Perbedaan (Internet dan Intranet)

3 min read

Perbedaan Internet dan Intranet – Terdapat banyak media untuk melakukan aktivitas komunikasi di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini.

Media komunikasi yang dibutuhkan saat ini harus memiliki mobilitas dan kemudahan dalam penggunaannya. Media komunikasi saat ini sudah menjadi suatu yang menunjang segala aktivitas kegiatan manusia.

Terdapat dua media yang umum dipakai saat ini untuk berkomunikasi maupun mendapatkan informasi terkini yang memiliki fungsi sedikit mirip tapi dalam penggunannya internet dan intranet memiliki perbedaan.

Jika jaringan internet biasanya digunakan oleh masyarakat umum, berbeda dengan intranet yang biasanya digunakan oleh perusahaan, instansi atau organisasi untuk komunikasi internal.

Internet

Perbedaan Internet dan Intranet
pengertian internet, via canva.com

Internet adalah jaringan komunikasi yang memanfaatkan dua atau lebih media elektronik dalam penggunaanya. StAndar teknologi pendukung yang digunakan secara luas adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Internet memiliki beberapa fungsi dalam aktivitas sehari-hari. Internet dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau membantu Anda untuk mencari informasi terkini jika digunakan dengan benar. Berikut adalah beberapa fungsi dan manfaat internet.

1. Kemajuan dalam Bidang Pendidikan

Dalam era yang serba digital seperti ini, Anda tidak perlu lagi membeli buku dengan harga yang mahal untuk dapat belajar atau mencari wawasan baru.

Di internet, Anda dapat mencari segala informasi yang lengkap. Tentunya dengan adanya internet sangat membantu warga yang mempunyai kekurangan finansial.

2. Berkomunikasi Menjadi Lebih Mudah

Perkembangan internet tidak mengenal adanya jarak dan waktu. Saat ini cukup hanya dengan chatting atau melihat media sosial, Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan saat itu tanpa perlu saling bertatap muka.

3. Berbelanja Menjadi Mudah

Berbagai layanan market place sudah menjamur khususnya di Indonesia. Ini tentunya mempermudah Anda dalam berbelanja tanpa perlu datang langsung ke toko dan lelah mengantri.

Selain pelayanannya yang cepat, berbelanja di market place sangat aman karena market place menggunakan sistem rekening bersama dalam transaksinya.

4. Mempermudah dalam Mempromosikan Produk

Bukan hanya konsumen saja yang diuntungkan karena adanya internet, penjual pun turut mendapatkan manfaat dari adanya internet.

Untuk pelaku bisnis saat ini lebih suka menggunakan internet sebagai media untuk mempromosikan produk atau jasanya. Internet dipilih karena karena menjadi media promosi yang murah.

5. Sebagai Hiburan

Sarana hiburan di internet sudah tidak terbatas. Sangat banyak bentuk sarana hiburan yang ada di internet.

Terdapat media sosial seperti, twitter, facebook, instagram dan masih banyak lagi. Jika ingin mencari hiburan video atau film, terdapat youtube, netflix, iflix dan banyak sarana hiburan lainnya.

6. Mudahnya Mendapatkan Informasi

Anda akan mendapatkan berbagai informasi menjadi lebih mudah dan efisien dengan adanya internet. Saat ini Anda bisa mendapatkan informasi terkini dengan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 1 menit.

Informasi berupa berita terkini, cara menggunakan barang atau lowongan pekerjaan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.

Internet pun memiliki beberapa dampak negatif yang ditimbulkan jika penggunanya tidak mempergunakannya dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.

  1. Berpotensi terjadinya kecanduan penggunaan internet.
  2. Produktifitas dalam bekerja yang menurun.
  3. Berpotensi terjadinya tidak kejahatan cyber crime seperti penipuan, akses jaringan komputer yang illegal, hacking dan masih banyak lagi.
  4. Berpotensi munculnya konten yang berbahaya untuk anak di bawah umur seperti konten pornografi, aksi kekerasan atau perjudian.
  5. Mudah muncul dan menyebarnya berita bohong (hoax).

Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet
pengertian intranet, via canva.com

Intranet adalah jaringan tertutup yang mempunyai skala kecil atau jaringan internet pribadi. Intranet biasanya digunakan organisasi atau perusahaan untuk media komunikasi internal yang hanya dapat diakses oleh internal perusahaan saja.

Untuk penggunaanya memiliki fungsi utama menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer atau perangkat jaringan dalam akses yang terbatas untuk satu lokasi saja. Berikut ini adalah beberapa fungsi intranet jika dijabarkan.

1. Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Adanya jaringan intranet dapat memudahkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dalam suatu organisasi. Tentunya hal ini dapat berperan penting untuk selalu produktif dalam bekerja.

2. Biaya dan Waktu menjadi Efisien

Dengan meningkatnya produktivitas dalam bekerja akan berpengaruh pada waktu dan biaya. Penggunaan waktu dalam bekerja menjadi lebih singkat dan efisien serta, tidak mengeluarkan biaya yang akan menyebabkan terjadinya pemborosan.

3. Mudahnya Berkomunikasi

Hadirnya intranet tentunya bermanfaat kepada kemajuan dalam sistem komunikasi. Koordinasi antar divisi atau departemen dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini tertentunya dapat meningkatkan kualitas hasil pekerjaan dan perusahaan pun akan mendapatkan statement yang positif dari publik.

4. Mempermudah Proses Operasi dan Manajemen

Intranet memiliki peran yang cukup penting dalam suatu organisasi atau perusahaan. Intranet memiliki manfaat untuk mendukung proses operasional agar berjalan dengan lancar dan menajemen koordinasi dalam pengambilan keputusan.

5. Budaya Kerja Menjadi Lebih Baik

Setiap karyawan atau anggota yang terhubung melalui intranet dapat melakukan koordinasi atau kerja sama secara online tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Hal ini memungkinkan penyampaian ide yang lebih cepat dan efisien untuk perkembangan dan kemajuan organisasi.

Dalam penggunaanya, intranet tidak terlepas dari dampak negatif yang ditimbulkan. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari intranet.

  1. Dalam penggunaannya intranet membutuhkan waktu yang lama untuk menjalani pelatihan terlebih dahulu. Tidak semua anggota/karyawan mengerti menggunakan intranet karena memiliki proses yang sedikit berbeda. Maka dari itu, harus dididik terlebih dahulu dengan mengadakan pelatihan.
  2. Membutuhkan tenaga ahli agar dapat membangun dan mengembangkan jaringan intranet dalam suatu perusahaan/organisasi.
  3. Pengiriman pesan antar pengguna intranet dapat menyebabkan terjadi overload (data penuh) pada sistem.
  4. Pemakaian jaringan intranet juga tidak bisa lepas dari resiko mendapatkan informasi yang salah dan konten yang tidak pantas seperti, kata-kata kasar atau kata-kata yang menjurus bullying.

Perbedaan Internet dan Intranet

Untuk melihat lebih ringkas perbedaan internet dan intranet, berikut adalah detail perbedaannya.

Internet

Intranet

Penggunaan internet dapat digunakan untuk masyarakat umum. Penggunaan intranet bersifat pribadi atau hanya digunakan untuk perusahaan atau organisasi.
Dapat menjangkau jaringan yang lebih luas. Mempunyai jaringan yang sempit hanya daerah lokal saja.
Informasi yang terdapat dalam internet dapat diakses semua orang. Tidak dapat diakses oleh semua orang karena hanya dapat diakses oleh pengguna di daerah lokal jaringan tersebut.
Hampir semua jenis file dan dokumen terdapat dalam internet. Konten yang terdapat dalam intranet sudah di atur dan penguna hanya bisa membuka konten yang telah diatur tersebut.
Untuk mengaksesnya dapat di mana dan kapan saja. Hanya dapat diakses pada daerah lokal saja.
Mempunyai traffic yang sibuk karena internet adalah jaringan yang terdapat di seluruh dunia. Memiliki traffic yang minim karena penggunanya hanya di daerah yang terjangkau server saja.

Penggunaan internet dan intranet dapat dipakai sesuai dengan fungsi dan manfaat yang ada untuk memudahkan berbagai aktivitas atau pekerjaan. Anda sudah tidak perlu lagi merasa bingung untuk melakukannya.

Semoga artikel perbedaan internet dan intranet ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

Apa itu Trello?

Deskripsi: Pengertian Trello, fungsi dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *