Strategi Branding

2 min read

Deskripsi: Penerapan strategi branding, dan pentingnya bagi Bisnis Anda.


Strategi branding merupakan metode pemasaran yang digunakan oleh perusahaan.

Tujuannya adalah untuk membesarkan dan membangun sebuah brand.

Merancang strategi branding sangat penting dilakukan, terutama oleh pebisnis pemula.

Karena dengan adanya branding yang tepat, maka suatu brand atau produk akan dikenal oleh masyarakat luas.

Tentu saja dengan dikenal dengan citra yang ingin ditampilkan.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu strategi branding, manfaat, serta tips penerapannya.

Mari temukan jawaban mengapa strategi branding ini sangat penting untuk bisnis Anda!

Strategi Branding

Apa itu Strategi Branding?

Strategi branding dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan kesan, karakter, citra atau kepercayaan masyarakat terhadap suatu produk atau perusahaan tertentu.

Menurut Landa (2006), branding tidak hanya sekedar merk atau nama dagang dari sebuah produk, jasa dan perusahaan saja.

Lebih dari itu, branding adalah sebuah hal-hal kasat mata dari sebuah merk.

Hal tersebut dapat diwujudkan dari yang berupa logo, desain, citra, ciri visual, kredibilitas, kesan dan juga persepsi.

Semuanya akan nampak di benak konsumen berkaitan dengan produk tersebut.

Keuntungan Strategi Branding

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah branding itu penting? Apa saja keuntungan yang akan didapatkan bila menerapkan teori branding?

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan jika menerapkan strategi branding.

1. Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Ketika Anda telah sukses menerapkan branding yang tepat untuk sebuah produk.

Maka akan memberikan banyak sekali keuntungan.

Salah satunya adalah memberikan daya tarik tersendiri bagi produk atau brand tersebut di mata masyarakat.

2. Membedakan Dengan Produk Pesaing

Branding juga berfungsi untuk membedakan produk Anda dengan kompetitor sejenis.

Apabila ciri khas dari suatu produk telah melekat di benak konsumen.

Dengan sekali lihat saja orang akan langsung tahu bahwa itu merupakan produk Anda.

Hal tersebut juga akan menjadi magnet yang membuat masyarakat menjadi enggan berpaling.

3. Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Branding yang bagus dan tepat sasaran juga akan memberikan banyak keuntungan.

Salah satunya adalah membuat suatu brand atau produk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Setiap orang yang telah mencoba barang atau jasa pastinya memiliki persepsi tersendiri.

Apabila kredibilitas suatu brand terbangun dengan baik. Maka pelanggan akan bersifat loyal terhadap produk tersebut.

Sehingga mereka tidak mudah berpaling meskipun banyak kompetitor sejenis yang muncul di pasaran.

4. Memberikan Kesempatan Untuk Membuat Diferensiasi Produk

Apabila strategi branding telah sukses dilaksanakan. Maka citra suatu produk akan melekat pada ingatan masyarakat.

Perusahaan dapat membuat produk yang berbeda dengan brand yang sama.

Untungnya lagi, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak biaya promosi.

Karena citra brand yang sudah dikenal oleh masyarakat, maka produk baru tersebut juga dapat mudah untuk dikenali juga.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Branding yang Tepat?

Teori strategi branding memang banyak sekali, tetapi penerapannya tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak kendala yang mungkin terjadi dalam penerapan branding tersebut.

Beberapa tips yanga akan kami ulas berikut ini dapat diterapkan untuk mendukung kesuksesan strategi branding yang Anda lakukan:

1. Ciptakan Nama dan Logo Yang Ciamik

Nama dan logo suatu produk menjadi salah satu strategi untuk dapat sukses melakukan branding. Nama yang umum didengar mungkin akan mendapatkan respon yang biasa saja.

Namun lain halnya jika menggunakan logo dan nama yang unik. Logo dan juga nama brand yang unik akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Hal tersebut sangat menguntungkan, karena akan membuat konsumen mudah mengingat brand Anda.

2. Mengidentifikasikan Keunikan Produk

Jika bisnis atau produk Anda tidak memiliki ciri khas dan keunikan, maka akan mudah untuk dilupakan.

Produk yang unik serta lain dari yang lain akan menjadi ciri khas tersendiri yang membuat konsumen akan lebih mudah mengingat produk tersebut.

3. Konsistens Memilih Konsep Branding

Konsep branding yang digunakan secara konsisten menjadi strategi yang efektif untuk membuat konsumen selalu mengingat produk Anda.

Sering berganti-ganti konsep brand justru akan membuat konsumen menjadi mudah lupa. Cukup strateginya saja yang bervariasi, tapi konsepnya tetap konsisten.

4. Gencar Melakukan Promosi

Aktif melakukan promosi merupakan pendekatan strategi branding yang perlu dilakukan secara terus menerus. Media yang digunakan untuk berpromosi sangat bervariasi.

Anda dapat memanfaatkan website, media sosial, atau dengan berpromosi secara offline maupun melalui iklan di media massa.

Promosi yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan akan membuat produk Anda selalu di ingat oleh konsumen.

Ini juga merupakan strategi branding yang efektif agar brand Anda tidak tenggelam dengan banyaknya produk pesaing yang terus bermunculan.

Kesimpulan

Untuk membangun citra yang baik untuk suatu produk atau brand, maka dibutuhkan strategi branding yang tepat.

Dengan melakukan branding, maka produk Anda akan dapat terus bertahan di tengah persaingan pasar yang kian ketat.

Demikian ulasan mengenai strategi branding, keuntungan serta tips penerapannya. Semoga cukup membantu Anda yang saat ini sedang merancang strategi branding.

Selamat melejitkan bisnis dengan brand yang mengakar di benak konsumen!

                                     
           

Search Engine Marketing

Deskripsi: Pengertian Search Engine Marketing (SEM), jenis, fungsi dan...
Hans
2 min read

WhatsApp Bisnis

Deskripsi: Pengertian WhatsApp Bisnis, fitur dan manfaatnya untuk bisnis...
Hans
2 min read

Internet Marketing

Deskripsi: Pengertian Internet Marketing, jenis, fungsi dan keunggulannya. Strategi...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *