Apa itu Proxy?

4 min read

Deskripsi: Pengertian proxy, fungsi dan cara kerjanya, contoh manfaat dari penerapan proxy, dan macam-macam aplikasi proxy.


Program dan perangkat yang terhubung ke internet dapat meminta proxy, alamat proxy atau server proxy. Informasi ini hanya diperlukan jika Anda terhubung ke proxy saat tersambung ke Internet.

Jika Anda tidak yakin, kemungkinan Anda tidak memiliki proxy dan informasi ini dapat dibiarkan kosong atau jika tersedia pilih opsi untuk mendeteksi pengaturan jaringan secara otomatis.

Jika Anda masih bingung, mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk bisa lebih memahami  proxy. Di dalam artikel ini akan membahas lengkap tentang Proxy. Mulai dari pengertian Proxy sampai contoh dari Proxy.

Pengertian Proxy
https://www.seobility.net/

Pengertian Proxy

Pengertian Proxy adalah server atau program komputer yang merupakan bagian dari server gateway atau komputer lain yang memisahkan jaringan lokal dari jaringan luar.

Server proxy akan men-cache semua halaman yang diakses melalui jaringan yang memungkinkan pengguna yang mungkin ingin mengunjungi halaman yang sama untuk memuatnya lebih cepat dan mengurangi bandwidth jaringan.

Ketika halaman diakses yang tidak ada dalam cache server proxy, server proxy mengakses halaman menggunakan alamat IP-nya sendiri. Lalu itu cache halaman itu dan meneruskannya ke pengguna.

Fungsi Proxy

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari proxy:

1. Fungsi conecting sharing

Salah satu fungsi proxy adalah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.

2. Fungsi filtering

Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan.

Sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut, itulah salah satu penerapan fungsi dari proxy sebagai filtering, dan ini juga termasuk dari keunggulan untuk meningkatkan keamanan.

3. Fungsi caching

Fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai Caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user.

Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

Cara Kerja Proxy

Server proxy adalah setiap sistem komputer yang menawarkan layanan yang bertindak sebagai perantara antara dua pihak yang berkomunikasi, client dan server. Di hadapan server proxy, tidak ada komunikasi langsung antara client dan server.

Sebagai gantinya, client terhubung ke server proxy dan mengirimkan permintaan untuk sumber daya seperti dokumen, halaman web atau file yang berada di server jauh.

Server proxy menangani permintaan ini dengan mengambil sumber daya yang diperlukan dari server jarak jauh dan meneruskan yang sama ke client.

Beberapa Manfaat dari Proxy

  1. Memberikan keamanan sistem internal
  2. Mempercepat akses sumber daya
  3. Menerapkan kebijakan akses untuk melacak penggunaan Internet organisasi atau menilai kemajuan karyawan.
  4. Memintas kontrol khusus, seperti kontrol orangtua atau keamanan
  5. Memindai virus dan malware
  6. Menghindari batasan regional
  7. Untuk mengizinkan situs web untuk membuat permintaan ke sumber daya yang dihosting secara eksternal ketika pembatasan lintas domain melarang situs web untuk menautkannya ke domain luar

Jenis-jenis Proxy

1. Reverse Proxy

 Sebagai contoh, coba dengarkan koneksi situs web TCP port 80. Ini biasanya ditempatkan di zona DMZ untuk layanan yang dapat di akses publik tetapi juga melindungi identitas sebenarnya dari tuan rumah.

Ini transparan untuk pengguna eksternal karena pengguna eksternal tidak akan dapat mengidentifikasi jumlah server internal yang sebenarnya.

Ini adalah tugas dari proxy terbalik untuk mengarahkan aliran tergantung pada konfigurasi server internal.

Permintaan yang dibuat untuk melewati jaringan pribadi yang dilindungi oleh firewall memerlukan server proxy yang tidak mematuhi kebijakan lokal apa pun.

Jenis permintaan dari klien ini diselesaikan menggunakan server proxy terbalik.

2. Web Proxy Server

Jenis proxy ini meneruskan permintaan HTTP. Permintaan ini sama dengan permintaan HTTP, hanya URL yang diteruskan alih-alih jalur. Permintaan dikirim ke server proxy mana yang merespons.

Contoh proxy tersebut adalah Apache, HAPProxy. Solusi untuk masalah beberapa server proxy diselesaikan oleh protokol konfigurasi klien proxy-server proxy.

3. Anonymous Proxy

Ini adalah jenis server proxy yang tidak membuat alamat IP asli. Meskipun server ini dapat di deteksi, mereka masih memberikan anonimitas rasional ke perangkat klien.

4. High Anonymity Proxy

Jenis server proxy ini tidak memungkinkan alamat IP asli terdeteksi dan juga tidak ada yang dapat mendeteksinya sebagai server proxy.

5. Transparent Proxy

Jenis server proxy ini tidak pernah memberikan anonimitas kepada klien, sebaliknya, alamat IP asli dapat dengan mudah dideteksi menggunakan proxy ini. Namun, masih digunakan untuk bertindak sebagai cache untuk situs web.

Proxy transparan yang di kombinasikan dengan gateway menghasilkan server proxy di mana permintaan koneksi yang dikirim oleh IP klien dialihkan.

Pengalihan ini terjadi tanpa konfigurasi alamat IP klien. Pengalihan ini dapat dengan mudah di deteksi oleh header HTTP yang ada di sisi server.

6. CGI Proxy

Ia menerima permintaan untuk menargetkan URL menggunakan formulir web, memprosesnya dan mengembalikan hasilnya ke browser web.

Itu kurang populer karena VPN dan kebijakan privasi lainnya tetapi masih menerima banyak permintaan hari ini juga.

7. Suffix Proxy

Jenis server proxy ini menambahkan nama proxy ke URL ke konten yang telah diminta ke proxy. Jenis proxy ini tidak mempertahankan tingkat anonimitas yang lebih tinggi.

Digunakan untuk melewati filter web. Proxy ini mudah digunakan dan dapat dengan mudah di implementasikan tetapi digunakan lebih sedikit karena lebih banyak jumlah atau filter web yang ada.

8. Distorting Proxy

Server proxy dapat menghasilkan alamat IP asli yang salah dari klien setelah terdeteksi sebagai server proxy. Menggunakan header HTTP untuk menjaga kerahasiaan alamat IP Klien.

9. TOR Onion Proxy

Ini adalah perangkat lunak yang bertujuan anonimitas online untuk informasi pribadi pengguna.

Ini merutekan lalu lintas melalui berbagai jaringan yang ada di seluruh dunia untuk menyulitkan melacak alamat pengguna dan mencegah serangan aktivitas anonim apa pun.

Perangkat lunak ini bersifat open source dan tidak dipungut biaya.

10. I2P Anonymous Proxy

Ini adalah versi proksi bawang bombai anonim yang ditingkatkan yang menggunakan enkripsi untuk menyembunyikan semua komunikasi di berbagai tingkatan.

Data terenkripsi ini kemudian diteruskan melalui berbagai router jaringan yang ada di lokasi yang berbeda. Dengan demikian I2P adalah proxy terdistribusi penuh yang bertujuan anonimitas online.

Ini juga mengimplementasikan perutean bawang putih. (versi yang disempurnakan dari perutean pnion Tor. Ini menyediakan proxy untuk semua protokol. Jenis proxy ini dapat dijalankan pada node.

Perute I2P menemukan rekan lain untuk membangun identitas anonim untuk melindungi informasi pribadi pengguna. Perangkat lunak dan jaringan ini bebas biaya dan open source untuk digunakan, Ia juga menolak sensor.

11. DNS Proxy

Tidak seperti proxy lainnya, jenis proxy ini mengambil permintaan dalam bentuk permintaan DNS dan meneruskannya ke server Domain di mana ia juga bisa di cache dan aliran permintaan juga bisa dialihkan.

Contoh Server Proxy (Protokol)

  1. Socks Proxy Server: Jenis server proxy ini menyediakan koneksi ke server tertentu. Tergantung pada protokol Socks, jenis server ini memungkinkan berlapis-lapis berbagai jenis data seperti TCS atau UDP.
  2. FTP Proxy Server: Jenis server proxy ini cache lalu lintas permintaan FTP dan menggunakan konsep relaying.
  3. HTTP Proxy Server: Proxy ini dikembangkan untuk memproses permintaan satu arah ke halaman web menggunakan protokol HTTP.
  4. SSL Proxy Server: Jenis server ini dikembangkan menggunakan konsep TCP relaying yang digunakan dalam protokol proxy SOCKS untuk memungkinkan permintaan Halaman Web.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Proxy, fungsi dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda tentang apa itu Proxy.

Baca juga: Pengertian Client-Server

                                     
           

Apa itu Google AdMob?

Deskripsi: Mengenal Google AdMob, fungsi, fitur dan cara kerjanya....
Hans
2 min read

Apa itu Chatbot?

Deskripsi: Pengertian Chatbot, fungsi dan keunggulannya. Kemajuan teknologi yang...
Hans
2 min read

SSH (Secure Shell Connection)

Deskripsi: pengertian SSH, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Apa...
Hans
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *