Pengertian Motherboard

4 min read

Pengertian Motherboard, – Motherboard adalah bagian sangat penting di dalam sebuah CPU atau Central Processing Unit. Benda ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Apple pada tahun 1977.

Pada awalnya, komponen-komponen yang terdapat pada Motherboard masih belum tertata rapi seperti sekarang ini. Motherboard atau biasa disebut dengan backbone ini merupakan tulang belakang dari sebuah CPU.

Penyebab dari Motherboard disebut tulang belakang CPU, karena didalamnya terdapat perangkat-perangkat yang saling terhubung.

Memiliki bentuk seperti sebuah papan sirkuit yang besar dan diatas nya terdapat komponen elektrik seperti RAM, hard disk, VGA Card, Processor dan sebagainya.

Berikut ini pengertian motherboard beserta fungsi, Jenis, dan Komponen.

pengertian motherboard
pengertian motherboard, via canva.com

Pengertian Motherboard

Secara umum pengertian motherboard adalah sebuah PCB atau Printed Circuit Board yang menyediakan sebuah jalur konektivitas elektronik sehingga setiap perangkat keras dan komponen dapat saling terhubung.

Di dalam PCB juga terdapat sebuah chip yang didalamnya terpasang program penggerak. Komponen-komponen yang terdapat di papan sirkuit berupa RAM, hard disk, Processor, Video Card, dan lain sebagainya.

Fungsi Motherboard

Memiliki fungsi yang begitu dominan pada sebuah komputer, membuat Motherboard begitu penting dalam CPU. Selain memiliki fungsi utama sebagai penghubung jalur-jalur konektivitas elektrik.

Fungsi yang lainnya juga tidak kalah penting. Seperti sebagai media yang menyimpan komponen komputer dan juga berguna sebagai tempat Basic Input Output System pada chip Read Only Memory atau ROM.

Tidak hanya itu, didalam Motherboard juga berfungsi sebagai kumpulan slot yang berguna untuk pengguna menambahkan perangkat eksternal agar bisa menambah fleksibilitas pada sebuah komputer.

Seperti keyboard, mouse, Speaker audio, Hard disk eksternal dan lain sebagainya. Dengan tersedianya port-port yang ada, membuat pengguna dapat menghubungkan perengkat keras dengan praktis.

Jenis-Jenis Motherboard

Banyaknya Motherboard yang hadir sebagai papan sirkuit di CPU komputer, juga memberikan perbedaan yang sangat beragam dari segi tampilan dan ukuran.

Hal ini juga berguna bagi Anda yang ingin mengupgrade sebuah CPU agar dapat memberikan hasil performa yang maksimal sesuai kebutuhan Anda.

Berikut ini jenis -jenis Motherboard yang telah diproduksi dan digunakan di dunia komputer.

1. Motherboard ATX

Motherboard ini merupakan pembaharuan dari Motheboard AT yang merupakan produksi dari perusahaan Intel.

Memiliki kepanjangan Advanced Technology Extended dan ukuran dimensi yang lebih kecil dari sebelumnya, yaitu AT.

Memiliki ukuran 30 cm x 24 cm, Motherboard kecil ini, sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna baik untuk game yang ringan dan untuk produktivitas lainnya.

Type Motherboard ATX  juga memiliki keunggulan lainnya, seperti tersedianya slot PCI atau Peripheral Component Interconnect, 4 slot PCI-Express, port SATA dan perangkat penyimpanan yang lain.

Selain ukuran yang kecil, Motherboard ATX juga melakukan peningkatan pada mudahnya proses instalasi dan penggunaan yang tidak begitu susah.

2. Motherboard Micro ATX

Motherboard ini lebih kecil dari Motherboard pada umumnya. Ukuran yang sekitar 24 cm x 24 cm pada papan sirkuitnya, juga tidak membuat Motherboard ini kehilangan fungsi aslinya. Memiliki bentuk dimensi yang lebih kecil membuat Motherboard ini lebih terjangkau.

Tidak hanya itu Motherboard ini juga tersedia varian Micro ATX yang memiliki kualitas dan fitur yang tidak kalah unggul dengan Motherboard lainnya.

Pada umumnya, ATX yang terbaru terdapat tujuh slot Peripheral Component Interconnect atau PCI-Expressnya, maka pada Motherboard Micro-ATX hanya tersedia maksimum empat slot pada papan sirkuitnya.

Jumlah slot juga bisa berbeda-beda, tergantung pada dimensi dan varianya.

3. Motherboard Mini ITX

Motherboard Mini ITX adalah Motherboard yang sangat kecil ukuranya. Memiliki ukuran yang hanya 17 cm x 17 cm, membuat Motherboard ini lebih hemat ruangan.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, Motherboard ini juga tidak kehilangan fungsi dasar yang berguna sebagai penghubung jalur-jalur konektivitas komputer. Keunggulan yang lainnya adalah Mini ITX juga mengkonsumsi daya yang rendah.

Motherboard jenis ini diciptakan pada tahun 1980an. Desain tampilan fisik, memang untuk kebutuhan pada casing Slimline yang memerlukan ukuran yang kecil.

Motherboard Mini ITX ini juga menyediakan 1x slot PCI-Express 16 slot dan 2x slot DIMM yang berguna untuk memori. Dan kebanyakan Motherboard ITX hanya memiliki 4x port SATA sebagai header kipas dan penyimpanan

Bagian-bagian Motherboard dan Fungsi

Pada bagian papan sirkuit Motherboard terdapat beberapa komponen yang berguna sebagai akses perangkat eksternal ke dalam Motherboard, seperti slot RAM, socket CPU, konektor daya, slot PCI, slot SATA dan lain sebagainya.

Komponen-komponen tersebut berguna sesuai dengan fungsinya masing-maisng. Berikut ini adalah beberapa komponen yang sangat penting dalam sebuah Motherboard.

1. Socket Processor (CPU socket)

Socket ini berguna sebagai penyimpan Processor yang merupakan otak dari Centarl Processing Unit.

Biasanya di sekitar socket ini tersedia empat lubang yang berguna sebagai penyangga Heatsink Fan. Hal ini karena Processor membutuhkan pengantar panas yang baik.

Dalam memilih Motherboard juga perlu memerhatikan socket Processornya, karena Processor harus kompatibel dengan Motherboardnya.

2. North Bridge

North Bridge letaknya selalu berdekatan dengan soket processor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari Motherboard.

North Bridge adalah titik fokus dari Motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North Bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.

3. South Bridge

South Bridge dan North Bridge merupakan dua kutub utama yang terdapat pada Motherboard.

South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan juga BIOS.

4. Slot Memory (RAM)

Slot ini berguna sebagai tempat penyimpanan RAM, dari segi tampilan slot ini berbentuk memanjang sesuai dengan bentuk panjang sebuah RAM.

Posisi slot ini pada biasanya terletak pada sebelah socket Processor. Pada umumnya jumlah slot ini lebih dari satu.

5. Slot IDE dan Slot SATA

Slot IDE dan slot SATA memiliki fungsi yang sama. Perbedaan nya hanya terletak pada bentuk slot IDE dan slot SATA.

Pada Slot IDE berbentuk memanjang sesuai dengan kabel yang digunakan untuk Hard Disk atau CD/DVD-ROM pada sebuah Motherboard.

Sedangkan untuk slot SATA berbentuk persegi kecil yang juga di sesuaikan dengan kabel untuk menghubungkan Hard Disk atau CD/DVD-ROM.

Pada jenis Motherboard terbaru slot IDE mulai dihalangkan dan di ganti dengan slot SATA.

6. Slot PCI

Pada slot ini berguna sebagai penyimapanan tempat untuk VGA Card atau Video Graphics Array. Seperti permainan video game atau pun sebagainya yang memerlukan kartu grafis berdaya tinggi.

Untuk VGA Card yang terkenal dan sering digunakan pada tahun ini yaitu, nVidia atau pun ATI.

7. Slot AGP

Slot AGP digunakan untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D. Letaknya selalu di samping slot PCI.

8. Basic Input Output System (BIOS) dan UEFI Chip

Basic Input Ouput System adalah bagian dari komputer yang berfungsi sebagai pengontrol semua perangkat yang ada didalam komputer.

Berbentuk chip yang kecil, BIOS ini juga berfungsi saat komputer sedang booting. Kemajuan zaman yang pesat, membuat BIOS ini mulai digantikan dengan UEFI yang super canggih.

Untuk mudah mengetahui chip ini biasanya terdapat label BIOS atau nama brandnya.

Baca lengkapnya: Pengertian BIOS

9. Battery CMOS

Pernah melihat sebuah baterai yang berbentuk lingkaran seperti baterai jam tangan yang ukuran nya lebih besar pada baterai jam umumnya di sebuah Motherboard?

Itulah Baterai CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor yang berguna sebagai penyimpanan pengaturan default pada dalam BIOS.

Jika baterai ini di cabut makan BIOS akan kembali pada settingan awal pabrik.

10. Power Connector

Power Connector berguna sebagai komponen yang menghubungkan power supply dengan Motherboard. Hal ini sebagai pemberi daya untuk menjalankan Motherboard yang terdapat dalam CPU.

Berbentuk persegi panjang dan di dalamnya terdapat bentuk yang mirip kotak – kotak kecil dan mengikuti panjang kabel Power Connector.

11. Input Output Ports

Input Output Ports merupakan bagian komponen yang menghubungkan dengan perangkat yang lainnya.

Input Output juga merupakan kumpulan sebuah port yang bisa menghubungkan berbagai macam perangkat keras maupun juga output sebuah komputer. Seperti halnya, port USB, LAN dan lain sebagainya.

Inilah pembahasan secara singkat tentang keselurahan Motherboard. Untuk Anda yang ingin mengupgrade Motherboard, harus tetap perhatikan komponen-komponen yang kompatibel yah.

Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan Anda.

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *