Apa itu WordPress?

3 min read

Apa itu WordPress – Saat ini terdapat beberapa platform yang dapat digunakan untuk membuat website. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan CMS.

CMS (content management system) merupakan cara paling mudah untuk membuat WordPress tanpa perlu coding, sehingga tidak perlu menggunakan cara manual dengan coding HTML.

WordPress dapat memudahkan pengguna dalam pembuatan website. Selain menggunakan teknologi canggih, WordPress juga mempunyai kelebihan dibandingkan cara manual.

Apa itu CMS WordPress dan apa saja manfaat serta kelebihan dari WordPress tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu WordPress
apa itu wordpress, via canva.com

Apa itu WordPress?

WordPress merupakan suatu platform yang digunakan untuk pembuatan website. Platform ini diciptakan pada tahun 2003 oleh Mike Little dan Matt Mullenweg.

Matt dan Mike merupakan pengguna software blogging yang dikenal dengan b2/cafeblog. Software tersebut ditutup pada saat itu sehingga terinspirasi untuk membuat software yang sama dengan b2/cafeblog tersebut.

Setelah satu tahun rilis, WordPress berhasil berkembangkan menjadi WordPress 1.0 dengan fungsi yang dimodifikasi dari b2/cafeblog.

WordPress mulai berkembang seiring kemajuan teknologi hingga menjadi CMS yang populer di seluruh dunia. WordPress bersifat open source sehingga dapat digunakan secara bebas dan gratis.

WordPress dapat dimodifikasi oleh penggunanya, karena mempunyai fitur plugin yang berfungsi untuk memudahkan pengguna saat ingin menambahkan fitur lain dalam website dengan sangat mudah dan cepat.

CMS WordPress menjadi platform paling favorit di dunia, karena walaupun dapat digunakan secara gratis WordPress mampu menghasilkan website yang berkualitas dan terjamin.

Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan besar yang menggunakan platform WordPress. Salah satunya perusahaan terkenal seperti Bata, Mercedes Benz, Sony Music,dan masih banyak lagi.

Selain digunakan oleh perusahaan besar, WordPress juga digunakan oleh beberapa artis papan atas. Diantaranya Beyonce, Katy Perry, Usain Bolt, Snoop Dogg, dan The Rolling Stone.

Hal ini menunjukan bahwa WordPress sudah mendapat kepercayaan untuk membuat website berkualitas tinggi di dunia.

Jenis-jenis WordPress

Platform populer ini mempunyai dua jenis WordPress. Keduanya menghasilkan website yang berbeda karena mempunyai spesifikasi berbeda. Jenis WordPress tersebut yaitu:

1. WordPress.com

WordPress.com merupakan WordPress versi gratis yang terdapat batas fitur. Pengguna harus menyetujui syarat dan ketentuan dari platform tersebut.

WordPress.com juga bisa dibilang enterprise, karena ada paket premium yang mana Anda bisa mendapatkan layanan premium, seperti custom domain dan hosting, serta tema premium.

Untuk versi gratis dengan sub domain, tentunya ini masih mempunyai kekurangan yaitu tema terbatas, kustomisasi fitur web masih terbatas, tidak bisa membuat online shop, tidak bisa menginstall plugin, dan tidak bisa memasang iklan.

2. WordPress.org

WordPress.org merupakan jenis WordPress Self Host, yang berarti Anda perlu mengeluarkan biaya yang digunakan untuk membeli atau menyewa domain dan hosting.

WordPress.org adalah CMS open source, hal tersebut dapat memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memodifikasi website sesuai keinginan. Pengguna juga bisa memilih tema, memasang iklan, membuat toko online, dan sebagainya.

Apa Saja Manfaat WordPress?

Perkembangan teknologi yang canggih, WordPress bukan hanya digunakan untuk membuat blog saja. WordPress banyak digunakan untuk membuat website pribadi maupun instansi atau perusahaan.

WordPress juga dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Membuat Website Pribadi

Saat ini hampir semua kegiatan dilakukan secara online melalui website. Untuk membuat website yang berkualitas, dapat memanfaatkan platform WordPress.com atau WordPress.org.

WordPress menyediakan berbagai fitur canggih untuk memodifikasi website menjadi lebih menarik dan berkualitas.

2. Membuat Website Perusahaan

Selain untuk kepentingan pribadi, WordPress juga dapat digunakan untuk membuat website perusahaan.

Kebutuhan akan website ini sangat penting untuk membangun kredibilitas perusahaan di dunia maya, sehingga orang lain dapat melihat profil perusahaan bahkan melakukan kontak secara online.

Perusahaan pasti mempunyai website resmi. Website perusahaan harus dibuat dengan lengkap, informatif, dan komunikatif. Website tersebut dapat mencerminkan profil dari perusahaan.

Oleh karena itu, alternatif paling tepat untuk membuat website perusahaan terbaik adalah dengan menggunakan WordPress.

3. Website Online Shop

Di zaman digital ini, semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk transaksi jual beli. WordPress mampu membuat website untuk online shop dengan berbagai fitur dan layanan.

Pengguna juga bisa memasang iklan dengan menginstall plugin Woocommerce pada website tersebut.

Plugin Woocommerce dapat membuat website lebih lengkap, mulai dari tampilan, produk, transaksi, dan pembayaran.

Plugin Woocommerce dapat digunakan pada website untuk mempromosikan toko online kepada pengguna internet di seluruh dunia.

Keberadaan online shop dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam membeli kebutuhan sehari-hari tanpa memakan waktu dan tenaga.

Kelebihan WordPress

WordPress bukan hanya memberikan banyak manfaat bagi pengguna, namun platform ini mempunyai kelebihan dibandingkan yang lainya.

Siapapun yang menggunakan WordPress dapat merasakan kemudahan dan keunggulannya. Dengan kelebihan yang dimilikinya, WordPress banyak digunakan untuk kebutuhan perusahaan maupun pribadi.

Berikut kelebihan platform WordPress:

1. Mudah Digunakan oleh Pemula dan Profesional

WordPress memberikan kemudahan bagi semua penggunannya, baik untuk pemula atau yang sudah ahli. WordPress mempunyai tampilan yang ramah dan mudah dipahami.

Sehingga tidak perlu menggunakan ahli programming untuk membuat website yang berkualitas jika menggunakan WordPress.

2. Pemegang Market Terbesar

Saat ini 30% website yang ada di dunia menggunakan WordPress. Sehingga WordPress menjadi komunitas besar dan pemegang market terbesar di seluruh dunia.

WordPress menyediakan forum diskusi yang dibuat oleh para pengguna WordPress untuk saling berbagi ilmu, informasi, dan insight secara online maupun online.

Melalui form diskusi tersebut, pengguna baru dapat belajar membuat website dengan WordPress yang baik.

Pengguna juga dapat mengoperasikan website, mendapatkan informasi mengenai WordPress, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

3. Mempunyai Banyak Tutorial

Selain forum diskusi, WordPress juga menyediakan banyak tutorial yang dibutuhkan oleh pengguna.

WordPress menyediakan tutorial untuk membuat website, tutorial video, dan sebagainya. Pengguna dapat belajar langsung melalui internet secara bebas.

4. Menyediakan Banyak Plugin

Kelebihan utama WordPress adalah mampu menginstall plugin yang dapat mengoptimalkan website.

Melalui plugin, pengguna dapat menambahkan profil pada media sosial, share, dan menggunakan one signal WordPress.

Dalam WordPress tersedia banyak sekali plugin yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan dan mengelola website.

Pengguna dapat menambahkan berbagai fitur pada website. Bahkan pengguna dapat menggunakan plugin secara gratis.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan fitur yang menarik untuk website.

5. Menyediakan Banyak Tema

Selain plugin yang beragam, WordPress juga mempunyai banyak tema pilihan. Tema yang tersedia bermacam-macam.

Mulai dari tema gratis hingga berbayar. Pengguna dapat memilih tema sesuai keinginan karena tema gratis yang WordPress sediakan tidak kalah bagus dan menariknya dari tema lain.

6. Memasang Iklan

Bagi para pengguna online shop, iklan menjadi hal penting yang harus ada. Iklan merupakan promosi produk yang dilakukan produk tersebut lebih dikenal oleh masyarakat luas.

WordPress menyedikan layanan pasang iklan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi produk kepada orang lain dengan cepat.

WordPress menjadi alternatif terbaik dalam pembuatan website hingga saat ini. Semua orang dapat menggunakan WordPress untuk menghasilkan website yang berkualitas dengan mudah dan cepat.

Platform ini menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk memudahkan penggunannya.

Baca juga: Pengertian Blogger

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *