Jaringan LAN (Local Area Network)

3 min read

Pada zaman sekarang, siapa yang tidak menggunakan atau bahkan tidak mengetahui adanya internet? Hampir semua pengguna alat elektronik sudah terkoneksi dan juga menggunakan internet.

Internet sekarang sudah menjadi hal yang pokok dan sering digunakan oleh masyarakat secara luas. Penggunaan internet tentu saja memudahkan kehidupan kita sehari-hari.

Jika kita berbicara terkait dengan internet, Anda tentu saja sudah sering mendengar dan juga akrab dengan jaringan. Pada artikel ini, kami akan menginformasikan jaringan yang disebut LAN.

Dimulai dengan pengertian LAN, karakteristik, fungsi, dan komponen jaringan LAN agar Anda kemudian dapat mengetahui dan kemudian menggunakan LAN tersebut.

Pengertian LAN
pengertian jaringan LAN, via canva.com

Apa yang Dimaksud dengan LAN?

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network diartikan sebagai suatu perangkat ada dan kemudian terhubung di antara satu komputer dengan yang lainnya yang kabel dan juga routernya digunakan sebagai media penghubung dan media transmisi data.

Router yang digunakan pada LAN merupakan alat penghubung antara masing-masing perangkat komputer.  Jaringan komputer LAN biasanya mencakup wilayah yang sangat kecil dan terbatas.

Beberapa contoh pengaplikasian jaringan LAN adalah pada sekolah, kantor, dan rumah.

Pengertian LAN Menurut Beberapa Ahli

1. Bonnie Suherman

Pengertian LAN menurut Bonnie Suherman adalah sebuah jaringan terbatas pada satu ruangan tunggal dalam satu atau gabungan beberapa gedung dalam satu area geografis.

2. Teguh Wahyono

Sedangkan definisi LAN menurut Teguh Wahyono, LAN hanya dapat melayani dengan cakupan wilayah dengan radius sekitar 20 hingga dengan 22 km atau pun bias lebih sempit atau kecil.

3. Angga Wibowo

Definisi LAN menurut Angga Wibowo adalah sebuah jaringan yang sifatnya lokal atau dapat dikatakan bersifat pribadi yang pada umumnya digunakan pada ruang lingkup jaringan yang kecil seperti sebuah kampus, kantor, ataupun jaringan beruang lingkup kecil lainnya.

Teknologi standarisasi LAN

Biasanya LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer (mengirim dan menerima) data hingga angka 1000 Mbps (Megabit per sekon),

Namun dewasa ini teknologi 802.11b atau jaringan Wi-fi (Wireless Fidelity) sering digunakan dibandingkan dengan LAN teknologi IEEE 802.3 Ethernet karena instalasi dan juga penggunaannya yang lebih mudah dan praktis.

Pada jaringan LAN, kita harus menyambungkan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya menggunakan kabel namun tidak demikian jika kita menggunakan teknologi Wi-fi.

Tempat yang biasanya menyediakan koneksi LAN dengan menggunakan teknologi WI-fi disebut dengan hotspot yang sering kali terdapat di sekolah, kafe, kampus, dan juga lingkungan perhotelan.

Perlu Anda ketahui pula bahwa, biasanya jaringan LAN mempunyai keterbatasan dalam ruang lingkupnya dan juga keterbatasan dalam hal waktu transmisi atau perpindahan (pengiriman dan penerimaan) data.

Apa Saja Karakteristik dari Jaringan LAN?

Ada beberapa jaringan lain selain jaringan LAN yaitu WAN (wide area network) dan MAN (metropolitan area network).

Untuk dapat membedakan LAN di antara ketiga jenis jaringan lainnya, Anda harus mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh jaringan LAN ini. Karakteristik LAN di antaranya adalah:

  1. Ruang lingkup yang dapat dicapai oleh jaringan LAN relatif lebih sempit jika dibandingkan dengan jaringan WAN atau pun juga jaringan MAN.
  2. Anda tidak memerlukan akses internet untuk dapat menggunakan jaringan LAN karena jaringan ini dapat berfungsi dengan baik meskipun tidak ada jalur telekomunikasi.
  3. Kecepatan transfer atau juga perpindahan pada jaringan LAN lebih tinggi jika dibandingkan dengan dua jenis jaringan lainnya yaitu WAN dan MAN

Apa Fungsi dari Jaringan LAN?

Jaringan LAN ini digunakan untuk dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga perangkat komputer yang berada pada jaringan LAN tersebut, dapat berkomunikasi satu sama lainnya.

Dan juga melakukan proses transfer (pengiriman dan penerimaan) data. Adapun untuk fungsi dan tujuan penggunaan jaringan LAN jika di detailkan adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan jaringan LAN dapat menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam wilayah geografis yang kecil dan sempit.
  2. Jaringan LAN dapat memungkinkan adanya komunikasi dan juga transfer data yang terdiri dari pengiriman maupun penerimaan data antar komputer yang tergabung di dalam jaringan LAN itu sendiri.
  3. Proses transfer dan berbagi data maupun program antar komputer dapat lebih efisien dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih sedikit jika menggunakan jaringan LAN.
  4. Penggunaan perangkat di dalam satu jaringan dapat diulang dan digunakan bersama-sama. Hal itu dapat membantu untuk menekan biaya operasional

Apa Saja Komponen yang Ada Pada Jaringan LAN?

Ada beberapa komponen yang harus ada penuhi jika Anda akan menginstalasi jaringan LAN ini sehingga kemudian Anda bisa menggunakan jaringan LAN untuk dapat menghubungkan satu perangkat komputer dan yang lainnya.

Beberapa komponen yang ada pada jaringan LAN di antaranya adalah:

  1. Workstation dapat diartikan sebagai host berupa sistem komputer yang berhubungan secara langsung dengan server. Workstation dapat berupa dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain. Pada workstation biasanya ada beberapa perangkat komputer yang disebut dengan client.
  2. Client yang terdapat pada workstation ini dihubungkan dengan menggunakan switch atau HUB yang kemudian akan disambungkan kepada server sehingga komunikasi antar client dan juga komunikasi antara client dan server dapat terjalin. Setelah perangkat komputer client ini berhubungan dengan server, maka menciptakan sebuah link atau jaringan.
  3. Link adalah suatu bagian dari jaringan LAN yang dapat difungsikan sebagai media transfer atau pertukaran data peralatan secara fisik. Link juga dapat diartikan sebagai jalur transmisi atau perpindahan data dan informasi yang terjadi pada jaringan.
  4. Server atau suatu perangkat keras (hardware) biasanya sebuah perangkat komputer yang difungsikan untuk dapat melayani jaringan dan juga melayani workstation yang terkoneksi terhadap jaringan itu sendiri. Server dapat mengendalikan dan juga mengirim serta menerima data dari komputer workstation.
  5. Selain mengatur transef data, server juga dapat memblokir situs yang berhubungan dengan cybercrime, kekerasan, atau juga pornografi jika jaringan LAN terkoneksi dengan internet. Apabila LAN terhubung dengan modem, server dapat mengatur bandwith yang digunakan saat komputer-komputer workstation mengakses internet.
  6. Server dapat menyimpan data yang digunakan secara bersama-sama yang disimpan di dalam folder tertentu. Selain data, perangkat keras (hardware) lainnya seperti printer, disk dan lain lain yang digunakan secara bersama dihubungkan dengan server
  7. Network software adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk menjalankan jaringan LAN agar dapat berfungsi sebagaimana dengan mestinya.
  8. Network Interface Card atau yang biasa disingkat menjadi NIC yang merupakan rangkaian elektronik untuk dapat menangani network protocol. NIC ini sudah dirancang secara khusus untuk dapat menangani network protocol tersebut.

Demikian informasi terkait dengan pengertian LAN, karakteristik, fungsi, dan komponen jaringan LAN. Semoga artikel bisa menambah pengetahuan Anda tentang jaringan LAN.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *