Pengertian Laptop

3 min read

Advertisement

Deskripsi: Sejarah singkat munculnya laptop, beberapa pengertian laptop dan kelebihannya, dan fungsi laptop dalam kehidupan.


Kehidupan manusia tak pernah lepas dari benda yang disebut teknologi.

Advertisement

Hal ini karena manusia membutuhkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan sehari-harinya, mulai dari pekerjaan rumah hingga pekerjaan kantoran.

Sekarang ini telah tercipta teknologi yang memudahkan manusia dalam mengolah data dan menyimpannya.

Teknologi tersebut dinamakan komputer yang memiliki peranan dalam pengolahan data.

Komputer pun akhirnya dikembangkan hingga ditemukannya komputer portabel atau laptop.

Anda pasti ingin tahu bagaimana proses laptop tercipta? Berikut rangkaian pembahasan tentang sejarah dan pengertian laptop beserta fungsinya.

Advertisement

Sejarah Laptop

Sebelum Anda mengenal laptop, Anda terlebih dahulu harus mengetahui rangkaian-rangkaian peristiwa yang menjadi faktor munculnya sebuah laptop dan orang yang menciptakannya.

Jika ditelusuri lebih lanjut, laptop ini berasal dari teknologi sebelumnya yakni komputer. Komputer merupakan rangkaian dari beberapa alat elektronik yang dibuat khusus.

Kemudian alat-alat elektronik ini dihubungkan dengan rangkaian yang sudah disusun di dalam CPU dan ditampilkan pada monitor.

Komputer juga memiliki generasi-generasinya, mulai dari generasi pertama hingga generasi terakhir.

Pembuatan laptop sudah direncanakan di awal tahun 1970.  Hal ini terjadi karena penggunaan komputer terlalu terbatas.

Lalu, muncul ide untuk membuat komputer portabel atau laptop yang dikemukakan oleh Alan Kay.

Kemudian, seorang warga negara Amerika Serikat yang menjadi designer PC melanjutkan ide dari Alan. Designer PC (Personal Computer) ini bernama Adam Osborne.

Adam merealisasikan konsep Alan Kay ke dalam dunia nyata. sehingga lahirlah laptop pertama yang diciptakan Adam Osborne pada tahun 1975 dengan bantuan Felsenstein sebagai ilmuwan pembuat professor.

Komputer portabel ini dilahirkan dengan ukuran yang ringkas, bahkan jauh lebih ringkas dibanding komputer laptop ini bernama IBM Portable PC 500.

Pengertian Laptop
pengertian laptop, via canva.com

Pengertian Laptop Secara Umum

Secara umum laptop memiliki pengertian sebuah perangkat yang diciptakan untuk mengolah, menyimpan bahkan menciptakan data multimedia yang dikomandokan oleh sistem akun secara manual dan sering disebut komputer portabel yang memudahkan penggunanya agar dapat menggunakannya di mana saja.

Laptop menurut bahasa

Asal usul nama laptop diambil dari kata ‘lap’ yang berarti ‘pangkuan’ dan ‘top’ yang berarti ‘atas’ jika disatukan dapat diartikan sebagai ‘diatas pangkuan’.

Arti lebih sederhananya yaitu komputer kecil yang dapat dilipat dan dapat digunakan di atas pangkuan. Nama yang diberikan sesuai dengan kelebihannya yaitu mudah dibawa ke mana saja.

Laptop dalam artian khusus

Kemudian arti Laptop secara khusus, memiliki arti perangkat pengolah data yang memiliki fungsi sama dengan komputer dengan massa yang ringan, mudah dibawa ke mana saja dan lebih irit tempat.

Penggunaan laptop mulai marak pada awal tahun 2000 dengan semakin berjalannya zaman bertambah pula pengguna laptop dan generasi-generasi laptop dengan sistem operasi yang berbeda-beda.

Pengertian Laptop Menurut para Ahli

1. Robert H. Blissmer

Laptop adalah alat tipis, kecil dan ringan yang mampu melakukan tugas contohnya seperti menerima input data sesuai dengan program, pengolahan data dan penyimpanan yang kemudian memberikan respon output yang berbentuk informasi.

Advertisement

2. William M. Fouri

Wiilliam mengemukakan pendapat dalam bukunya yang berjudul The Bisnis bahwa komputer adalah sebuah pemroses data yang dapat menjalankan perintah secara cepat dan melakukan perhitungan yang besar dan cepat, seperti aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia dalam memproses sebuah data.

3. William Sawyer

Menurut William, laptop adalah mesin multiguna yang dapat digunakan untuk pemrograman dan juga diprogram. Mesin-mesin ini dapat menerima data fakta dan menggambar dengan kasar yang kemudian data tersebut di proses atau dimanipulasi menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan oleh penggunanya.

4. Donald H. Sanders

Menurut Donald, laptop adalah alat elektronik yang memiliki sistem yang mampu memanipulasi data secara akurat dan cepat dan dirancang serta dikhususkan untuk menyimpan data yang diinput secara otomatis dengan cara melakukan langkah-langkah yang sudah disisipkan dalam sistem komputer.

Fungsi Laptop

Laptop memiliki fungsi-fungsi tertentu yang biasanya diincar oleh para calon penggunanya. Setiap merek laptop dan dari generasi yang berbeda pasti memiliki keunggulannya masing-masing.

Fungsi-fungsi laptop inilah yang menyebabkan khalayak umum berminat untuk membelinya.  Terlebih di era digital seperti sekarang ini. Berikut adalah fungsi-fungsi laptop antara lain.

1. Mengolah Data

Laptop adalah perangkat yang dapat digunakan mengolah data menjadi informasi atau menghasilkan data lainnya. Fungsinya sama seperti komputer.

Hal ini karena laptop merupakan komputer yang kemudian didesain sekecil dan seringkas mungkin. Data yang diolah dapat berupa gambar, teks, audio bahkan video.

Tentunya mengolah data dalam perangkat ini dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat, sehingga data yang diolah tidak diproses dalam waktu yang lama.

Mengolah data dalam laptop dapat dilakukan dengan mudah karena dibantu oleh aplikasi-aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengolah data.

2. Menyimpan Data

Menyimpan data dalam laptop atau komputer portabel ini merupakan hal yang biasa dilakukan di perkantoran atau lembaga.

Ini terlihat dari salah satu kegunaan laptop yaitu untuk menyimpan data.  Sehingga Anda juga dapat menyusunnya sesuai keinginan Anda.

Namun, ada kekurangan yang harus diperhatikan yaitu ruang penyimpanan dalam laptop memiliki kapasitas yang terbatas.

Meskipun laptop memiliki kapasitas ruang penyimpanan data yang terbatas tetapi data yang disimpan dalam laptop dapat terjaga dengan aman.

Data yang disimpan dapat berupa gambar, dokumen, video dan audio bahkan data-data multimedia. Sebaiknya untuk menjaga data Anda tetap aman, pasanglah anti virus yang terbaik.

3. Memberi Pengetahuan

Laptop juga dapat memberi kontribusi perkembangan pengetahuan. Teknologi-teknologi yang terlahir salah satunya diawali oleh keberadaan laptop.

Karena laptop adalah teknologi pertama yang dapat memberikan tampilan dari sebuah data dengan cara memberikan informasi secara gambar yang ditampilkan pada bagian layar atau monitor.

Data yang ditampilkan dapat berupa gambar, foto, teks atau tulisan hingga video yang kemudian ditampilkan dari layar laptop Anda.

Untuk menampilkan data-data tersebut laptop juga memerlukan aplikasi yang memadai, seperti microsoft office, paint, media player dan aplikasi lainnya.

Banyak sekali hal yang dapat dipelajari dalam penggunaan laptop yang kemudian memberikan Anda pengetahuan untuk menggunakan laptop dengan baik.

Apalagi ketika Anda menyambungkannya dengan jaringan internet. Anda akan dapat mengakses pengetahuan yang ada di seluruh bagian dunia manapun.

5. Memberi Hiburan

Selain menjadi pengolah data, penyimpanan data, dan pemberi pengetahuan, laptop juga dapat memberi hiburan.

Jika disediakan aplikasi permainan apapun yang ingin diunduh dalam laptop tersebut, fungsi laptop akan menjadi sarana untuk menghibur diri.

Selain permainan, hiburan dapat berupa film atau video dan tentunya data-data ini dapat diakses menggunakan komputer.

Ternyata laptop sangat berguna pada kehidupan manusia, terutama di era digital ini.

Tanpa laptop kita takkan mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan, laptop juga dapat digunakan mengisi waktu luang juga.

Advertisement

Manfaat Blog

Advertisement Deskripsi: manfaat blog bagi para blogger dalam kehidupan...
Cendikia
2 min read

Perbedaan EIS dan OIS

Advertisement Deskripsi: Kenali Perbedaan EIS dan OIS sebelum Membeli...
Hairo
2 min read

Pengertian Green Screen

Advertisement Deskripsi: Pengertian Green Screen dan Perannya dalam Industri...
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *