rapi, serta menggunakan bahasa yang profesional.

Blog dan website memang berbeda, namun kamu bisa menggunakan keduanya jika memang diperlukan.

Kelebihan dan kelemahan dimiliki oleh blog maupun website, namun bukan berarti yang satu lebih unggul karena mengingat adanya perbedaan tujuan untuk setiap penggunanya.

Itulah 8 perbedaan blog dan web pada poin umumnya, semoga menambah wawasanmu.

Advertisements
                                     
           

Manfaat Email

Deskripsi: Istilah email, manfaat email dalam kehidupan sehari-hari. Mari...
Hairo
2 min read

Darimana Sumber Penghasilan Blogger?

Deskripsi: Sumber Penghasilan Blogger, dari mana saja Blogger bisa...
Hairo
2 min read

Content Management System (CMS)

Deskripsi: Pengertian CMS atau Content Management System, Fungsi dan...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *