Pengertian Gadget

3 min read

Advertisement

Deskripsi: Pengertian gadget, fungsi gadget yang dalam berbagai bidang kehidupan. Dan beberapa tips supaya gadget kamu lebih awet.


Perangkat sudah bukan lagi hal yang asing bagi Anda, karena dalam keseharian gadget di mana-mana.

Advertisement

Gadget dapat dengan mudah ditemukan karena di zaman sekarang seolah-olah sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Hal ini karena gadget dapat memberikan hiburan dan metode praktis dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan energi banyak.

Banyak orang mengatakan bahwa agar mudah istilah gadget yaitu kelompok alat elektronik serba bisa yang ringkas, lalu apakah Anda tahu tentang apa itu gadget?

Pengetahuan dari arti gadget juga dapat menunjukkan tujuan keberadaan gadget dan fungsi gadget dalam kehidupan manusia.

Berikut pengertian gadget dan hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakannya..

Advertisement
Pengertian Gadget
pengertian gadget, via canva.com

Pengertian Gadget

Secara umum gadget diartikan sebagai alat canggih dengan bobot yang ringan, berukuran kecil dan digunakan dengan praktis untuk membantu manusia mengolah data-data, dan menemukan informasi.

Gadget atau disebut gawai ini merupakan alat yang menyerupai laptop contohnya smartphone. Namun, bukan hanya smartphone saja yang disebut gadget.

Ditambah dengan teknologi masa kini yang semakin maju gadget semakin diminati oleh para pelanggannya.

Hal ini karena perkembangan zaman dan teknologi membuat semua menjadi lebih praktis. Istilah gadget mulai dikenal dari awal tahun 2000, gadget yang sudah ada yaitu seperti walkman atau mp3, yang hanya menyediakan media audio saja.

Gadget menurut bahasa adalah perangkat atau alat yang berfungsi membuat pekerjaan menjadi praktis. Pengertian ini sudah diterapkan dengan baik, karena dampak ini telah dirasakan oleh banyak penggunanya.

Segala kegiatan menjadi lebih praktis, tanpa banyak proses yang harus dilakukan, hal-hal tertentu dapat selesai dengan cepat dan mudah diselesaikan.

Para ahli juga mengemukakan pendapatnya, seperti pendapat Kurniawan bahwa gadget adalah perangkat mini yang relatif baru sehingga memberikan kesan baru pada penggunanya.

Walaupun dalam penggunaannya mungkin tidak praktis. Selain Kurniawan, Garini juga menuturkan pendapatnya bahwa gadget merupakan perangkat kecil yang multifungsi atau memiliki banyak fungsi.

Fungsi Gadget

1. Manfaat dalam Dunia Pendidikan

Gadget dalam dunia pendidikan memberikan pengaruh yang besar, selain memudahkan dalam pembelajaran gadget juga dapat menjadi bahan materi untuk dipelajari dan dibedah secara dalam oleh penggunanya.

Oleh sebab itu, gadget menjadi sangat diminati dalam dunia pendidikan.

Gadget juga biasa digunakan ketika jam pelajaran sekolah berlangsung untuk memudahkan mencari informasi pengetahuan yang sudah tercantum datanya di internet.

Tetapi, gadget juga dapat menyebabkan dampak buruk untuk siswa, maka sebaiknya buatlah gadget khusus untuk pembelajaran.

2. Manfaat dalam Bidang Pekerjaan Proyek

Bidang pekerjaan adalah bidang yang sangat riskan jika komunikasi terputus atau komunikasi tidak tersampaikan tepat waktu.

Contohnya dalam pekerjaan proyek, pekerjaan ini relatif membuat tim satu dan lainnya dengan jarak yang lumayan jauh sedikit kesulitan untuk berkomunikasi, sehingga membutuhkan alat komunikasi yang memadai untuk dengan mudah dan cepat tersampaikan.

Advertisement

Dalam kasus ini, gadget dapat berperan sebagai alat komunikasi dalam setiap pekerjaan.

Gadget akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan proyek untuk mempersingkat gerak dan mengefektifkan waktu dalam mengerjakan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.

3. Sarana Hiburan

Gadget tidak hanya memiliki fungsi untuk perihal-perihal yang penting, tetapi juga memiliki fungsi yang dapat dinikmati dengan santai. Contohnya dalam bidang hiburan ini.

Gadget yang Anda pakai seperti smartphone atau walkman dapat memberi Anda hiburan lewat audio seperti musik dan lain-lain.

Namun tak hanya itu, smartphone juga menyerupai komputer yang dapat memberikan hiburan.

Tips Menjaga Gadget agar Lebih Awet

Gadget memang mudah ditemukan di manapun Anda tinggal. Tetapi, saat Anda membeli Gadget pasti memerlukan uang yang cukup.

Oleh karena itu jagalah gadget Anda dengan baik agar tahan lama dan dapat dipakai untuk jangka panjang.

Upaya apa saja yang dapat Anda lakukan dalam menjaga gadget tetap prima dan dapat digunakan dalam jangka panjang? Berikut ulasannya.

1. Hindari menghubungkan dengan Listrik Terlalu Lama

Biasanya jika gadget yang dimiliki smartphone atau handphone biasa, saat Anda mengisi ulang baterai gadget dengan menyambungkannya dengan listrik.

Tetapi, terkadang Anda lupa memastikan bahwa baterai gadget sudah penuh. Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan baterai dari handphone overload atau overheat, yang kemudian resiko terhadap kebocoran baterai hp tinggi.

2. Tidak digunakan ketika Baterai Sedang Diisi Ulang

Jika gadget sedang disambungkan dengan pengisi daya sebaiknya jangan gunakan gadget karena jika baterai sedang diisi dan energinya langsung dikeluarkan lewat pemakaian gadget dapat menyebabkan energi yang tersimpan dalam baterai tidak stabil.

Ini akan berakibat pada gadget yakni akan terasa panas dan menyebabkan gangguan elektronik seperti hang atau baterai drop.

3. Gunakan Pelindung

Selain menjaga komponen gadget yang berada di dalamnya, menjaga fisik luar sebuah gadget juga menjadi bagian penting, karena bagian luar didesain untuk melindungi bagian dalam yang rapuh, walaupun tidak kuat 100%.

Pelindung untuk gadget biasanya terbuat dari silikon atau kulit, sebaiknya jika gadget tidak dilindungi dengan pelindungnya simpan gadget di tempat yang aman.

4. Jauhkan dari Cairan Apapun

Hindari alat elektronik Anda dari hal-hal yang bersifat cair karena cairan dapat mengganggu proses transfer energi listrik yang kemudian akan menyebabkan gangguan kelistrikan atau biasa disebut korsleting.

Bahkan air liur Anda sendiri dapat menyebabkan korsleting yang berarti. Jika Anda membawa gadget ketika kehujanan, simpanlah gadget tersebut ditempat yang tahan terkena air.

5. Tidak menghubungkan Gadget dengan Perangkat Lain yang Terjangkit Virus

Gadget yang dihubungkan dengan perangkat yang terkena virus contohnya laptop, akan mengakibatkan gadget menjadi lama dalam merespon atau bahkan kehilangan data tanpa tahu alasannya.

Jika gadget sudah tercemar virus akan sulit untuk dibersihkan, karena virus menyerang data demi data yang disimpan didalam gadget tersebut, jika tidak hilang biasanya data menjadi rusak.

6. Tidak Membuka Situs Internet yang Memungkinkan Menjangkit Virus

Situs internet adalah awal mula mengapa virus bisa tersebar ke perangkat-perangkat gadget Anda. Jika Andasalah mengunjungi situs yang sudah diterapkan virus, virus tersebut akan menjangkit gadget.

Cara untuk mencegah virus singgah di gadget Anda adalah dengan mengunduh anti virus yang ampuh untuk memberantas dan melindungi gadget dari virus yang dapat merusak.

7. Hanya Mengunduh dan Menginstall Aplikasi dari Situs Resmi

Mengunduh pada aplikasi pada situs resmi juga perlu dilakukan, terkadang jika mengunduh pada situs yang tidak resmi akan menyebabkan gadget Anda lebih lambat daripada biasanya, meskipun data yang diunduh memiliki ukuran yang kecil.

Hal ini disebabkan karena situs resmi sudah lulus dalam keamanan dalam penggunaannya, sedangkan situs tidak resmi belum tentu.

Anda sudah mengetahui dan mengerti, bukan? Kalau sudah mengetahui dan mengerti, semoga bisa membantumu untuk memanfaatkan gadget secara produktif ya.

Sekian artikel tentang gadget dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu menggunakannya.

Advertisement

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian Green Screen

Advertisement Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *