Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

2 min read

Deskripsi: Cara berinvestasi emas bagi pemula, menentukan tujuan investasi emas.


Investasi emas merupakan pilihan yang cukup bagus untuk tujuan jangka panjang, terutama bagi para pemula yang ingin berinvestasi dengan kerugian yang kecil.

Investasi ini bisa dilakukan oleh semua kalangan. Setiap tahun emas memiliki kenaikan yang bisa dikatakan cukup tinggi.

Atas dasar itu, cukup banyak orang yang mulai mencari tahu cara berinvestasi emas bagi pemula yang baik dan tepat pastinya.

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

1. Menentukan Tujuan dalam Berinvestasi Emas

Anda harus menentukan tujuan terhadap investasi tersebut. Anda juga wajib menentukan jangka waktu dan berapa banyak emas yang harus Anda investasikan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sendiri.

Contoh tujuan berinvestasi emas untuk biaya pendidikan anak di masa depan, biaya menikah, biaya untuk membangun rumah, biaya ibadah haji atau biaya lainnya yang memang bertujuan untuk kepentingan pribadi atau lainnya yang berkaitan dengan keuangan di masa depan.

2. Menentukan Emas yang akan Diinvestasikan

Dalam berinvestasi emas, tentu Anda harus menentukan dulu besaran emas yang ingin Anda pilih. Biasanya emas dijual berdasarkan satuan gram terkhusus emas batangan. Anda dapat menentukan dulu berapa gram yang ingin Anda investasikan.

Penentuan besaran emas ini dapat menjadi patoka bagi Anda, terhadap kisaran uang yang harus Anda tabung berdasarkan jangka waktu yang sudah ditentukan sendiri.

3. Menabung Berdasarkan Pemasukan untuk Melaksanakan Investasi Emas

Dalam melaksanakan investasi emas tentu Anda harus mempunyai biaya untuk membeli emas. Oleh karena itu, Anda harus bisa menabung berdasarkan pemasukan yang Anda miliki.

Anda dapat menentukan waktu menabung berdasarkan harian, mingguan, atau bulanan.

Selain itu Anda juga wajib menentukan perkiraan jumlah uang yang harus ditabung berdasarkan besaran emas yang akan diinvestasikan.

Ketika menabung tentu Anda harus berkomitmen agar tujuan untuk berinvestasi emas dapat tercapai dengan baik.

4. Memantau Harga Beli Emas

Sambil menabung Anda dapat memantau perkembangan harga emas setiap minggu ataupun bulan. Hal ini bisa menjadi acuan bagi Anda dalam menentukan waktu yang tepat saat membeli emas.

Harga emas terkadang mengalami kenaikan, terkadang juga mengalami penurunan. Perubahan naik turun ini dapat berubah kapan saja, baik harian, mingguan maupun bulanan.

Dalam memantau emas tersebut Anda jangan sekedar menunggu harga emas yang mengalami penurunan jauh. Karena harga emas, memang selalu mengalami kenaikan.

Jika memang terjadi penurunan dipastikan tidak terlalu jauh penurunannya dibanding harga emas periode sebelumnya.

5. Mencicil Pembelian Emas

Apabila Anda masih sulit menabung untuk membeli emas, maka Anda dapat menabung melalui tempat atau perusahaan yang menawarkan pembelian emas dengan mencicil.

Contohnya seperti Tokopedia yang menawarkan cicilan emas dengan harga yang sangat rendah. Cicilannya hanya sebesar Rp 5.000,-.

6. Membeli Emas di Tempat yang Resmi

Untuk membeli emas Anda jangan sampai membeli emasnya di tempat yang tidak resmi perizinannya. Cukup banyak sekarang ini penipu yang menawarkan emas berdasarkan sertifikatnya saja bukan emasnya.

Selain itu terdapat juga emas palsu yang sering diedarkan oleh pihak – pihak luar yang tidak resmi perizinan jual belinya.

Anda dapat membeli emas melalui perusahaan atau toko emas yang memang perizinannya jelas. Contohnya seperti PT Aneka Tambang (Antam), Tokopedia, Bukalapak atau toko emas lainnya yang memang perizinannya jelas.

7. Menyimpan Emas di Tempat Aman

Dalam hal penyimpanan tentu Anda perlu menyimpan investasi emas di tempat yang aman. Ada baiknya Anda menyimpan di brankas resmi atau tempat penitipan seperti di Pegadaian atau di Bank.

Tetapi apabila Anda ingin menyimpannya di rumah, maka yang diperlukan adalah brankas yang dapat di beli di toko-toko brankas.

Usahakan mendapatkan brankas yang jika dibuka wajib menggunakan password atau pin. Penggunaan password ini dapat menyulitkan para pencuri emas jika terjadi pencurian di rumah Anda.

Ketika berinvestasi emas memang harus memiliki komitmen yang tinggi, agar investasi yang diinginkan bisa mencapai tujuan utama para calon investor.

Jangan sampai komitmen Anda berhenti di tengah jalan. Selain komitmen Anda juga wajib terus memantau pergerakan harga emas.

Sewaktu-waktu Anda memerlukan uang, penjualan emas bisa menjadi pilihan terlebih saat harga jual sedang tinggi.

Tips Menabung Saham untuk Pemula

Deskripsi: Tips menabung saham untuk pemula, dan manfaat menabung...
rezky
2 min read

Cara Investasi Reksadana

Deskripsi: Belajar cara investasi Reksadana, macam-macam resiko berinvestasi reksadana....
rezky
2 min read

Pilihan Deposito Syariah

Deskripsi: Beberapa rekomendasi Deposito Syariah Terbaik di Indonesia. Semakin...
rezky
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *