Pengertian Marketplace

2 min read

Deskripsi: Pengertian Marketplace, jenis-jenis dan keuntungannya.


Di era digital ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang istilahnya jual beli online. Marketplace merupakan platform yang sering digunakan oleh seorang penjual untuk berdagang secara online.

Nah, Bagi Anda yang ingin memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produk.

Berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai pengertian marketplace, jenis, contoh, serta keuntungan menggunakannya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Marketplace

Pengertian Marketplace

Pengertian marketplace secara singkat merupakan sebuah website atau situs yang memberi fasilitas kepada beberapa toko online untuk melakukan transaksi jual beli.

Di marketplace, Anda dapat memasarkan berbagai barang sekaligus. Konsepnya hampir sama dengan pasar tradisional. Yang mana semua barang dan keperluan dapat ditemukan dengan mudah di dalam satu tempat sekaligus.

Namun sebagai fasilitator, marketplace hanya memberikan fasilitas tempat dan sistemnya saja. Selanjutnya yang bertanggung jawab adalah pihak penjual.

Tentu saja dengan catatan bahwa penjualan di aplikasi marketplace haruslah menaati sistem dan peraturan yang berlaku.

Jenis-Jenis Marketplace

Marketplace dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sistem kerjanya. Apa saja jenis-jenis marketplace? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Marketplace Murni

Cara kerja marketplace murni yaitu merupakan situs marketplace yang menyediakan fitur dan lapak berjualan berserta cara pembayarannya.

Disini setiap penjual harus menyediakan deskripsi foto produk, menerima penawaran harga dan juga pembayaran secara langsung dari konsumen.

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis marketplace yang kedua adalah marketplace konsinyasi. Penjualan barang dengan situs tersebut diatur dengan lebih ketat.

Jadi pihak penjual hanya perlu menyediakan produk serta deskripsinya saja. Selanjutnya pihak marketplace akan mengurus mengenai foto produk, penjualan, gudang, hingga transaksi dan pembayaran.

Manfaat Berjualan di Marketplace

Di era modern ini, banyak orang yang lebih nyaman untuk berbelanja dari rumah saja. Salah satunya adalah dengan menggunakan marketplace atau e-commerce.

Tentunya peluang tersebut tidak boleh disia-siakan begitu saja.

Bagi Anda yang ingin merintis bisnis dengan cara berdagang, meraup untung dengan berjualan di marketplace adalah pilihan yang tepat.

Apa saja keuntungan berjualan online marketplace? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

1. Tidak Mengeluarkan Banyak Biaya

Berjualan di marketplace tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu menyediakan barang saja, kemudian menunggu pembeli datang. Tidak perlu menyewa toko, membayar pegawai dan lain sebagainya.

Hal tersebut berlaku apabila toko masih beroperasi dengan skala kecil tentunya. Jadi, untuk pebisnis pemula hal tersebut sangat menguntungkan karena modal yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dan ringan.

2. Pengelolaan Mudah

Berjualan di marketplace juga mudah dalam hal pengelolaan. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang sudah disediakan oleh pihak marketplace ketika akan berjualan menggunakan platform tersebut.

Toko online juga penggunaannya lebih praktis serta tidak membutuhkan perawatan khusus layaknya toko fisik.

3. Jangkauan Pasar Luas

Karena dapat diakses secara global, tentunya berjualan di marketplace membuat pangsa pasar menjadi jauh lebih luas.

Dibandingkan dengan berjualan ditoko offline, Anda akan mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih besar ketika berjualan di platform tersebut.

4. Transaksi Lebih Aman

Transaksi yang difasilitasi dan mengikuti sistem yang telah disediakan oleh marketplace jauh lebih aman.

Hal tersebut juga dapat meminimalisir terjadinya penipuan yang sering menjadi momok menakutkan ketika membeli barang secara online.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan dari penggunaan marketplace.

Sudah selayaknya kita beralih dari cara-cara konvensional dan mengikuti perkembangan zaman, ya?

Ada banyak sekali contoh marketplace yang dapat digunakan untuk berjualan online. Marketplace Indonesia yang cukup populer dan dapat digunakan di antaranya seperti:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada Indonesia
  • Shopee Indonesia
  • Blibli dan lain sebagainya

Apa Perbedaan Marketplace dan E-Commerce?

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa marketplace dan e-commerce adalah sama. Keduanya adalah dua hal yang memiliki perbedaan.

Setelah membahas mengenai pengertian marketplace, kita juga akan membahas mengenai perbedaan marketplace dan e-commerce.

Jika marketplace adalah situs yang menampung beberapa toko online untuk berjualan di satu tempat dengan sistem yang telah disediakan.

Maka e-commerce merupakan website yang memiliki makna lebih luas, yakni marketplece termasuk ke dalam e-commerce karena melakukan transaksi elektronik juga.

Bedanya di dalam marketplace terdapat banyak penjual dalam satu tempat. Akan tetapi, e-commerce juga dapat dikelola secara individu oleh perusahaan atau bisa juga perseorangan.

Jadi e-commerce bila dikelola secara individu hanya dikhususkan menjual produk-produk dari si pemilik website saja.

Lebih jelasnya simak poin berikut ini:

  • E-commerce dibuat dengan biaya diawal dan dibangun dari awal, sedangkan marketplace dapat digunakan dengan mendaftar di platform yang sudah tersedia.
  • Berjualan di marketplace, promosi dan lain sebagain terikat dengan peraturan yang diberikan oleh pihak marketplace. Sementara e-commerce promosi dapat dilakukan sendiri sesuai keinginan pemilik website.
  • Persaingan di marketplace lebih ketat, sementara e-commerce milik sendiri merupakan sebuah investasi jangka panjang.
  • Ketika menggunakan marketplace, data yang didapatkan mengenai performa bisnis cukup terbatas. Sedangkan ketika menggunakan e-commerce milik Anda sendiri, Anda dapat menganalisa peforma bisnis dengan lebih detail dan spesifik.

Itulah beberapa perbedaan antara marketplace dan juga e-commerce. Masing-masing pastinya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Jadi ketika akan menggunakan salah satunya, Anda dapat memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan.

Demikian informasi mengenai pengertian marketplace, jenis, kelebihan, serta perbedaan antara marketplace dengan e-commerce.

Semoga dapat membantu Anda, terutama yang sedang berencana untuk mengembangkan bisnis online shop. Semoga bisnis online Anda semakin melejit dan sukses, ya?

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *