Pengertian Langit

2 min read

Deskripsi: Pengertian Langit dan fungsinya bagi planet Bumi, alasan ilmiah mengapa langit terlihat berwarna biru?


Langit adalah salah satu unsur bumi yang sangat penting. Bukan sekedar menjadi tempat awan berkumpul, langit atau atmosfer ini juga mempunyai fungsi vital sebagai pelindung bumi, lho.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, pastikan Anda menyimak pengertian langit dan fungsinya bagi bumi di bawah ini.

Apa itu Langit?

Langit terlihat seperti hamparan biru yang menyelimuti bumi. Sedangkan pengertian langit menurut para ahli adalah lapisan yang menyelimuti permukaan planet bumi.

Lapisan yang disebut sebagai atmosfer ini terbagi menjadi beberapa bagian. Dan pada setiap bagiannya mempunyai komposisi yang beragam namun umumnya didominasi oleh gas dan udara.

Pada siang hari, umumnya langit akan berwarna biru dengan gumpalan awan putih yang menyelimutinya. Warna biru ini merupakan biasan cahaya matahari.

Saat pagi dan siang hari, cahaya matahari yang terbias lebih didominasi oleh warna biru. Lain ceritanya saat sore hari menjelang senja.

Warna merah menjadi cahaya yang paling dominan terbiaskan.

Apa Saja Fungsi Langit?

Di bagian awal sudah disebutkan bahwa fungsi langit ini salah satunya adalah sebagai pelindung bumi. Mengapa bisa demikian?

Langit atau atmosfer bumi di lapisan tertentu mempunyai kemampuan untuk menghancurkan benda-benda luar angkasa yang akan jatuh ke bumi.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan mengenai fungsi utama lapisan langit di bawah ini:

1. Lapisan yang Melindungi Planet Bumi

Seperti yang kita ketahui, bumi adalah planet yang mempunyai gaya gravitasi. Tentu saja gaya ini semestinya akan menarik beragam benda luar angkasa ke dalam bumi.

Apa jadinya jika benda langit dengan mudahnya berjatuhan ke bumi? Tentu saja ini akan menjadikan bencana besar bagi manusia.

Meskipun kaya akan oksigen, bumi tentu menjadi tempat yang tidak lagi aman untuk di huni. Bukan tidak mungkin kemusnahan manusia juga bisa terjadi akibat benda-benda luar angkasa yang jatuh mengenai bumi.

Kita bisa mengingat kembali peristiwa jatuhnya meteor di Arizona, Amerika Serikat.

Meteor yang jatuh ke bumi ini mempunyai daya hantam yang sangat dahsyat. Bahkan di lokasi jatuhnya terbentuk sebuah kawah raksasa.

Apa Anda bisa membayangkan jika jutaan meteor menjatuhi bumi kapanpun?

2. Lapisan yang Menyaring Sinar Ultraviolet Berbahaya

Tidak hanya menghancurkan benda-benda luar angkasa yang akan jatuh ke bumi. Lapisan atmosfer atau langit ini bahkan bisa menjadi filter bumi atas sinar berbahaya dari luar angkasa. Misalnya saja cahaya matahari yang memicu radiasi.

Namun hebatnya lagi, atmosfer ini bisa membedakan mana sinar yang bisa diterima oleh bumi dan mana yang tidak.

Sinar yang tidak berbahaya bahkan mempunyai manfaat seperti sinar ultraviolet tepi, cahaya tampak bahkan gelombang radio tetap bisa masuk ke planet bumi.

3. Lapisan yang Mengatur Suhu Bumi

Tidak cukup hanya sebagai perisai bumi dari benda luar angkasa, lapisan langit atau atmosfer ini juga memfilter sinar ultraviolet tepi yang sangat berguna untuk proses fotosintetis tumbuhan.

Dan yang lebih mengagumkan lagi, fungsi langit juga mempunyai peran besar untuk pengaturan suhu bumi. Lapisan langit ini mampu melindungi planet bumi dari suhu dingin membeku.

Alasan Ilmiah Mengapa Langit Berwarna Biru

Mengetahui pengertian langit tidak cukup menjawab segala keingintahuan Anda? Misalnya saja mengapa hamparan langit berwarna biru putih. Nah mari kita bedah alasan ilmiah dibalik warna biru ini.

Seperti yang sudah dibahas di awal, warna langit ini merupakan cahaya yang dibiaskan oleh matahari. Cahaya matahari yang melalui lapisan atmosfer saling bertabrakan dengan molekul.

Proses tersebut membuat timbulnya warna cahaya yang beragam, salah satunya warna biru. Warna ini menyebar dalam jumlah yang paling banyak karena mempunyai gelombang yang pendek.

Bagaimana, sudah terjawab semua pertanyaan Anda seputar langit? Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memahami lapisan langit secara lengkap, ya?

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *