Pengertian Database (Fungsi, Manfaat, Tipe dan Jenisnya)

3 min read

Database bukan nama yang asing bagi pengguna komputer. Namun tidak sedikit yang belum paham mengenai pengertian database.

Secara umum, database merupakan basis data atau kumpulan data yang tersimpan di dalam komputer dengan susunan yang sistematis.

Database bisa diolah, dimanipulasi dan diperiksa dengan program komputer untuk mendapat informasi basis data yang dimaksud.

Software yang dipakai untuk mengelola database amat banyak. Hanya saja setiap database secara umum sering disebut database management system.

Istilah database merujuk pada data yang ada kaitannya dengan yang lain. Tujuan database adalah untuk mengelola data supaya lebih efektif dan efisien ketika diterapkan di komputer pengguna.

Pengertian Database
pengertian database, via canva.com

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian mengenai database telah dijabarkan oleh banyak ahli komunikasi informasi. Berikut pengertian istilah database menurut para ahli.

1. Jogiyanto

Menurut Jogiyanto, dabatase merupakan kumpulan informasi dan juga data yang terhubung satu dengan yang lain.

Data tersebut disimpan di luar komputer. Untuk memanipulasi database tersebut, pengguna membutuhkan software tertentu.

2. Abdul Kadir

Abdul Kadir menjelaskan bahwa database merupakan pengorganisasian kumpulan data yang terhubung sehingga memberi kemudahan untuk setiap aktivitas agar mendapat informasi tertentu sesuai keinginan pengguna.

3. Atte

Pengertian database menurut S Atte adalah koleksi data yang terhubung didalam enetrprise atau organisasi dengan penggunaan tertentu.

4. Fabbri dan Schwab

Definisi database menurut Fabbri dan Schwab adalah sistem berkas yang dirancang khusus untuk meminimalisasi pengulangan data atau yang dikenal dengan redundancy data.

Sistem berkas tersebut disusun secara terpadu sehingga bisa dipahami dengan baik.

5. Toni Fabbri

Menurut Toni Fabbri, database adalah sistem file dan data yang telah terintegrasikan sehingga filenya memiliki primary key yang digunakan untuk pengulangan data.

Fungsi Database

Setelah mengenal definisi database, tentu Anda harus tahu fungsi dari database. Berikut fungsi database yang dimaksud.

  1. Mengelompokkan berbagai informasi dan data supaya lebih mudah dipahami.
  2. Mencegah duplikasi data atau inkonsistensi data yang sering terjadi.
  3. Memudahkan untuk proses penyimpanan, pembaharuan, akses hingga penghapusan data yang tidak digunakan.
  4. Menjaga kualitas informasi dan data yang terakses agar sesuai dengan yang diinginkan pengguna.
  5. Membantu pengguna jika ada penyimpanan data yang berukuran besar.
  6. Membantu untuk meningkatkan kinerja aplikasi yang memperlukan penyimpanan data besar.

Manfaat Database

Manfaat database sangat melimpah sehingga mempermudah pekerjaan pengguna komputer ketika mengolah data. Berikut manfaat penggunaan database jika bekerja di dalamnya.

1. Tidak ada redudansi basis data

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa penggunaan database membantu pengguna untuk meminimalisasikan terjadinya redudansi data.

Redudansi data merupakan data ganda yang ada di berkas yang berbeda tanpa disadari pengguna.

2. Integritas data yang terjaga

Penggunaan database membuat integritas data lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan database.

Artinya, keakuratan, konsistensi hingga aksesbilitas data semakin bagus dan berkualitas tinggi sehingga data benar-benar  bisa dipertanggungjawabkan..

3. Independensi data yang lebih terjaga

Independensi sebuah data lebih terjaga dengan adanya database. Tidak ada orang yang bisa mengubah data ataupun mengganti data meskipun data yang bersangkutan dapat diakses dengan mudah oleh orang banyak sekalipun.

4. Mudah untuk berbagi data

Memakai database memungkinkan pengguna bisa berbagi data atau informasi dengan pengguna lain dengan mudah tanpa ada syarat dan aturan sedikitpun.

Tipe Database

Tipe database sangat beragam dan terus berkembang hingga sekarang. Diperlukan software khusus untuk mengambil data sekaligus menyimpan data di database tersebut.

Software tersebut dikenal dengan nama System Managemen Basis Data. Berikut ini adalah berbagai tipe database.

  1. Analytical Database, database yang digunakan untuk menyimpan informasi beserta data yang diambil operasional dan eksternal database.
  2. Operational Database, database yang digunakan untuk menyimpan data secara mendetail yang digunakan sebagai pendukung op[erasi organisasi secara menyeluruh.
  3. Distributed Database, kelompok kerja lokal yang menggunakan database dan departemen berbagai lokasi dan kantor lainnya.
  4. Data Warehouse, gudang data yang isinya menyimpan berbagai data bertahun-tahun hingga sekarang.
  5. End user database, basis data akhir yang isinya berbagai file data yang telah dikembangkan end user di workstation khusus.
  6. Real time database, sistem untuk mengolah data yang telah dirancang untuk menangani beban kerja negara yang berubah. Tipe databasenya mengandung data tanpa henti yang tidak berpengaruh pada waktu.
  7. Document oriented database, software komputer yang digunakan untuk orientrasi dan aplikasi dokumen tertentu.
  8. In memory database, database di memori yang digunakan menyimpan informasi dan data di komputer.

Jenis Software Database yang Sering Digunakan

Untuk menggunakan database, perlu tambahan software yang diperlukan. Berikut jenis software database yang perlu Anda ketahui dan sering dipakai oleh pengguna computer.

1. Microsoft Access

Jenis software database microsoft access paling sering dipakai pengguna komputer. Microsoft Access paling cocok digunakan untuk komputer relasional secara umum.

Bukan hanya itu, jika berbisnis skala kecil, Anda bisa menggunakan database ini karena ringan dengan format yang umum untuk pemula. Jadi tidak akan sulit untuk dibaca para penikmatnya.

2. Oracle

Jenis software oracle mampu menyimpan data yang berukuran besar hingga tera byte. Oracle kerap digunakan perusahaan yang tengah berkembang karena aksesnya tersedia dalam versi gratis atau non berbayar.

Pembacaan databasenya cukup mudah sehingga pemula tidak terlalu kesulitan jika ingin menggunakannya.

3. Ms. SQL Server

Software database Ms SQL Server adalah manajemen basis data yang paling umum digunakan Microsoft. Bahasa pemrogramannya memakai Transact-SQL yang sudah umum bagi pengguna Microsoft.

Tipe softwarenya banyak digunakan karena mendukung kinerja menjadi lebih efektif dan efisien.

4. MySQL

Software database ini bisa diakses oleh siapa saja karena bersifat umum. Menariknya juga kompatible dengan Linux dan Windows yang sering dipakai di perangkat komputer.

Keunggulan jika menggunakan tipe software database MySQL adalah bisa dipakai untuk multi user sekaligus. Kelebihan lainnya, tersedia untuk versi gratis, memiliki lisensi resmi hingga query data yang cepat.

5. Firebird

Bisa disebut jika sistem didalamnya mempunyai fitur yang standar dan ringan untuk komputer. Wajar jika banyak digunakan untuk komputer yang memang spesifikasinya tidak terlalu bagus.

Contoh fitur andalan didalamnya adalah ANS SQL dan SQL 2003. Jenis software database ini bisa dipakai untuk Unix, Linux dan Windows.

6. PostgreSQL

Software database ini menawarkan sistem opensource yang berlisensi GPL. Softwarenya memakai bahasa pemrograman PHP, SQL, C++, C dan masih banyak lainnya.

Jika digunakan untuk kepentingan pribadi, jenis software ini sangat direkomendasikan untuk dipakai. Belum lagi cara menggunakannya yang mudah dan sederhana.

Database sering didengar pengguna komputer. Semoga pengertian database tersebut bisa menambah pemahaman tentang apa itu database. Pilihlah databse terbaik untuk kebutuhan Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *