Pengertian Komputer

3 min read

Deskripsi: Pengertian komputer, sejarah lahirnya komputer, manfaat komputer bagi manusia di kehidupan sehari-hari.


Sebagian besar orang di seluruh dunia termasuk Anda tentu mengetahui kegunaan komputer yang kini seolah menjadi perangkat yang sudah umum dan biasa digunakan.

Namun sebagian dari Anda mungkin belum memahami dengan baik tentang apa itu komputer? Sekaligus dengan sejarah perkembangan hingga hal lain yang penting dari perangkat canggih satu ini.

Meskipun keberadaan komputer kini telah tergeser dengan perangkat lainnya yang lebih canggih dan praktis seperti laptop, notebook, atau ponsel pintar.

Tetapi komputer masih menjadi unggulan yang tetap dimanfaatkan oleh berbagai instansi untuk menyelesaikan beberapa tugas operasi.

Komputer termasuk perangkat yang paling bisa diandalkan untuk berbagai instansi.

Pengertian Komputer
pengertian komputer, via canva.com

Pengertian Komputer

Komputer dapat dipahami sebagai alat atau perangkat yang kegunaannya untuk mengolah data sesuai dengan teknik atau perumusan prosedur tertentu.

Kata komputer umumnya dipergunakan untuk menyebutkan seseorang yang sedang menghitung berbagai rumus dan perhitungan aritmetika. Caranya dengan alat pembantu yang bersifat mekanis yakni kalkulator.

Mesin mekanis kecil kalkulator itulah yang nantinya menjadi cikal bakal dari lahirnya komputer dari berbagai generasi hingga perangkat generasi modern yang lebih canggih saat ini.

Sebutan komputer sebenarnya tidak hanya perangkat yang umumnya Kita kenal saat ini. Zaman dulu, slide rule juga bisa disebut sebagai komputer.

Pengertian komputer sebenarnya cukup abstrak dan susah dipahami jika Anda belum mengenal berbagai komponen perangkat beserta fungsinya.

Karena seluruh komponen yang saling berkaitan dan memberikan fungsi satu sama lain tersebut yang membentuk sebuah definisi utuh dari komputer.

Jika salah satu komponen tidak ada maka sebuah perangkat tidak bisa dikatakan sebagai komputer, namun hanya bisa disebutkan sesuai dengan masing-masing perangkat. Dan fungsinya pun tidak dapat dikenali secara utuh sebagai komputer dengan seharusnya.

Sesuai dengan awal perkembangannya bahwa komputer berawal dari sebutan computare yang berarti menghitung. Komputer terdiri dari beberapa komponen mulai dari monitor, keyboard, CPU, mouse, dan lainnya.

Sejarah Perkembangan Komputer Singkat

Seperti yang tleah disebutkan sedikit pada poin sebelumnya bahwa kemunculan komputer berasal dari alat hitung mekanis. Komputer bukanlah peralatan atau perangkat seperti yang sedang Anda pahami saat ini.

Sebutan komputer biasa diberikan pada beberapa alat hitung seperti kalkulator, abakus, slide rule, dan lainnya. Selama beberapa tahun alat hitung tersebut mengalami perkembangan untuk dijadikan satu agar lebih praktis dengan fungsi yang lebih canggih.

Akhirnya komputer generasi pertama pun lahir dengan sebutan nama computer. Sejak saat itu penemuan alat canggih tersebut didefinisikan sebagai satu kesatuan sistem pengolah informasi dan data perhitungan.

Pakar matematika Charles Babbage, pada 14 Juni 1822 telah mengirimkan surat yang berisi ide tentang fungsi dan penggunaan mesin dalam perhitungan tabel matematika dan astronomi.

Dari sinilah ide pengembangan mesin komputer muncul dan selalu mengalami perkembangan dari generasi ke generasi.

Komputer generasi pertama di awali oleh perangkat yang dinamakan ENIAC, berukuran sangat besar dengan 17.468 tabung vakum, 1500 pemancar, 1200 diode kristal, dan sebagainya.

Generasi kedua muncul di era 1959 hingga 1965 dengan perangkat yang dinamakan CBOL atau FORTRAN. Kemudian generasi ketiga diisi oleh perangkat komputer yang berasal dari sirkuit yang terintegrasi sebagai ganti transistor atau yang disebut IC. Perangkat ini terdari dari sedikit kapsitor, resistor, dan transistor.

Beberapa produk komputer generasi ini seperti UNIVAC 9000, IBM/30, GE 600 dan lainnya. Dan generasi keempat adalah komputer dan laptop saat ini.

Manfaat Komputer di Kehidupan Sehari hari

Pembuatan komputer pertama kali bukan tanpa tujuan, alasan utama diciptakannya perangkat pengolah informasi tersebut adalah untuk mempermudah perhitungan mekanis.

1. Sebagai Media Untuk Menghasilkan Berbagai Karya dengan Praktis

Fungsi komputer yang awalnya hanya sebagai perangkat yang mempermudah sistem perhitungan atau transfer data dan informasi sederhana.

Kini telah berkembang dengan beragam fungsi penting. Salah satunya untuk menghasilkan berbagai karya, baik tulisan maupun gambar yang sifatnya grafis atau digital.

2. Sarana Penunjang Berbagai Pekerjaan Administratif dan Bisnis

Komputer juga sangat penting untuk digunakan sebagai alat penunjang sistem yang bersifat administratif serta bisnis. Komputer mempermudah perhitungan modal, keuntungan, dan kerugian dari berbagai instansi.

Dengan komputer Anda juga bisa membuat beragam dokumen administrasi sesuai dengan instansi di berbagai bidang tertentu.

3. Sebagai Media Transfer Data dan Informasi

Seperti fungsi awal diciptakannya komputer, yakni sebagai media untuk memindahkan data sekaligus informasi dalam bentuk kode.

Namun, kali ini sistem transfer tersebut berkembang menjadi semakin canggih. Terutama sejak munculnya penunjang seperti jaringan internet yang luas.

Jenis-Jenis Komputer

Komputer secara umum memiliki beberapa jenis yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang, seperti pada poin berikut ini.

  • Komputer Pulsa, berarti server yang berisi pulsa dan telah terdapat seperangkat software pulsa yang terhubung dengan perangkat modem. Perangkat ini fungsinya untuk memudahkan sistem penjualan pulsa atau server pulsa.
  • Komputer Analog, merupakan alat hitung mekanis yang cara kerjanya hanya di level analog. level tersebut berasal dari dual level digital, yakni level yang tersusun dari dua tegangan rendah dan tinggi.
  • Mikro Komputer, merupakan perangkat yang menerapkan mikroprosesor pada CPU. Komputer ini bisa juga disebut sebagai personal computer atau PC. Ada beberapa jenis mikro komputer, yakni komputer pribadi, komputer rumah, dan server.
  • Mini Komputer, perkembangannya bersaing ketat dengan super komputer yang muncul beberapa dekade setelahnya. Komputer ini tergolong di kelas multi-user namun berada di spektrum menengah di bawah komputer mainframe dan komputer pribadi seperti PC dengan single user.
  • Super Komputer, merupakan perangkat komputer yang memiliki berbagai keunggulan besar yang disebut sebagai pemimpin di dunia. Karena memiliki kapasitas proses dan kecepatan perhitungan yang baik. Kemunculan super komputer ini pertama kali dirilis di tahun 1060an yang didesain oleh Cray. Kini super komputer di pasaran wewenangnya dipengang oleh HP.
  • Mainframe Computer, merupakan golongan perangkat komputer dengan kelas tertinggi yang mampu menjalankan berbagai perintah berkaitan dengan sistem komputasi rumit. Namun, pekerjaannya bisa diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat. Jenis komputer satu ini dihargai dengan mahal dan hanya bisa digunakan oleh instansi atau perusahaan terkemuka.

Komponen Penting Komputer

Hal yang paling mudah dipahami dan telah diketahui oleh banyak orang adalah tentang berbagai komponen penting komputer.

Yaitu sebuah perangkat keras yang merupakan gabungan dari komponen-komponen penunjang yang harus ada karena satu kesatuan komputer. Bila komponen komputernya tidak lengkap tidak bisa disebut sebagai komputer yang utuh.

Berikut adalah berbagai komponen penting perangkat komputer.

  1. Monitor
  2. Memory
  3. Processor
  4. Casing
  5. Motherboard
  6. Power Supply
  7. CDRom
  8. VGA
  9. Kabel Power
  10. Hardisk

Penjelasan tentang di atas tidak akan benar-benar bisa Anda pahami jika tidak membaca dengan lengkap, terutama yang berkaitan dengan sejarah serta komponen penting komputer.

Semua saling berkaitan agar seperangkat alat tersebut dapat dipahami sebagai komputer.

Baca juga: Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *