Apa itu SEO?

3 min read

Apa itu SEO – Membuat sebuah website atau blog yang menarik membutuhkan pengetahuan tentang SEO. Penggunaan SEO yang sesuai dan baik dapat membuat website atau blog mendapatkan rangking tinggi pada pencarian Google.

Sehingga pemahaman mengenai apa itu SEO, bagimana konsepnya, hingga manfaat SEO menjadi hal penting yang untuk diketahui.

Secara umum SEO memang digunakan untuk website atau blog, dalam penggunaannya ada beberapa hal yang harus dipahami dengan baik sebelum menggunakan SEO dalam website.

Penerapan SEO akan sangat mempengaruhi kualitas website atau blog.

Apa itu SEO
apa itu SEO, via canva.com

Apa itu SEO?

Istilah SEO atau Search Engine Optimization sudah familiar di dunia internet. SEO merupakan langkah untuk mengotimalkan website atau blog agar bisa mendapatkan peringkat paling atas di kolom pencarian Google.

Rangking website atau blog bisa meningkat dan mendatangkan keuntungan bagi pemilik dan pengguna. SEO juga dapat membantu mendapatkan trafik yang tinggi dan sesuai.

SEO dapat menaikan trafik website serta mengarahkan ke tujuan website tersebut. Untuk mendapatkan trafik organik tersebut, harus mematuhi ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan oleh Google.

Hal penting yang harus dipelajari tentang SEO diantaranya cara kerja SEO dan indikator  utama SEO. Internet menyimpan jutaan website dengan berbagai macam konten.

Konten tersebut sangat bervariasi, mulai dari konten edukasi, pendidikan, kesehatan, politik, berita, hiburan dan masih banyak lagi.

Saat pengguna melakukan pencarian pada Google, akan muncul berbagai judul atau kata kunci dari konten tersebut.

Indikator dalam SEO

SEO mempunyai indikator yang dapat berubah secara berkala. Perubahan yang terjadi pada indikator tersebut terjadi karena algoritma Google. Saat indikator SEO berubah, maka Google sedang memengaruhi algoritmanya. Indikator utama SEO yaitu:

1. Struktur URL

Untuk dapat memudahkan Google dalam mengenali website atau blog dan tema utama dalam website tersebut, struktur URL harus sederhana. Struktur URL harus mengandung judul artikel dan nama domain sehingga dapat dikenali oleh mesin pencari saat pengguna melakukan searching.

2. Penggunaan SSL atau TLS

Saat ini Google mengutamakan website yang menggunakan SSL atau TLS. Sistem SSL atau TLS tersebut akan mengenkripsi semua data pada website sehingga website aman untuk diakses dan digunakan oleh pengguna. Untuk mengetahui website menggunakan SSL/TLS ditandai dengan HTTPS pada alamat website.

Website yang belum menggunakan SSL/TLS masih not secure. Sehingga pemilik bisa mengaktifkan sistem ini mulai dari sekarang. Hal tersebut bertujuan agar website dan blog tetap aman walaupun diakses oleh siapa saja dan di mana saja.

3. Tema Konten

Membangun struktur website yang baik, tema atau topik utama harus saling berhubungan. Konten harus sesuai dengan topik utama karena hal ini akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi dari website tersebut.

Semakin banyak konten yang sesuai dan relevan dapat membuat website muncul di mesin pencari karena mudah dikenali oleh server.

Baca juga: Apa itu CMS WordPress?

4. Search Intent

Search intent adalah sesuatu yang dipikirkan oleh banyak orang terhadap kata kunci tertentu. Saat pengguna mengetik kata kunci pada kolom searching, akan muncul banyak topik yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

5. Struktur Konten

Struktur konten harus dibuat dengan baik agar mudah dipahami oleh pengguna. Konten yang mempunyai struktur jelas dan rapi akan membuat website sering dikunjungi.

Untuk membuat konten yang berstruktur, harus menggunakan heading dan subheading serta poin penting. Konten juga akan lebih menarik jika diberi gambar, ilustrasi, infografik bahkan video.

6. Meta Tags

Meta tags berfungsi untuk membantu Google dalam memahami isi konten secara keseluruhan dalam website. Meta tags ini berisi title dan description.

Pada title tag berisi judul konten yang muncul pada mesin pencari. Buatlah judul yang simpel dan jelas, karena Google akan memotong judul jika tidak sesuai standar.

Pada meta description berisi rangkuman dari artikel. Teks tersebut terletak di bawah alamat URL dan judul artikel. Bagian ini biasanya hanya terdiri dari 130 karakter yang mewakili isi dari artikel pada website.

7. Backlink atau Link Pendukung Origirinal

Faktor utama dalam SEO adalah backlink. Website yang berkualitas akan mempunyai backlink. Google akan menilai website atau blog bisa dari backlink tersebut.

Website yang mempunyai banyak backlink menandakan website mempunyai kredibilitas tinggi. Sehingga hal ini harus diperhatikan oleh pemilik website atau blog.

8. Kecepatan Loading

Google telah menetapkan kecepatan loading website menjadi indikator utama untuk SEO, sehingga kecepatan menjadi faktor utama dalam SEO.

Website yang mempunyai kecepatan loading tinggi akan mendapatkan rangking lebih tinggi dalam mesin pencari. Hal ini juga berpengaruh pada akses pengguna yang mengunjungi website atau blog.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Semua mesin pencari baik itu Google, Bing, Yahoo dan Duckduckgo menggunakan algoritma dalam menentukan konten yang layak untuk menempati rangking teratas.

Saat ini Google masih menguasai hampir 90% mesin pencari di seluruh dunia. Sehingga cara kerja SEO sendiri berhubungan dengan algoritma Google.

Saat ini untuk algoritma Google sudah ada delapan major update, Google selalu memperbarui algoritma agar hasil pencarian lebih solutif dan relevan.

Algoritma Google harus diupdate dengan cara yang efektif melalui langkah optimasi SEO sesuai dengan algoritma Google yang terbaru. Langkah tersebut dilakukan dengan delapan indikator utama SEO yang sudah dijelaskan diatas.

Manfaat SEO untuk Website

SEO menjadi kewajiban bagi semua website atau blog. Website yang sudah melakukan optimasi SEO akan mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya:

1. Konten muncul pada mesin pencari

Mesin pencari dapat memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang dibutukan.

Pengguna internet sudah terbiasa menggunakan Google untuk mendapatkan informasi, berita, artikel, makalah, jurnal dan konten lain yang dibutuhkan melalui mesin pencari Google.

Dengan menggunakan SEO konten pada website akan muncul dalam mesin tersebut.

2. Trafik dari konten di halaman pertama

Trafik akan mempengaruhi urutan konten dalam mesin pencari. Jika trafik lebih kecil maka konten akan muncul pada halaman kedua, ketiga dan di bawahnya.

Sehingga dengan adanya SEO, dapat menambahtrafik bila konten muncul di halaman pertama, apalagi di halaman pertama atas. Karena SEO dapat membantu pengguna untuk mendapatkan konten yang dibutuhkan dengan cepat.

3. Website mudah ditemukan

Langkah optimasi SEO dapat membuat website atau blog mudah ditemukan dengan berbagai kata kunci. Konten website berisi banyak topik yang berhubungan kata kunci, sehingga dapat menjangkau pengguna untuk terhubung dengan topik utama website.

Konten dan topik harus berhubungan, misalnya website olahraga, di dalamnya harus membahas tentang berbagai jenis olahraga, tips, manfaat dan sebagainya.

4. Kredibilitas website meningkat

Website yang mempunyai kredibilitas tinggi dan mudah ditemukan dalam internet. Semakin mudah website ditemukan, semakin banyak orang yang akan mengujungi website tersebut.

Hal ini membuat brand awareness website meningkat pula. Dengan meningkatkan kualitas SEO dapat membangun brand awareness yang lebih baik.

5. Trafik organik mudah dikonversi

SEO sangat penting dalam website, terutama untuk bisnis, karena mampu melakukan konversi menjadi pelanggan atau leads. Website dengan SEO akan mudah dikonversi daripada trafik dari media sosial berdasarkan data Similar Web.

Peran SEO adalah untuk menampilkan konten pada mesin pencarian paling atas, sehingga dapat langsung diketahui oleh pengguna untuk membuka website konten. Setelah website terakses, otomatis pengunjung website akan bertambah dan dapat menaikan rating untuk website tersebut.

Baca juga: Pengertian Blogger

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *