Sejarah Pendiri Google

3 min read

Sejarah Pendiri Google – Teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan di berbagai kehidupan. Manusia dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat melalui mesin pencari atau yang dikenal dengan Google.

Google menyimpan semua informasi dari seluruh dunia melalui jaringan internet. Dengan adanya Google dapat membantu manusia untuk mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Google mengalami perkembangan yang panjang. Dimulai pada tahun 1995, sejarah Google berhubungan dengan perkembangan di dunia teknologi dan industri.

Munculnya Google diawali dengan kombinasi kewirausahaan, kerja keras, dan keberuntungan dari pendirinya.

Melalui teknologi yang sederhana hingga kini menjadi teknologi canggih yang digunakan di seluruh dunia.

Sejarah Pendiri Google
Larry Page dan Sergey Brin (pendiri google) via canva.com

 Sejarah Pendiri Google

Pada tahun 1995, pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin menemukan penemuanya untuk membangun mesin pencari.

Melalui kerja sama mereka, mesin pencari tersebut berhasil diciptakan dengan nama BackRub. Mesin tersebut dikerjakan selama satu tahun lebih pada server Stanford University.

Hingga pada tanggal 15 September 1997, BackRub didaftarkan sebagai Google.com.

Nama BackRub merupakan algoritma yang dimiliki oleh laman untuk membuat peringkat berdasarkan banyaknya backlink.

Satu tahun setelah terdaftar pada Google.com, Larry membuat buletin bulanan yang dikenal dengan Google Friends Newsletter. Buletin bulanan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perusahaan.

Seiring perkembangn teknologi, buletin tersebut menjadi salah satu fitur blog yang dikenal dengan Google+. Andy Bechtolsheim menuliskan cek untuk Google Inc sebesar $100.000.

Di kediaman seorang dosen Stanford di Palo Alto, Andy membuat keputusan setelah melihat demo singkat pada Google.com.

Sehingga pada tanggal 4 September 1998, Google Inc berhasil diresmikan sebagai perusahaan privat.

Dari Google Inc tersebut, cek dari Andy berhasil dicairkan ke dalam rekening perusahaan. Pada saat itu, perusahaan tersebut masih sederhana di garasi di Menlo Park California.

Pada tahun 1999, barulah Google berpindah kantor ke Palo Alto. Saat itu perusahaan Google baru beranggotakan 8 orang.

Ketua pendiri Google yaitu Larry dan Sergey masih menjadi mahasiswa di Stanford University. Sehingga mereka harus fokus pada studi sebagai mahasiswa Ph.D.

Mereka berusaha menawarkan perusahaan Google yang masih sederhana tersebut ke beberapa perusahaan termasuk Yahoo. Namun, kerja keras tersebut masih ditolak.

Perkembangan Google

Melalui berbagai penolakan, Google mulai fokus mengembangkan teknologi dan sistemnya. Google membangun layanan Adwords yaitu layanan pay per click dengan memanfaatkan pendapatan online melalui pihak ketiga yang berkontribusi dalam mengembangkan Google hingga sukses sampai sekarang.

Walaupun ditolak oleh Yahoo, Larry dan Sergey masih mencoba menemui pihak Yahoo pada tahun 2002. Namun, mereka kembali mengalami penolakan karena perusahaan Yahoo sendiri ingin menyaingi Google.

Namun, perusahaan Yahoo mengalami masalah dan kegagalan sehingga memberikan keuntungan bagi Google.

Pada tahun 2003, Google  berhasil mengakuisisi Pyra Labs. Sehingga Google berhasil menciptakan produk terbarunya yaitu Google Adsense.

Google Adsense bertujuan untuk menghubungkan perusahaan dengan jaringan periklanan. Selain itu, Google juga mengeluarkan Google Grants yang bertujuan untuk mencari keuntungan.

Perusahaan Google mulai berkembang pesat dengan bertambahnya karyawan. Pada tahun 2004, perusahaan Google pindak ke kantor yang lebih besar yang sekarang menjadi kantor pusat dari Google Inc.

Perpindahan perusahaan ini membuat Google menciptakan berbagai produk baru yang lebih canggih salah satunya Gmail.

Pada bulan April, Google meluncurkan produk Gmail. Perusahaan Google berhasil mengakuisisi Picasa yang sudah terdaftar pada bursa saham secara resmi.

Hingga Google membuat misi untuk tetap mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi karena teknologi dapat mengubah dunia.Sehingga Google selalu ingin menciptakan teknologi terbaru untuk menyempurnakan Google.

Pada tahun 2005, Google menciptakan berbagai produk baru bahkan mengembangkannya menjadi perangkat bergerak.

Inovasi ini menjadi awal dari munculnya Google Maps yang dapat digunakan melalui perangkat seluler.

Di tahun-tahun berikutnya, Google juga menciptakan produk terbaru untuk saling melengkapi dan menyempurnakan Google.

Google meluncurkan produk Google Finance dan Google Calendar. Dengan meningkatkan kesuksesanya, Google mulai mengakuisisi Youtube pada tahun 2005, hingga aplikasi Youtube terhubung dengan Google.

Pada tahun 2007, Google meluncurkan Android dan Streetview sebagai perangkat seluler  dengan fitur canggih dan lengkap. Setelah itu, Google meluncurkan Google Chrome dan Google Voice.

Google terus memperluas jangkauannya di berbagai bidang pengetahuan dan teknologi. Hingga tahun 2010, Google merencanakan program pembangunan jaringan broadband dengan kecepatan tinggi.

Perusahaan Google juga mulai melakukan investasi pada proyek yang menggunakan teknologi terbaru. Google mulai melakukan transparansi dengan menghapus konten tertentu.

Perusahaan Google sudah berkomitmen pada proyek teknologi terbaru. Di samping itu, Google juga tetap meluncurkan produk baru yaitu Google Drive yang digunakan sebagai media penyimpanan secara online.

Perusahaan Google menjadi atap dari perusahaan di dalamnya dengan membangun perusahaan holding dan konglomerasi yaitu Alphabet Inc, saat ini Google sendiri dikelola oleh Alphabet.

Layanan dan Fitur Google

Dalam perkembanganya Google selalu menciptakan produk terbaru yang lebih canggih. Layanan dan fitur dari Google semakin bervariasi, di antaranya:

1. Gmail

Gmail merupakan layanan surat elektronik yang mampu mengirim dan menerima berbagai jenis format dokumen.

Gmail juga dapat mengirim pesan dengan kapasitas besar dan menyimpanya dengan aman. Dalam Gmail, terdapat berbagai fitur lainya yaitu inbox, send, pesan, drive, dan masih banyak lagi.

2. Youtube

Setelah berhasil mengakuisisi Youtube, Google memberikan layanan dan fitur terbaru pada Youtube.

Sehingga Youtube dapat terhubung dengan akun Google untuk membuat konten menarik dan menikmati konten Youtube.

Youtube juga dapat memberikan keuntungan bagi pengguna melalui fitur yang diciptakan oleh Google.

3. Google Drive

Data privasi merupakan data penting yang tidak boleh diketahui oleh orang lain tanpa izin. Untuk memberikan media penyimpanan data yang aman dan canggih, Google memberikan layanan Google Drive.

Google Drive merupakan penyimpanan berbasis online yang dapat menyimpan, mengedit, hingga membagikan data secara aman.

Google Drive mempunyai fitur canggih seperti  Google Forms, Google Docs, Google Slides, Google Sheets dan lainya.

4. Google Hangouts

Google Hangouts merupakan fitur yang dapat digunakan secara bersamaan saat mengakses Gmail. Fitur ini sama seperti chating pada saat pengguna membuka akun Gmail.

5. Google  Chorme

Google Chorme menjadi fitur yang paling bermanfaat bagi pengguna di seluruh dunia. Melalui fitur ini, semua informasi dapat diperoleh dengan mudah cepat.

Mulai dari bidang pendidikan, kedokteran, kesehatan, politik, olahraga, masyarakat, sosial, agama, hingga hiburan.

6. Google Maps

Google Maps merupakan layanan peta digital yang dapat membantu pengguna mencari lokasi dengan cepat. Google Maps terhubung dengan GPS sehingga mampu memberikan petunjuk arah untuk lokasi yang dituju.

7. Google Play

Google masih memberikan fitur hiburan lain yaitu Google Play. Fitur ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, melihat foto dan sebagainya.

8. Layanan lain

Google masih mempunyai berbagai produk canggih lainnya. Meliputi Accessibility Scanner yang digunakan untuk meningkatkan program aplikasi, Google Drawings, Google Groups, Google Sites dan Cloud Search.

Google juga menyediakan layanan belajar mengajar secara online yaitu Classroom.

9. Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.

Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, pada tahun 2005 kemudian Google mengakusisinya.

Google memberikan kemudahan dan manfaat di berbagai bidang kehidupan. Hingga saat ini Google menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Produknya dapat digunakan diseluruh dunia dan dapat memberikan manfaat bagi penggunanya.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *