Harga Keseimbangan

2 min read

Deskripsi: Pengertian harga keseimbangan, proses pembentuk, fungsi, dan faktor yang mempengaruhi.


Pada ilmu ekonomi, dijelaskan bahwa harga keseimbangan merupakan titik kurva permintaan dan penawaran yang bertemu. Titik tersebut bertemu pada titik yang sama, tidak lebih dan tidak kurang.

Kuantitas dan harga yang terbentuk antara konsumen dan produsen memiliki besar yang sama.

Maksud dari pengertian harga keseimbangan di atas adalah apabila keseimbangan telah dicapai, titik keseimbangan pada kurva keseimbangan akan bertahan dalam waktu yang lama.

Selain itu, juga dapat digunakan di dalam penentuan harga antara pihak penjual dan pembeli. Sebelum membahas lebih jauh, Anda perlu tahu pembahasan yang mendasar pada uraian di berikut.

harga keseimbangan
harga keseimbangan

Pengertian Harga Keseimbangan

Equilibrium atau keseimbangan mempunyai arti suatu keadaan dengan tanpa adanya perubahan yang terjadi. Di sini terbukti pada harga keseimbangan, bahwa penjual dan pembeli tidak berada di dalam kondisi yang berubah.

Secara teknis pada masalah harga, jumlah yang diminta pembeli memiliki jumlah yang sama dengan yang ditawarkan oleh penjual.

Sehingga kekuatan pasar tentang penawaran dan permintaan berjalan dengan baik, berkat adanya keseimbangan. Hal tersebut seperti yang diusulkan oleh Huw Dixon, bahwa ada 3 sifat pada keadaan keseimbangan.

Sifat tersebut adalah perilaku .yang konsisten, tidak ada yang mempunyai insentif untuk mengubah perilaku, dan proses dinamis yang menghasilkan keseimbangan.

Dixon juga menyebutkan 3 prinsip properti (keseimbangan 1, properti keseimbangan 2, dan properti keseimbangan 3), serta prinsip tersebut akan selalu berturut-turut.

Secara singkat dapat diperoleh rangkuman bahwa kesepakatan harga yang terjadi karena adanya interaksi antara pembeli dan penjual, sehingga akan mengakibatkan terbentuknya harga keseimbangan.

Proses Pembentukan

Harga keseimbangan dapat terjadi dikarenakan adanya proses interaksi pembeli dan penjual, dengan catatan dilakukan secara wajar.

Maksud hal tersebut adalah interaksi tawar dan menawar dilaksanakan dengan tidak adanya tekanan sampai dapat membuat rugi salah satu pihak.

Beberapa hal yang menjadi pengaruh proses di dalam pembentukan harga keseimbangan yaitu:

1. Produsen mengetahui akan selera yang dimiliki oleh para konsumen

Selera pada kebanyakan konsumen yang diketahui membantu para produsen menentukan produknya, baik itu, jenis, bahan, target pemasaran yang akan dibidik, dan sebagainya.

2. Seberapa tinggi dan rendahnya pada biaya produksi

Biaya produksi akan sangat berpengaruh terhadap harga dari sebuah barang atau jasa yang telah dihasilkan.

Tinggi dan rendahnya biaya biaya produksi pun berpengaruh terhadap kualitas sebuah produk, karena memang harga merupakan cerminan baik buruknya produk tersebut.

3. Konsumen atau produsen yang yang mempunyai pandangan terhadap masa depan

Pandangan ke depan akan suatu barang dan jasa antara penjual dan pembeli juga perlu untuk diperhitungkan.

Bayangan bagaimana suatu produk bisa terus dikonsumsi yang tidak dalam waktu yang singkat, dan pandangan di masa mendatang perlu untuk dipikirkan.

4. Bertambahnya penawaran barang/ jasa, namun konsumen mempunyai daya beli yang kurang atau tetap

Hal tersebut berarti produk-produk yang dihasilkan oleh para produsen tidak sebanding dengan daya beli pada konsumen.

Maka hal tersebut akan berpengaruh pada keseimbangan harga yang akan terjadi di antara penjual dan pembeli.

5. Angka permintaan atas barang atau jasa mengalami penambahan, sedangkan jumlah barang/ jasa itu sendiri terbatas

Harga keseimbangan juga dipengaruhi oleh adanya produk yang tersedia tidak sebanding dengan permintaan para konsumen.

Hal tersebut malah bisa mengakibatkan hasil dari harga kesimbangan yang lebih tinggi daripada biasanya.

Keadaan dengan banyaknya produk dan jumlah permintaan yang sebanding, tidak akan setinggi harga sebelumnya.

Fungsi pada Harga Keseimbangan

  1. Memberikan rangsangan kepada orang yang menjalankan bisnis atau seorang pengusaha untuk melakukan inovasi tentang permintaan yang berubah.
  2. Memberikan bantuan kepada para penjual di dalam menentukan interaksi penawaran
  3. Menunjukkan seperti apa perubahan yang dibutuhkan oleh masyarakat
  4. Menentukan teknologi proses produksi yang tepat
  5. Membantu para produsen menentukan jenis barang yang bagaimana hendak dilakukan produksi.
  6. Menentukan pembagian terhadap hasil-hasil produksi di antara konsumen

Berdasarkan pada penjelasan pengertian harga keseimbangan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa hal itu berarti harga keseimbangan dipengaruhi oleh kenaikan harga.

Kenaikan harga terjadi dikarenakan jumlah penawaran lebih kecil daripada jumlah permintaan di pasaran. Sedangkan jumlah permintaan yang lebih sedikit daripada jumlah penawaran suatu produk maka harganya akan turun.

                                     
           

Daftar Situs Freelance

Deskripsi: Referensi situs freelance terbaik di Indonesia dan luar...
Hans
3 min read

Apa itu Afiliasi?

Deskripsi: Pengertian Program Afiliasi, cara kerja dan keunggulannya. Afiliasi...
Hans
2 min read

Pengertian Marketplace

Deskripsi: Pengertian Marketplace, jenis-jenis dan keuntungannya. Di era digital...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *