Apa itu Nebula?

2 min read

Deskripsi: Pengertian Nebula, jenis-jenisnya, dan proses pembentukannya.


Sebuah teori mengaitkan antara nebula dengan proses terbentuknya Tata Surya. Teori tersebut dicetuskan oleh ilmuan Kant-Laplace pada abad 18 yang selanjutnya disebut dengan teori Nebula.

Lalu, apa itu Nebula dan apa saja jenisnya? Bagaimana pula proses terbentuknya Nebula? Mari simak tuntas penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Nebula

Pengertian nebula adalah awan antar bintang yang tersusun atas kumpulan debu, gas, dan plasma dengan kerapatan rendah, bahkan lebih rendah dari kerapatan air.

Nebula berasal dari bahasa latin “nebulae” yang berarti kabut. Seringkali nebula disama-artikan dengan galaksi.

Pada awal pemberian nama nebula menjadi nama umum bagi semua bentangan objek astronomi, termasuk galaksi di luar Bima Sakti.

Nebula bisa saja terlihat apabila terdapat bintang di sekitarnya.

Hal ini karena unsur penyusunnya yang tidak memiliki energi untuk memunculkan cahaya, sehingga diperlukan cahaya bintang agar nebula dapat memantulkan cahaya.

Jenis-Jenis Nebula

Para astronom telah berhasil menemukan sejumlah nebula di jagad raya dengan jenis yang berbeda. Masing-masing nebula tersebut kemudian diberi nama unik.

Berikut ini jenis-jenis nebula yang telah ditemukan oleh para Astronom.

1. Nebula Helix

Nebula Helix
image via https://id.wikipedia.org/wiki/Nebula_Heliks

Nebula Helix memiliki susunan kompleks berupa selubung gas dan cakram dari bintang mati. Ini seperti matahari yang terlontar dan dapat diamati melalui gelombang inframerah dengan panjang 3.2, 4.5, dan 8 mikron.

2. Nebula Red Rectangle

Rectangle
image via https://en.wikipedia.org/wiki/Red_Rectangle_Nebula

Dalam temuan para astronom melalui teleskop ruang angkasa Hubble, Nebula Red Rectangle memiliki bentuk menyerupai anak tangga dengan tanda silang di tengahnya.

Nebula ini tersusun atas kumpulan debu dan gas yang bertumpuk, sehingga tampak berlapis-lapis. Nebula jenis ini juga mempunyai tampilan yang mempesona.

3. Nebula Emisi Triangulum NGC 604

Emisi Triangulum NGC 604
image via https://id.wikipedia.org/wiki/NGC_604

Nebula Emisi Triangulum NGC 604 disebut sebagai tempat bintang-bintang terbentuk. Letaknya berada di dalam lengan spiral Galaksi M33. Dimana galaksi tersebut mempunyai jarak 2.7 juta tahun cahaya dari bumi.

4. Nebula Gelap

Gelap
image via https://id.wikipedia.org/wiki/Nebula_gelap

Nebula Gelap terbentuk dari debu yang sangat padat, sehingga kedap cahaya. Hal ini mengakibatkan cahaya bintang menjadi terhalang. Terdapat dua efek di dalam nebula Gelap, yakni efek redupan dan efek pemerahan.

5. Eagle Nebula

Nebula Elang
image via https://en.wikipedia.org/wiki/Eagle_Nebula

Eagle Nebula ditemukan oleh Jean Philippe de Cheseaux sekitar tahun 1745 – 1746. Nebula ini berjarak 7000 tahun cahaya dan masih bisa dilihat melalui teleskop.

Masih banyak jenis nebula lain yang telah ditemukan dan diberi nama. Pantulan cahaya bintang di sekitar nebula dan susunan gas dan debu yang unik membuat nebula terlihat indah dan mempesona.

Bagaimana Proses Terbentuknya Nebula?

Proses terbentuknya nebula disebabkan karena adanya keruntuhan gravitasi pada bagian medium antar bintang. Keruntuhan gravitasi tersebut mengakibatkan tarikan gravitasi pada medium antar bintang.

Inilah yang menyebabkan gumpalan gas dengan kepadatan yang lebih besar terbentuk.

Secara umum, terbentuknya nebula sebagai akibat dari keruntuhan gravitasi medium antar bintang. Saat keruntuhan gravitasi terjadi, bintang-bintang baru akan terbentuk di tengah-tengah nebula.

Gas yang ada di sekitarnya akan terionisasi oleh radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru tersebut, sehingga awan antar bintang dapat terlihat.

Adapun nebula yang terbentuk akibat adanya ledakan supernova dan menghasilkan sisa-sisa supernova. Kemudian, material sisa tersebut terionisasi oleh energi pada intinya, sehingga dapat terlihat.

Nebula juga dapat terbentuk dari bintang-bintang bermassa rendah seperti matahari yang telah menuju masa akhir kehidupannya. Proses ini disebut sebagai nebula planeter.

Ketika bintang seperti matahari kehabisan bahan bakar, maka akan mengalami pembesaran dan secara perlahan akan menghempaskan angin bintang yang membuatnya kehilangan banyak massa.

Bagaimana, sudah cukup menjawab keingintahuan Anda mengenai nebula?

Semoga pengertian nebula, jenis dan proses pembentukannya yang sudah dijabarkan di atas membantu. Dapatkan informasi menarik lainnya di tulisan selanjutnya.

                                     
           

Pasang Surut Air Laut

Deskripsi: Pengertian pasang surut air laut, dan faktor penyebabnya....
Hairo
1 min read

Fase-Fase Bulan

Deskripsi: Mengenal fase-fase Bulan dan penjelasanya. Pernahkah Anda mengamati...
Hairo
2 min read

Umbra dan Penumbra

Deskripsi: Pengertian Umbra dan Penumbra serta pengaruhnya terhadap Bumi....
Hairo
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *