Cara Membuat Website Gratis

3 min read

Deskripsi: Cara membuat website gratis untuk bisnis anda.


Pelaku bisnis tentu seharusnya tidak asing lagi dengan istilah website, ya? Dengan adanya website, tentu saja bisnis mempunyai potensi sukses yang lebih besar.

Itulah mengapa penyedia jasa website hingga toko online banyak semakin banyak dicari.

Sayangnya Anda membutuhkan dana cukup besar untuk memesan website. Tidak ada salahnya Anda belajar bagaimana membuat website secara gratis kali ini.

Tidak hanya mengupas cara membuat website gratis, kami juga akan menjelaskan betapa pentingnya website untuk bisnis Anda. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Website Gratis

Pentingnya Website dalam Berbisnis

Saat ini, website menjadi salah satu media yang digunakan untuk memasarkan produk maupun jasa. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari mudahnya akses internet ke setiap belahan dunia.

Hampir semua aspek kehidupan tersentuh oleh digital, bukan? Lalu apakah Anda akan menjalankan bisnis secara offine dan ala kadarnya?

Nah berikut ini beberapa pertimbangan mengapa Anda perlu mempunyai sebuah website. Terutama jika Anda ingin bisnis yang dibangun bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Adanya sebuah website mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Dengan demikian, apabila calon pelanggan ingin mengenal bisnis Anda, mereka cukup dengan melihat website perusahaan.

Agar calon pelanggan semakin percaya dengan bisnis yang Anda kerjakan, buatlah website dengan tampilan yang menarik dan berisi informasi lengkap.

Mulai dari informasi layanan hingga portofolio proyek yang pernah ditangani.

2. Memudahkan Pencarian Informasi

Salah satu manfaat lain dari website ialah memudahkan pencarian informasi. Karena hanya dengan website, calon pelanggan Anda bisa tahu seperti apa gambaran perusahaan Anda.

Mereka tidak perlu repot untuk datang langsung ke kantor Anda. Akses internet yang sangat mudah saat ini, tentu menjadi pendorong sebuah perusahaan dapat dikenal melalui website.

3. Menghemat Waktu dan Anggaran Biaya

Menyebarkan informasi melalui website akan memangkas pengeluaran yang Anda butuhkan. Selain itu proses transfer informasi juga tidak memakan waktu yang lama, bukan?

Nah, jika memiliki website untuk bisnis, Anda dapat menyebarkan informasi secara mudah dan murah.

Apa lagi, Google telah menyediakan fitur Google Ads untuk aktivitas pengiklanan dengan harga lebih terjangkau.

4. Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Melalui website, bisnis Anda dapat menjangkau customer ke seluruh penjuru wilayah di Indonesia. Bahkan orang-orang di luar Indonesia pun bisa mengakses informasi bisnis Anda.

Hal ini karena kemudahan akses yang dimiliki oleh sebuah website. Oleh karena itu, segera buat website untuk bisnis Anda sekarang juga.

Persiapan Membuat Website Anda Sendiri

Banyak orang yang mencari cara membuat website gratis. Karena akan memangkas banyak biaya dibandingkan dengan menyewa jasa web Programmer.

Nah, setidaknya ada dua hal yang perlu Anda lakukan dalam cara membuat website sendiri secara gratis.

1. Menentukan Jenis Website

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah menentukan jenis website. Berhubung Anda ingin membuat website untuk keperluan bisnis, maka jenisnya ialah website bisnis.

Selanjutnya, Anda perlu menentukan bagaimana gambaran tampilan website Anda.

Ada beberapa tampilan website yang Anda gunakan, seperti profil, portofolio, atau toko online. Pilih tampilan yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Misal, tampilan portofolio digunakan untuk bisnis jasa pembuatan website, paket domain dan hosting, dan berbagai jenis jasa lainnya.

2. Memilih CMS yang Tepat

Apa itu CMS? CMS atau Content Management System merupakan sistem yang digunakan untuk mengatur atau memodifikasi konten yang ada pada sebuah website.

Salah satu CMS yang seringkali digunakan untuk membuat website ialah WordPress.

WordPress menyajikan fitur menarik untuk membuat website. Selain itu, WordPress juga menyediakan berbagai tema yang dapat Anda gunakan.

Selain itu, WordPress pun menjamin keamanan sebuah website.

Cara Membuat Website WordPress Secara Mudah

Bagaimana, semakin yakin untuk membangun kerajaan bisnis Anda sendiri melalui sebuah website?

Ada beberapa cara membuat website gratis WordPress, antara lain instalasi manual dan Softaculus Apps Installer.

Berikut ini masing-masing penjelasan lengkapnya.

1. Instalasi Manual

Pembuatan website gratis yang pertama dapat Anda lakukan dengan cara instalasi manual WordPress. Ini sangat cocok buat Anda yang sudah masih di bidang pemrograman website.

Buat Anda yang masih newbie lebih baik jangan menggunakan cara yang pertama ini.

Instalasi manual dapat Anda lakukan dengan mendownload terlebih dahulu file zip WordPress. Kostumisasi website dapat dilakukan melalui hosting atau local host.

Di sini, Anda dapat bebas mendesain sebuah website.

2. Softaculus Apps Installer

Selanjutnya, Anda dapat membuat website melalui Softaculus Apps Installer. Nah, Softaculus Auto Installer merupakan auto installer pada hosting  yang berfungsi memudahkan instalasi CMS.

Caranya, Anda perlu masuk ke cPanel Hosting. Lalu, Anda dapat melakukan instalasi menggunakan Softaculus Apps Installer.

3. Instant Deploy DomaiNesia

Anda pasti tahu apa itu DomaiNesia. Betul, DomaiNesia merupakan perusahaan yang memberikan layanan domain dan hosting.

Nah, salah satu fitur yang ada pada DomaiNesia ialah Instant Deploy DomaiNesia. Melalui fitur ini Anda dalam membuat website secara gratis dengan WordPress.

Cara Meningkatkan Keamananan WordPress

Jika Anda sudah memiliki website bisnis, jangan lupa untuk menjaga keamanan situs Anda.

Ada plugin tertentu yang telah disediakan oleh WordPress untuk menjaga keamanan website, yakni All in One WP Security & Firewall.

Semakin aman lagi, Anda dapat menggunakan jasa penyedia hosting. Biasanya, mereka akan memberikan paket layanan hosting yang di dalamnya juga terdapat sistem keamanan website.

Dengan demikian, Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan lebih tenang.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara membuat website gratis. Melalui cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Anda tidak ragu lagi untuk membuat website bisnis.

Tunggu apalagi? Jadikan bisnis Anda semakin populer dengan cara membuat website. Semoga ulasan di atas sudah cukup membantu.

Cara Membuat Blogspot

Deskripsi: Cara membuat blogspot dengan mudah dan tentunya gratis....
Hans
3 min read

Cara Membuat Logo Online

Deskripsi: Cara membuat desain logo online mudah dan praktis....
Hans
3 min read

Cara Cek DA PA Blog

Deskripsi: Cara cek DA PA Blog dan cara meingkatkan...
Hans
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *