Lapisan Ozon

2 min read

Deskripsi: Apa itu Lapisan Ozon, Fungsi dan Penyebab Penipisan Lapisan Ozon.


Anda tentu familiar dengan istilah ozon, bukan? Mengapa penting bagi kita menjaga lapisan ini agar tetap utuh dan tidak berlubang?

Tentunya supaya keberlangsungan hidup manusia di bumi tetap terjaga. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai lapisan ozon, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Lapisan Ozon?

Lapisan ozon adalah lapisan alamiah berupa gas yang menyelimuti planet bumi. Lapisan tipis berisi ozon ini terletak di sekitar 20-30 km dari permukaan bumi.

Sebagai gambaran, lapisan ozon ini hanya setebal 3 mm. Bagaimana, terbilang sangat tipis, bukan?

Lapisan ozon terdapat pada lapisan statosfer dimana sinar ultraviolet berbahaya diserap sebelum mengenai bumi.

Ada banyak sekali ancaman berbahaya jika sinar ultraviolet ini langsung mengenai bumi. Mulai dari gangguan kesehatan hingga keberlangsungan organisme bumi pun terancam.

Mengetahui Bagaimana Lapisan Ozon Terbentuk

Lapisan alamiah ini sudah terbentuk sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Dimana dalam proses terbentuknya ozon ini justru terjadi akibat adanya sinar ultraviolet yang mengenai molekul oksigen.

Dimana antar molekul saling terhubung dan membentuk gas ozon.

Anda mungkin pernah mendengar teori reaksi Chapman? Betul sekali, teori tersebut adalah dasar dari penjabaran reaksi pembentukan lapisan ozon.

Gas-gas ozon ini ditemukan di lapisan troposfer dan lapisan stratosfer bumi.

Fungsi Lapisan Ozon

Tidak cukup hanya mengetahui apa itu ozon dan bagaimana proses terbentuknya. Anda tentu saja perlu mengetahui fungsi dan manfaat dari lapisan ozon.

Selain menambah wawasan, tentu saja kesadaran untuk selalu menjaga bumi dari bahaya penipisan ozon bisa lebih terbangun.

Fungsi lapisan ozon yang populer yakni sebagai penangkal radiasi sinar ultraviolet. Meskipun sebenarnya sinar ultraviolet ini dibutuhkan untuk menghangatkan suhu di lapisan stratosfer, namun jika mengenai bumi secara langsung tentu akan sangat membahayakan.

Dampak penipisan lapisan ozon bisa  menyebabkan terjadinya sunburn atau kulit terbakar. Dan ancaman yang paling mengerikan yakni memicu terjadinya kanker kulit.

Selama lapisan ozon masih terjaga tentu saja radiasi ultraviolet dari matahari ini bisa difilter dengan maksimal.

Berikut ini beberapa manfaat lapisan ozon yang juga penting untuk Anda ketahui:

1. Mengatur Porsi Sinar Ultraviolet

Di atas sudah dibahas secara singkat mengenai fungsi dari lapisan ozon ini. Dimana sinar ultraviolet matahari mempunyai gelombang dengan panjang 280 – 315 mm.

Sebagian besar sinar ultraviolet tersebut akan terserap oleh lapisan ozon. Itulah mengapa porsi sinar ultraviolet yang jatuh mengenai permukaan bumi sangatlah sedikit.

Nah, semakin sedikit sinar ultraviolet maka dampak buruknya juga akan semakin sedikit.

2. Menghalangi Sinar Ultraviolet Langsung Mengenai Bumi

Fungsi lapisan ozon selanjutnya yakni sebagai pelindung planet bumi. Dengan adanya lapisan-lapisan di atas permukaan bumi tentu saja sinar matahari ataupun benda luar angkasa lainnya tidak akan jatuh langsung mengenai bumi.

Lapisan ozon tidak hanya mengatur porsi sinar ultraviolet matahari saja, namun juga menghalangi sinar tersebut mengenai permukaan bumi.

3. Menstabilkan Suhu Bumi

Planet bumi mempunyai suhu yang memungkinkan makhluk hidup bisa bertahan di dalamnya. Namun akibat pemanasan global, suhu udara di bumi mengalami peningkatan.

Dan salah satu manfaat lapisan ozon yakni menstabilkan suhu planet bumi. Ini tentu saja menolong bumi dari beragam kerusakan yang terjadi akibat pemanasan global.

Salah satu contohnya yakni mencairnya es di kutub sehingga membuat permukaan air laut naik.

Planet bumi ini juga mempunyai usia, lho. Jika tidak dijaga tentu saja keberlangsungan manusia dan makhluk hidup di bumi bisa saja terancam.

Salah satu isu global yang terus diangkat yakni seputar pemanasan global. Dimana salah satu penyebab menipisnya lapisan ozon ini adalah karena pemanasan global.

Penipisan Lapisan Ozon

Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon diantaranya:

1. Penggunaaan kendaraan atau alat transportasi berlebih

Kendaraan atau transportasi yang mengeluarkan asap dan menjadi polusi udara, sehingga hal ini bisa menjadikan suhu bumi semakin panas.

2. Penggundulan hutan

Pohon adalah penetralisir udara, bila hutan-hutan digunduli maka proses penetralisasi udara akan sulit dilakukan, selain itu produksi karbon di bumi akan sulit dikendalikan.

3. Asap pabrik yang tidak terkendali

Bukan hanya asap dari kendaraan, asap pabrik juga mengandung gas-gas berbahaya yang dapat menyebabkan suhu Bumi memanas dan menyebabkan semakin tipisnya lapisan ozon.

4. Penggunaan AC dan Hair Dryer secara besar-besaran

AC dan hair dryer adalah 2 benda elektronik yang cukup banyak memproduksi gas CFC ketika digunakan. Penggunaan benda-benda tersebut dapat memicu pemanasan suhu Bumi, sehingga pada akhirnya bisa menjadi penyebab penipisan lapisan ozon.

5. Penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya

Misalnya penggunaan bahan rumah tangga yang mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti cairan pembersih dengan konsentrasi tinggi, bila tidak terkendali bisa menyebabkan pencemaran lingkungan dan pemanasan global.

6. Penggunaan pestisida yang berlebihan

Pestisida adalah cairan pembasmi hama yang sering kali digunakan dalam pertanian. Pestisida pada umumnya mengandung berbagai bahan kimia yang akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya penipisan pada lapisan ozon.

Semoga artikel seputar lapisan ozon ini tidak hanya sebagai sumber ilmu saja. Namun bisa menjadi titik balik bagi kita semua untuk lebih bisa menjaga bumi. Planet yang kita tinggali hingga sampai saat ini.

Yuk mari budayakan menjaga kebersihan lingkungan dan memperbanyak penghijauan, menanam apapun yang menjadikan nyaman sekitar kita.

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *