Cara Registrasi Kartu SIM Semua Operator

2 min read

Sudah tahu jika ada peraturan baru dari pemerintah terkait kartu SIM? Yakni himbauan untuk melakukan registrasi kartu sesuai dengan data valid kependudukan.

Maka Anda perlu mengetahui tentang bagaimana cara registrasi kartu SIM semua operator. Berbeda dengan peraturan terdahulu yang memungkinkan pengguna untuk sering bergonta-ganti kartu SIM.

Dengan adanya peraturan baru tersebut, maka akan membuat kita lebih membatasi diri dari perilaku sering bergonta-ganti kartu SIM.

Apa fungsi registrasi kartu SIM dan bagaimana caranya? Semua informasi tersebut akan dibahas secara lengkap pada artikel berikut ini!

Cara Registrasi Kartu SIM Semua Operator

Alasan Registrasi Kartu SIM Diwajibkan

Registrasi ini dilakukan dengan cara mendaftarkan kartu Anda dengan mencantumkan kartu keluarga dan juga nomor induk kependudukan.

Meskipun sebelumnya pelanggan juga dianjurkan untuk mengaktifkan registrasi kartu seluler, namun pada saat itu belum menggunakan proses validasi data yang ketat.

Jadi masih ada kemungkinan bagi pengguna untuk melakukan manipulasi data.

Dengan adanya peraturan untuk melakukan registrasi SIM, yakni dengan mencantumkan informasi kartu keluarga atau nomor induk kependudukan.

Maka akan memberikan banyak dampak positif, seperti diantaranya:

1. Mencegah Terorisme

Banyaknya kejadian terorisme biasanya dilakukan dengan cara memalsukan identitas mereka sejak awal. Dengan adanya kerjasama dengan operator seluler untuk mendata pelanggan mereka.

Maka diharapkan tindakan-tindakan terorisme yang mungkin dilakukan oleh oknum-oknum tertentu dapat cegah.

2. Menanggulangi Hoax dan Pemalsuan Identitas

Hoax dan pemalsuan identitas merupakan kejahatan yang marak terjadi di dunia digital. Dengan adanya peraturan akan registrasi kartu SIM ini, diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan tersebut.

Berbagai upaya penyebaran hoax hingga pemalsuan identitas juga dapat dilacak dengan lebih mudah.

3. Mencegah Kejahatan

Dengan adanya validasi data pengguna, juga berimbas pada perekonomian. Selain proses transaksi non tunai melalui perbankan menjadi lebih terpercaya.

Pemerintah juga dapat mencegah dan melacak kejahatan yang menggunakan perangkat komunikasi sebagai sarananya.

Cara Registrasi Kartu SIM Semua Operator

Dengan adanya peraturan validasi data bagi semua pengguna kartu SIM. Maka pengetahuan mengenai cara registrasi kartu SIM semua operator sangat penting untuk diketahui.

Berikut akan kami ulas beberapa tips registrasi kartu SIM untuk semua operator:

1. Kartu Telkomsel

Bagi Anda yang menggunakan kartu perdana Telkomsel, ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan registrasi.

Bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel?

  • Registrasi Melalui Website Resmi

Bila Anda ingin mendaftarkan kartu As atau Simpati, cara yang pertama dapat dilakukan adalah dengan melakukan registrasi melalui website resmi Telkomsel.

Caranya adalah dengan mengunjungi website resmi Telkomsel di https://mobi.telkomsel.com/ulang?ch=WEB.

Kemudian masukkan nomor HP, nomor NIK, No KK dan juga password yang nantinya akan dikirim melalui sms.

Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan konfirmasi kode dan memilih opsi OK/kirim untuk melakukan registrasi.

  • Registrasi Melalui SMS

Registrasi kartu Telkomsel gagal? Jangan khawatir, Anda dapat mencobanya lagi melalui SMS. Caranya, pilih opsi pesan. Kemudian ketik SMS dengan format REG<SPASI>#NIK#No.KK# dan kirim ke 4444.

2. Kartu XL

Untuk Anda pengguna kartu XL, juga ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan proses registrasi. Diantaranya adalah seperti:

  • Lewat SMS

Untuk registrasi kartu XL lewat SMS, dapat dilakukan dengan cara mengetik format DAFTAR#NIK#Nomor dan kirim pesan tersebut ke 4444.

  • Lewat Operator

Selain dapat melakukan registrasi melalui SMS, Anda juga dapat menghubungi customer service. Baik melalui [email protected] ataupun menghubungi call center di nomor 817.

3. Kartu Indosat

Registrasi kartu Indosat dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

  • Melalui SMS

Cara registrasi kartu Indosat yang pertama adalah melalui SMS. Anda dapat mengetik pesan dengan format Ketik NIK#Nomor KK dan kirim ke 4444.

  • Melalui Website

Cara registrasi kartu Indosat online adalah dengan mengunjungi website resmi https://myim3.indosatooredoo.com/registration.

Setelah itu, Anda dapat memasukkan nomor HP untuk cek nomor dan dilanjutkan dengan verifikasi sesuai dengan perintah yang terdapat pada website tersebut.

4. Kartu Smartfren

Untuk kartu Smartfren, ada dua metode yang dapat ditempuh untuk melakukan registrasi. Apa saja yang bisa dicoba?

  • Melalui SMS

Cara registrasi kartu Smartfren melalui SMS adalah dengan mengirimkan pesan pada 4444. Formatnya adalah sebagai berikut NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

  • Melalui My Smartfren

Cara registrasi melalui website Smartfren juga dapat dilakukan. Anda hanya perlu mengunjungi https://my.smartfren.com/reg.

Lalu Anda akan dimintai verifikasi kartu SIM,  nomor NiK, nomor KK, dan juga email. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode aktivasi melalui SMS.

Setelah mencocokan kode verifikasi, maka secara otomatis nomor ponsel sudah berhasil di registrasi.

Sudah Siap Registrasi Kartu SIM Anda?

Cara registrasi kartu SIM semua operator sangat penting untuk diketahui. Anda bisa memilih cara yang paling praktis atau mudah.

Jangan lupa sesuaikan dengan operator kartu perdana pilihan Anda. Hal ini supaya proses registrasinya bisa berjalan dengan lancar.

Demikian ulasan mengenai registrasi kartu SIM lengkap dengan alasannya. Semoga cukup membantu memudahkan Anda melakukan registrasi kartu SIM, ya?

                                     
           

Pengertian DDoS

Deskripsi: Pengertian DDoS, jenis dan cara kerjanya. Apakah Anda...
Hans
2 min read

Apa itu Backdoor?

Deskripsi: Pengertian backdoor, cara kerja dan cara antisipasinya. Jika...
Hans
2 min read

Cek Kecepatan Website

Deskripsi: Cara cek kecepatan website dan meningkatkan performanya. Kecepatan...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *