Pengertian Informasi

3 min read

Deskripsi: Pengertian informasi, fungsi adanya informasi, sifat dan karakteristik dari informasi.


Melihat judul artikel ini, apa yang terbesit dibenak Anda? Pastinya hal-hal seputar informasi.

Informasi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karena tanpanya manusia tidak akan mengetahui pengetahuan dan perkembangannya, bahkan Anda dapat menemukan informasi dalam obrolan sesama.

Meskipun dalam obrolan tidak tercantum sebuah hal yang menyebutkan informasi. Contohnya seperti psikiater yang sedang menganalisis penyakit kejiwaan pasiennya, mereka tak butuh pasiennya menyebutkan penyakitnya.

Apa jadinya jika manusia hidup tanpa informasi, kemungkinan manusia tidak dapat berkembang sampai seperti sekarang ini. Berikut pengertian informasi beserta hal-hal yang perlu diketahui dalam informasi.

Pengertian Informasi
pengertian informasi, via canva.com

Pengertian Informasi

Informasi memiliki pengertian yang berbeda dalam sudut pandang yang berbeda pula.

Namun, bukan berarti pengertian informasi tidak memiliki acuan pada pengertian yang sebenarnya atau dengan kata lain semua pengertian yang diungkapkan para ahli ataupun para masyarakat luas merujuk kepada satu pengertian tersebut.

Apa definisi atau pengertian informasi menurut beberapa sudut pandang?

1. Definisi Informasi Menurut Bahasa

Kata informasi berawal dari bahasa latin yaitu Informatinem yang memiliki arti inti, gagasan atau sandi.

Kemudian, informasi dapat dipaparkan lewat media apapun dan disusun dalam media apapun yang mampu menampung sebuah bahan informasi.

Seperti diagram tangga satuan massa atau satuan panjang, yang memudahkan Anda untuk menghitung perpindahan satuan.

2. Pengertian Informasi Secara Umum

Informasi secara umum memiliki banyak arti, ada yang menyebutnya sebagai pesan, ada yang menyebutnya emosi dan lain-lain.

Namun, setelah dirangkum dari sekian banyak pendapat dapat ditarik kesimpulan, bahwa:

secara umum informasi adalah pengetahuan yang belum diketahui oleh manusia dan informasi ini diperoleh dari data yang belum bisa disebut sebagai informasi sebelum diolah.

Kemudian ketika suatu data sudah diolah dan dipaparkan kepada masyarakat luas, maka paparan atau gagasan itulah yang dapat disebut sebagai informasi, yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Informasi juga memiliki jangkauan yang luas, sehingga informasi juga dapat berkembang atau bisa jadi dihapuskan.

3. Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Jogiyanto H. M.

Beliau menuturkan definisi informasi menurut versinya adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna untuk penerimanya, yang dapat memberikan gambaran nyata dalam sebuah kejadian dan dapat menjadi referensi dalam pengambilan tindakan atau keputusan.

Burch & Starter

Menurut mereka informasi memiliki definisi pengumpulan data yang kemudian diolah dan diberikan pada penerimanya dengan manfaat keterangan atau pengetahuan.

George R. Terry, Ph.D.

George RR. Terry mengungkapkan pendapatnya tentang informasi. Menurutnya, pengertian dari informasi adalah data penting dengan manfaat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi penerimanya.

The Liang Gie

The Liang Gie memiliki pemikiran bahwa informasi adalah sebuah pilihan berupa gambar, rangkaian kalimat atau tanda tulis yang dapat digunakan oleh seorang pemimpin dalam membuat keputusan yang tepat.

Kusrini

Kusrini menuturkan definisi informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk yang lebih berarti dan bermanfaat bagi penggunanya, dapat digunakan sebagai referensi mengambil keputusan atau sebagai pendukung sumber informasi.

Itulah menurut para ahli, kebanyakan para ahli memiliki pemikiran yang sama meskipun tak semua hidup dalam satu kepala. Menurut mereka informasi adalah sebuah data yang diolah dan berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan.

Lalu, Apa Fungsi Informasi bagi Kehidupan Manusia?

Segala hal dalam dunia ini memiliki manfaatnya masing-masing, tetapi belum semua hal terungkap yang sudah terselidiki apa manfaatnya.

Begitu juga dengan informasi yang sedang dibahas ini, pastinya hal ini pun memiliki manfaat yang banyak.

Manfaatnya antara lain sebagai berikut.

1. Sebagai Media Pengetahuan

Seperti yang sudah dikemukakan pada bagian sebelumnya pengetahuan adalah salah satu fungsi keberadaan informasi dan pastinya hal ini memiliki alasan, menurut Anda mengapa informasi menjadi pengetahuan? Mari kita kupas satu per satu.

Pengetahuan adalah kumpulan-kumpulan informasi yang sudah dikategorikan atau biasa disebut ilmu. Pengetahuan atas ilmu-ilmu yang sudah ada di muka bumi ini tidak akan pernah ada.

Tanpa informasi takkan ada ilmu dan manusia takkan bisa berkembang.

Lalu, dari sini mungkin anda dapat menarik kesimpulan, bahwa informasi adalah hal terpenting sebelum semuanya ditemukan di muka bumi ini. Itulah mengapa informasi sebagai pengetahuan.

2. Sebagai Media Komunikasi

Komunikasi juga menjadi hal terpenting untuk kehidupan sehari-hari manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh untuk bersosialiasi.

Namun, begitupun dengan komunikasi, informasi yang membuat Anda hidup bersosialisasi.

Informasi adalah segalanya bagi kehidupan manusia, karena tanpa informasi manusia takkan mampu berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

Kabar berita pun muncul untuk mengabarkan adanya informasi yang statusnya cukup penting.

3. Sebagai Media Politik

Jika melihat di dunia bagaimana politik bermain, kalau punya lawan politik pasti ada beberapa informasi dan beberapa orang saling berperan.

Di sanalah informasi yang berperan, mari kupas satu demi satu. Setiap informasi yang muncul pastinya memiliki kumpulan-kumpulan data hasil dari penelitian atau survey.

Sebuah informasi dapat diragukan kebenarannya dikarenakan data yang sudah terkumpul tersebar ke khalayak umum, namun tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Jika hal tersebut terjadi maka akan muncul gelembung opini yang kemudian menyebabkan opini lain muncul dan akan membesarkan gelembung opini.

Jika opininya bersifat mendukung akan menjadi baik. Hal berbeda akan terjadi jika opini yang tersebar itu buruk. Akhirnya informasi tersebut hilang sendiri yang biasanya disebut hoax.

Apa Saja Sifat-sifat yang Dimiliki Informasi?

Sifat adalah hal yang pasti dimiliki semua objek yang ada di muka bumi ini. Informasi juga yang merupakan objek abstrak memiliki sifat yang berfungsi sebagai jati diri informasi, berikut sifat-sifatnya.

1. Faktual

Faktual atau fakta, sifat informasi yang ini kebenarannya dapat dipercaya, karena informasi yang bersifat fakta memiliki bukti atau rekam jejak, atas pengumpulan datanya dan pengolahan datanya.

Dapat dikatakan sifat informasi ini juga kuat dan terpercaya. Sebagai contoh yaitu skripsi, gambar, karya tulis ilmiah dan sebagainya.

2. Opini

Sifat Informasi ini sedikit membingungkan, karena opini terbentuk disebabkan adanya hatespeech atau omongan yang mempengaruhi dan dialami oleh beberapa orang yang sama.

Biasanya informasi yang bersifat opini ini, tidak dapat dipercaya. Kebenaran yang dapat sebaiknya dipercayai adalah 50:50, karena pembuktian yang minim.

Ketika bukti sudah ada belum tentu bukti tersebut dapat langsung dipercayai, jika tak ada data bekas kejadian.

Jika, opini terbukti benar maka pernyataan tersebut dapat dipercaya, namun belum tentu semua orang akan mempercayainya dan jika, opini terbukti salah atau omong kosong maka itulah yang disebut hoax.

Itulah pengertian informasi beserta hal-hal yang meliputinya. Tak ada kata menyerah untuk selalu belajar dan menuntut ilmu, di manapun ilmu dapat dicari dan dipelajari.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Email

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *