Pengertian Hardware

3 min read

Secara umum, di dalam sebuah komputer terdapat dua jenis perangkat komputer yaitu software dan hardware. Hardware merupakan perangkat penting yang terdapat pada komputer.

Pengertian Hardware
pengertian hardware, via canva.com

Pengertian Hardware

Hardware memilliki arti perangkat keras dalam bahasa Indonesia. Secara pengertian, hardware merupakan perangkat yang dapat terlihat oleh kasat mata dan bentuknya bisa disentuh.

Mengapa hardware menjadi perangkat yang penting? Karena komputer harus memiliki komponen lengkap yang bekerja secara bersama-sama agar dapat mengolah informasi yang dapat dimengerti oleh manusia.

Sehingga suatu perangkat yang ada di dalam komputer termasuk hardware harus berfungsi secara baik.

Fungsi Hardware

Seperti kita tahu, pengertian hardware yaitu komponen pada komputer yang memiliki fungsi berbagai macam untuk mengolah suatu input yang masuk.

Ada beberapa fungsi hardware yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Membantu pekerjaan pengguna

Dengan adanya hardware, pengguna akan lebih mudah untuk mengoperasikan komputer. Pengguna membutuhkan beberapa jenis hardware untuk mendukung penggunaan komputer

2. Penerima Input

Hardware berfungsi untuk menerima input data yang selanjutnya akan di proses oleh komputer agar pengguna komputer mengerti. Input tersebut akan diproses dan berbentuk informasi baru.

3. Menghasilkan output

Hardware akan menghasilkan output sesuai perintah dari pengguna komputer sendiri. Output yang dihasilkan bermacam-macam seperti teks, gambar, video, dan suara.

4. Menyimpan data

Salah satu kegunaan hardware adalah menyimpan data. Dengan fungsi ini, pengguna tidak perlu khawatir mengenai penyimpanan data karena komputer memiliki hardware yang dapat menyimpan data pada kapasitas yang besar

5. Pemroses data

Kegunaan lain dari hardware adalah pemroses data. Salah satu hardware yang dimiliki komputer memiliki fungsi pusat dari segala kegiatan komputer. Sehingga penggunaan komputer dapat terjadi secara terstruktur

Fungsi umum sebuah hardware adalah pelengkap komponen komputer agar dapat berjalan dengan baik. Hardware sangat memudahkan pengguna komputer.

Peran hardware sangat penting untuk keberlangsungan segala proses yang ada di sebuah komputer.

Jenis Hardware

Fungsi dari hardware terbagi sesuai jenis hardware yang bekerja yaitu seperti:

1. Hardware Masukan (Hardware Input)

Hardware masukan atau hardware input adalah jenis hardware yang bertugas untuk memasukkan informasi atau data kepada sebuah komputer. Contoh dari hardware masukan antara lain : Mouse, Microphonr, Keyboard, dan Webcam.

2. Perangkat Pemroses (Process Device)

Perangkat pemroses atau process device adalah jenis hardware yang bertugas untuk memproses atau mengolah data dan informasi yang telah di input oleh hardware input, agar pengguna komputer bisa mengerti data yang dimaksud.

Contoh benda yang termasuk perangkat pemrosesan antara lain : CPU, VGS, RAM, Power supply.

3. Hardware Keluaran (Hardware Output)

Hardware keluaran atau hardware output bertugas untuk menjadi wadah dari hasil data yang telah di proses oleh process device.

Outpunya dalam bentuk tulisan, gambar, video, suara, dan lain-lain. Contoh hardware yang termasuk dalam perangkat keluaran antara lain : monitor komputer, printer, dan proyektor

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Perangkat penyimpanan atau storage device berfungsi untuk menjadi tempat penyimpanan data atau informasi yang telah di masukkan, di proses, dan di hasilkan pada komputer. Storage device memiliki kapasitas yang besar.

5. Perangkat tambahan (Additional Device)

Perangkat tambahan atau additional device bertugas untuk membantu kinerja komputer sesuai dengan arahan dari pengguna komputer. Contoh perangkat tambahan adalah modem.

Jenis hardware di atas merupakan jenis hardware yang secara umum di temukan di setiap komputer.

Hardware yang lengkap akan membantu kinerja komputer menjadi maksimal. Komputer akan berfungsi dengan maksimal jika semua perangkat berfungsi dengan baik.

Contoh Hardware

Ada beberapa perangkat hardware yang Anda harus ketahui kegunaannya, seperti:

1. Mouse

Mouse merupakan salah satu perangkat yang penting di sebuah komputer. Mouse termasuk ke dalam hardware input.

Mouse berguna untuk memudahkan pengguna komputer saat menggerakan kursor kepada applikasi yang ingin digunakan.

2. Monitor

Monitor termasuk kedalam hardware output. Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil proses data berupa gambar, grafis, video, teks dan lain lain secara digital.

3. UPS

UPS merupakan kependekan dari Unterruptible Power Supply. UPS berfungsi untuk menyimpan aliran listrik dan menyalurkan pada semua perangkat komputer.

Di saat listrik mati tiba-tiba, UPS juga berfungsi untuk melindungi seluruh perangkat komputer, karena pada kasus listrik yang mati secara tiba-tiba biasanya akan mengganggu sistem pada perangkat hardware.

4. VGA

VGA merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah informasi atau data berupa grafis atau gambar yang kemudian akan ditampilkan pada monitor.

5. Printer

Printer juga termasuk ke dalam hardware output. Printer berfungsi untuk menampilkan hasil berupa gambar, grafis, teks berupa cetakan pada selembar kertas. Beberapa printer juga dapat melakukan fungsi scanner dan mesin photocopy.

6. Scanner

Scanner berfungsi untuk mengubah hasil data cetakan menjadi data digital yang dapat di proses oleh komputer.

7. Motherboard

Motherboard merupakan perangkat pendukung terbesar dalam pengoperasian komputer. Dengan adanya motherboard, seluruh perangkat yang ada pada komputer akan terhubung dan bekerja secara baik.

Di dalam motherboard terdapat beberapa komponen seperti, RAM, harddisk dan lain lain.

8. Harddisk

Harddisk berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang ada pada komputer. Harddisk berperan sebagai perangkat penyimpan sekunder.

Berbeda dengan RAM, harddisk akan menyimpan data seperti gambar, foto, video, teks dan lain lain secara permanen.

9. Speaker

Speaker pada komputer berfungsi untuk membantu output suara pada komputer agar terdengar lebih keras.

Proses dalam pengeluaran suara melalui speaker juga melibatkan sinyal elektrik. Speaker dapat bekerja jika adanaya komponen sound card pada komputer.

10. RAM

RAM adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat sementara. RAM menyimpan data sesuai perintah dari prosessor.

Bagi Anda yang menggunakan komputer untuk bekerja tidak perlu khawatir karena kapasitas yang dimiliki RAM untuk menyimpan data sangat besar.

11. PC Cooler (Pendingin)

PC Cooler berfungsi untuk menstabilkan suhu yang ada pada komputer agar tidak terjadi overheat. Biasanya cooler akan berfungsi secara optimal jika PC Cooler tersebut ditempel tepat diatas prosessor.

PC Cooler ini dilengkapi oleh kipas untuk membantu proses pen stabilan suhu pada komputer.

12. Sound Card

Sound card pada komputer terletak di motherboard. Sound card berfungsi untuk memproses segala data yang berbentuk suara.

Pada awal kemunculannya sound card merupakan komponen yang tidak terlalu penting pada komputer, tetapi seiring berkembangnya zaman sound card menjadi komponen penting pada sebuah komputer.

Sound card bekerja sama dengan speaker untuk menghasilkan output suara.

Pada sebuah komputer dibutuhkan komponen yang lengkap untuk mendukung kinerjanya. Dalam artikel ini sudah dijelaskan apa saja fungsi, contoh dan jenis hardware yang perlu anda ketahui.

Semoga artikel ini bisa anda jadikan referensi untuk memilih komputer yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Pengertian Artificial Intelligence 

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *