Pengertian Android

3 min read

Pengertian Android, – Dunia sudah tidak asing lagi dengan nama android. Hal ini karena teknologi saat ini sedang menguasai muka bumi.

Perkembangan teknologi ini sangatlah pesat, dikarenakan pemilik android memiliki keinginan yang baru dan inovatif. Ini juga terlihat dari android yang selalu menampilkan versi terbarunya.

Sebelum android menguasai, teknologi dikontrol oleh komputer, laptop dan tablet. Namun, ketika android muncul secara tiba-tiba, nama android menjadi banyak diminati oleh masyarakat yang membutuhkan ponsel.

Android adalah sistem operasi dalam smartphone, mari belajar dan ketahui seperti apa perkembangan android  juga pengertian android itu sendiri.

Pengertian Android
pengertian android, design with canva.com

Sejarah Android

Android dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. Setelah itu pada tahun 2005 perusahaan Google membeli teknologi android dari perusahaan Android. Inc.

Setelah pembelian dilakukan, google tidak langsung merilis atau memperkenalkan teknologi android kepada khalayak umum. android akan diapilkasikan pada handphone yang sekarang Anda kenal dengan smartphone.

Pada tahun 2007 google meresmikan android sebagai sistem operasi untuk smartphone, dengan nama Android. Namun, belum ada perusahaan handphone yang memproduksi smartphone sehingga android belum diterjunkan ke pasaran.

Ini disebabkan oleh teknologi yang masih dalam tahap pengembangan. Tahun 2008 smartphone pertama dengan sistem operasi Android mulai dipasarkan.

Pengertian Android

Secara umum android diartikan sebagai sistem operasi dengan basis linux yang dirancang khusus untuk layar bergerak atau touchscreen contohnya seperti table dan smartphone.

Sistem operasi ini memiliki sistem yang mirip dengan linux, sehingga teknologi ini membuat proses pengolahan data dan pengaksesan pada suatu aplikasi di smartphone atau tablet menjadi ringan.

  • Ahli lain seperti Nazarudin memiliki pendapat yang sama dengan Teguh, bahwa android ini adalah OS yang dikhususkan untuk telepon seluler dengan basis linux.

Android juga menyediakan wadah bagi para pengembang untuk melahirkan aplikasi yang mereka ciptakan sendiri  dan dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat bergerak.

Perkembangan Android

Perkembangan android mulai tercatat dari android versi 1.0 atau astro kemudian versi 1.1 atau disebut bender lalu dilanjutkan ke android versi 1.5 yang memiliki sebutan cupcake.

Selanjutnya dilanjutkan oleh android versi 1.6 atau biasa disebut donut, lalu ada Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Icecream Sandiwch(ICS) hingga jelly bean,

Penggunaan OS Android versi jelly bean adalah momen ketika smartphone mengalami puncak pemasarannya, yakni pada tahun 2013.

Setelah Jelly Bean android memiliki versi yang disebut Kit-kat, hingga saat ini OS terbaru adalah Oreo dan akan terus berkembang hingga kini telah rilis Android 10 (2019).

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android

Pada penciptaannya android pasti memiliki beberapa kegagalan. Kegagalan itulah yang menyebabkan kekurangan dalam android.

Setelah mengalami kegagalan, penciptanya mencari cara untuk meminimalisasi kekurangan yang dimiliki android.

Bahkan ada yang ditingkatkan menjadi kelebihan yang dimiliki android. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari telaah bersama-sama.

Kelebihan dari Sistem Operasi Android

1. Open Source

Android adalah sistem operasi open source yang berarti bahwa pengguna maupun developer dapat mengembangkan sistem operasi ini dengan mudah.

Open source juga berarti memudahkan pengguna dan developer android dalam mengoptimalkan smartphone yang baru dibuatnya.

2. Harganya Beragam

Smartphone dengan sistem operasi android memiliki harga yang beragam sehingga masyarakat dari kalangan manapun dapat memiliki dan memakai smartphone dengan kualitas sistem operasi yang standar dan harga yang terjangkau.

Dengan begitu, jenis android tersebut akan mengalami peningkatan peminat.

Jika ingin memiliki perangkat dengan spesifikasi yang baik, Anda harus menambahkan biaya beberapa rupiah untuk membeli smartphone yang baik dan sesuai dengan keinginan yang Anda miliki dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

3. Aplikasi Pendukung yang Banyak

Bukti dari poin pertama bahwa android adalah sistem operasi open source adalah banyaknya aplikasi yang dapat ditawarkan kepada penggunanya juga berguna dalam jenis yang bermacam-macam.

Ketika Anda membeli smartphone baru dan membuka play store, Anda dapat menemukan aplikasi yang beragam dan berfungsi untuk mendukung smartphone.

4. Mudah Dimodifikasi

Android dapat dengan mudah menyelaraskan dengan komponen yang ada di dalam smartphone sehingga ketika pengguna tidak puas dengan spesifikasi bawaan pabrik,

pengguna dapat menambahkan atau mengganti spesifikasi yang telah tersedia tanpa mengganggu proses yang dilakukan oleh sistem operasi android.

Kekurangan dari Sistem Operasi Android

1. Pengoperasian Sistem Cukup Berat

Kerja sistem Android cukup berat sehingga dalam proses kerja sistem operasi ini dapat menggunakan memori baik RAM atau ROM,

bahkan jika spesifikasi yang disandang oleh smartphone tidak memadai, maka akan beresiko pada smartphone tersebut dan berakibat tidak akan bertahan lama ketika digunakan oleh penggunanya.

2. Hasil Modifikasi Membuat Sistem Tidak Bekerja Secara Optimal

Penyebab dari kerja ponsel tidak optimal karena ketika Anda memodifikasi spesifikasi atau sistem operasi android, belum tentu memiliki kecocokan ketika melakukan pengerjaan yang dikomandokan oleh admin atau komando Anda.

Akibatnya, kerja sistem menjadi kurang optimal dan menyebabkan ponsel bergerak lambat.

3. Kurang Responsif Terhadap Perangkat yang Disambungkan

Sebelum kita menyandingkan perangkat yang memiliki sistem operasi android kepada perangkat lain, periksa terlebih dahulu apakah perangkat yang akan disandingkan dapat menjalankan operasi secara seimbang.

Jika seimbang sistem operasi akan berjalan dengan lancar, tetapi jika tidak seimbang maka sistem operasi android akan melambat.

Hal ini disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang disandingkan lebih besar ukurannya dibanding dengan android.

Sebaiknya periksa terlebih dahulu perangkat yang akan disandingkan dengan sistem android, agar perangkat dengan OS android dapat digunakan secara responsif ketika disambungkan dengan perangkat lain.

Tips Memelihara Sistem Operasi Android

1. Upgrade Sistem Operasi Android Jika Dibutuhkan

Meningkatkan sistem android bisa menjadi salah satu alasan agar kerja sistem menjadi lebih ringan dan responsif.

Namun, tidak semua versi android meringankan kerja sistem perangkat smartphone anda, tetapi ada juga yang malah membuat smartphone menjadi lebih lambat bahkan membuat OS android menjadi korup atau rusak.

2. Perhatikan Spesifikasi Smartphone Jika Ingin Upgrade OS

Memperhatikan spesifikasi Smartphone juga menjadi hal yang penting ketika Anda ingin memperbaharui versi dari OS Android.

Hal ini dikarenakan spesifikasi smartphone dapat berkurang jika memperbaharui sistem operasi menjadi sistem operasi. Jika Anda tidak memperhatikannya, Anda akan kehilangan smartphone yang sudah kita miliki.

3. Unduh Aplikasi yang Mendukung OS

Kerja sistem OS Android memang cukup berat, maka sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi yang dapat menyokong kerja OS Android tersebut.

Selain membantu dalam pengoperasian sistem, aplikasi pendukung ini akan menjadi aplikasi yang tepat untuk melindungi privasi Anda dalam smartphone. Peretasan sudah tidak dapat dilakukan lagi alias kebal terhadap peretasan.

Selain itu, disarankan untuk mengunduh aplikasi pendukung seperti anti-virus, karena perangkat keras seperti smartphone dan tablet juga dapat terjangkit virus yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem operasi.

Berdasarkan ulasan di atas, Anda dapat menyimpulkan tentang android ini. Kalau sudah mengerti seputar android, jangan lupa untuk mempraktikannya ketika menggunakan perangkat dengan OS android.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *